Peduli Sesama Jurnalis Kalsel Bagikan Bingkisan Lebaran

0

Berbagi Kebahagiaan dengan Acil Enceng "Kartini" penjaga malam perempuan di Banjarmasin dan salah satu relawan kemanusiaan.

Jelang Lebaran dimanfaatkan sejumlah orang untuk menebarkan kebaikan. Mulai meningkatkan ritual ibadah pada malam-malam terakhir Ramadan, hingga berbagi peduli kepada sesama. Salah satunya dengan membagi-bagikan bingkisan kepada masyarakat yang tergolong pra sejahtera dan relawan kemanusiaan.

Hal ini pula dilakukan sejumlah Jurnalis yang tergabung dalam Forum Komunikasi Jurnalis Kalsel (FKJK). H-1 Lebaran di sela-sela kesibukan tugas peliputan, para Jurnalis ini pun membagikan bingkisan lebaran berupa sembako gratis secara door to door di sejumlah kampung.

Kegiatan yang dipimpin Jurnalis Senior CNN Indonesia, Muhammad Risanta, langsung bergerak ke sejumlah titik di perkampungan untuk membagikan bingkisan lebaran kepada warga. Seperti halnya  ke Kampung Kelayan A Luar, Banjarmasin, para Jurnalis mengunjungi Acil Iyat, pedagang pencok, yang tinggal di gubuk reot. Perempuan paro baya ini memilih tinggal di rumah yang jauh dari kesan layak huni.

“Beginilah rumah kami yang sudah mulai lapuk dimakan usia, mau apa lagi ikhlas aja menerima keadaan ini. Karena mau memperbaiki tidak punya biaya, untuk makan sehari-hari mengandalkan bajualan kecil-kecilan pencok,” cerita Acil Iyat saat menerima kunjungan Jurnalis, Selasa (09/04/2024).

 

Berbagi Peduli kepada ACil Iyat, berjualan Pencok di depan rumahnya yang hampir reyot.

Acil Iyat sendiri mengaku campur aduk, antara bahagia dan terharu dikunjungi dan diberi bingkisan lebaran.Karena dalam sepuluh tahun terakhir berlebaran tanpa apa-apa dan sederhana saja, semenjak suaminya meninggal dunia. Karenanya dirinya sangat berterima kasih diberikan bantuan sembako untuk berlebaran.

“Alhamdulillah, senang sekali rasanya diberikan bingkisan lebaran berupa sembako.Terima kasih lah bubuhan Jurnalis,” ucapnya terharu.

Hal serupa dirasakan Acil Enceng, seorang penjaga malam (wakar) di Kampung Kelayan A1, Kelurahan Murung Raya, Banjarmasin. Perempuan bernama asli Kartini ini, sangat berterima kasih dengan pemberian bingkisan lebaran. Karena tidak mengira sama sekali para awak media mengunjungi rumah yang sederhana miliknya di dalam sebuah Gang di pemukiman padat penduduk.

“Syukur Alhamdulillah, kami ada yang memperhatikan dan memberi bingkisan. Secara pribadi senang sekali, karena bisa buat berlebaran.Mohon doannya agar kami disehatkan selalu, menjalankan tugas sebagai penjaga malam di kampung,” ujar perempuan paro baya yang pernah jadi Bintang Tamu Hitam Putih Trans7 di tahun 2017 silam.

 

Berbagi peduli dengan seorang penarik Bajaj Bajuri di Kuripan, Banjarmasin.

Koordinator Forum Komunikasi Jurnalis Kalsel (FKJK), Muhammad Risanta, menyebutkan kegiatan bagi-bagi bingkisan lebaran sendiri salah satu wujud kepedulian dia dan kawan-kawan kepada masyarakat yang tergolong pra sejahtera.Untuk kegiatan ini dia menyiapkan 75 paket sembako gratis, yang dibagikan on the road langsung di lapangan.

“Mereka yang mendapat bingkisan, orangnya sudah kami survey dan kondisi ekonomi rumah tangga sudah sesuai kreteria untuk mendapatkan bantuan gratis bingkisan lebaran. Kami pun bergerak senyap namun masif, semata-mata karena niatnya ingin membantu masyarakat yang tergolong pra sejahtera,” ujar Risanta.

Risanta sendiri sangat berterima kasih dengan dukungan berbagai pihak seperti Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, GAPKI Kalsel, PT Hasnur Internasional Shipping Tbk, serta dermawan lainnya, sehingga prosesi pembagian bingkisan berjalan lancar.

“Kegiatan berbagi peduli juga merupakan kegiatan rutin tahunan yang diakukan para Jurnalis yang tergabung dalam FKJK ini.Kami pun menggalang dana secara patungan termasuk menyisihkan honor menulis berita. Alhamdulillah kegiatan disupport mitra kerja yang sevisi untuk menolong sesama,” demikian akhir keterangan Risanta. (M.Irfani).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!