Foto-Diskominfotik Banjarmasin.

Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah mengajak seluruh pengurus PKK menanam cabai, sebagai salah satu bagian dalam meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan mengendalikan inflasi. 

Hal ini selaras dengan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-52 yang serentak diselenggarakan. Di Banjarmasin puncaknya diikuti melalui Hybrid Zoom Meeting, di Pandopo Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin, pada Senin, (04/03/2024).

Siti Wasilah juga berharap melalui gerakan menanam cabai dapat memotivasi ibu-ibu pengurus PKK baik di tingkat Kota, Kecamatan, hingga Kelurahan untuk bisa menghidupkan taman hati PKK di Sekretariat masing-masing.

“Ulun mengajak warga untuk turut serta dalam menanam cabe, kita tunggu hasil panen cabe dari ibu-ibu semuanya,” ujar Wasilah.

Dengan hidupnya Taman Hati PKK diharapkan ibu-ibu khususnya di lingkungan pembinaan PKK bisa mengambil manfaatnya. Karena tinggal memanfaatkan lahan atau halaman rumah untu ditanami tanaman bermanfaat seperti tanaman obat dan tanaman bumbu dapur.

 

Aksi serentak Gerakan Menanam Cabai. (Foto-Dok Diskominfotik Banjarmasin).

Taman Hatinya PKK adalah singkatan dari Jalaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman. Hatinya PKK merupakan suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman di sekitar rumah.

Siti Wasilah menuturkan pihaknya juga berencana untuk memantau sejumlah tanaman obat keluarga, kolam ikan sayur-sayuran, dan taman anggrek.

Oleh karena itu, gerakan tanam cabai serentak sebagai bagian dari rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK Tahun 2024 tersebut diharapkan dapat menjadi dorongan agar dapat dilaksanakan juga di Sekretariat PKK masing-masing.

“Harapannya kita melalui gerakan tanam cabe pada hari ini dapat mendukung rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK internasional dan benar-benar melibatkan semua pengurus untuk menanam cabe di lingkungan masing-masing serta di rumah para pengurus,” harapnya. (Ridzky Husna).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!