Jaringan Kota Pusaka Indonesia Siap Ramaikan Pariwisata Kota Banjarmasin

0

Detak malam di Kota Lama "Banjarmasin Tempo Doeloe,". (Dok-Foto Diskominfotik Banjarmasin).

Jaringan Kota Pusaka Indonesia bakal meramaikan kota Banjarmasin. Hal ini terkait rencana Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Jaring Kota Pusaka Indonesia, yang rencananya akan dihadiri 70 kota se Indonesia.

Kegiatan berskala nasional ini pun menjadi salah satu event yang meramaikan kota Banjarmasin di tahun 2024.Kabar ini pun disampaikan langsung Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, saat Launching Calendar Of Event (COE) Kota Banjarmasin 2024, Minggu malam (18/02/2024) di Kawasan Bandarmasih Tempo Doeloe.

“Banjarmasin adalah anggota kota pusaka, tentu nanti banyak tamu-tamu yang datang, kami berharap kita menjadi tuan rumah yang baik dan sukses dalam pelaksanaannya, karena kota pusaka itu anggotanya hampir 70 kota se Indonesia,” ungkap Ibnu Sina.

Sekedar diketahui Jaringan Kota Pusaka Indonesia bakal adalah suatu organisasi di antara pemerintah kota  dan kabupaten yang mempunyai keanekaragaman pusaka alam dan atau pusaka budaya (tangible dan intangible. Organisasi yang berdiri tanggal 15 oktober 2008 di kota Solo, bertujuan untuk bersama-sama melestarikan pusaka alam dan pusaka budaya sebagai modal dasar untuk membangun daerah di masa depan

Berdasarkan sejumlah literatur, tujuan didirikan JKPI adalah mengembangkan kerja sama di antara kota-kota yang mempunyai pusaka alam dan pusaka budaya yang penting. Tak hanya itu JKPI hadir untuk mengembangkan kerja sama untuk melestarikan pusaka bersama para pemangku kepentingan. Disamping mendorong peran aktif masyarakat dalam pelestarian pusaka dan pengembangannya yang positif dalam kehidupan bermasyarakat.

Rakernas sendiri diharapkan memberikan spirit bagi pariwisata kota Seribu Sungai.Terlebih sepanjang tahun puluhan event pun telah dipersiapkan guna menyambut antusiasme masyarakat kota Banjarmasin maupun para wisatawan lokal dan luar negeri yang berdatangan.

Pada launching Calendar Of Event (COE) Kota Banjarmasin 2024 ada 39 event siap meramaikan kota Banjarmasin.Selain Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Jaring Kota Pusaka Indonesia,ada Peringatan Hari Kanker se Dunia dan Banjarmasin menjadi tuan rumah pula.

 

Sisi lain dari Launching Calendar Of Event (COE) Kota Banjarmasin 2024, Minggu malam (18/02/2024) di Kawasan Bandarmasih Tempo Doeloe.(Foto-Dok Diskominfotik Banjarmasin).

 

Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Budporapar) menggelar Launching Calendar Of Event (COE) Kota Banjarmasin 2024 yang berlangsung di Kawasan Bandarmasih Tempo Doeloe.

Tak hanya itu dalam Calendar Of Event (COE) Kota Banjarmasin 2024, terdapat pula spesial event unggulan  yakni Kemilau Banjarmasin Bungas dan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF). Event ini menjadi rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin sekaligus sarana promosi produk lokal.

“Saya berharap ini akan menjadi harinya bagi para pengrajin, dimana para pembeli bisa memilih-milh dan membeli langsung produk lokal yang ditawarkan, dan kegiatan tersebut juga melibatkan kabupaten serta kota-kota lain di Indonesia, mereka bisa bergabung dalam kegiatan BSF,” harap Ibnu Sina.

Pemerintah Kota Banjarmasin memiliki misi khusus agar ekonomi kota Banjarmasin dari sektor pariwisata bergerak kembali. Destinasi-destinasi wisata pun menjadi sumber penghasilan masyarakat sekitar dari kegiatan pariwisata.

“Insya Allah Kota Banjarmasin semakin berbenah dan ini tahun terakhir kami, jadi kami berharap apa yang sudah dilakukan selama dua periode ini, dapat kita persembahkan untuk seluruh masyarakat Kota Banjarmasin atau yang berkunjung ke Kota Banjarmasin,” demikian Ibnu Sina mengakhiri keterangannya. (Ridzky Husna).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!