Perhatian Khusus Bank Kalsel Untuk Belangian Situs Geopark Meratus

0

Perhatian khusus Bank Kalsel bagi pengembangan Desa Belangian, sebagai salah satu situs Geopark Meratus. (Foto-Humas Bank Kalsel).

Sejak ditetapkan sebagai salah satu situs Geopark Meratus, Desa Belangian terus berbenah. Desa yang hanya bisa ditempuh menggunakan transportasi sungai, klotok, menyimpan pesona tersendiri sebagai salah satu destinasi wisata alam. Salah satunya adalah kawasan Lembah Kahung.

Seiring waktu bersamaan dengan pengembangan Geopark Meratus, Belangian perlahan membenahi akses bagi kemudahan dan kenyamanan wisatawan. Maklum saja Belangian berada di pelosok kawasan Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar tidak jauh dari Bendungan Riam Kanan.

Meskipun desa terpencil Belangian, salah satu situs Geopark Meratus yang selalu dikunjungi wisatawan, maupun mahasiswa dan dosen yang melakukan penelitian.Terlebih Belangian salah satu bagian dari bentangan dari pegunungan Meratus.

Sekedar diketahui Situs ini merupakan bagian dari perjalanan rute Timur yang bertema “Pelayanan mengesankan menembus sejarah bumi dan manusia” yang memiliki arti Bukit Matang Keladan ibarat menara pandang untuk menikmati hamparan danau buatan.

Pengembangan Belangian sebagai salah satu situs Geopark Meratus dan destinasi wisata berbasis alam pun mendapat perhatian khusus Bank Kalsel.Bank Kebanggaan Banua ini pun menyalurkan bantuan pengembangan desa wisata, lewat CSR. Bantuan tersebut berupa fasilitas tempat tidur bagi homestay dan prasarana kerja bagi pengrajin sasirangan ecoprint.

Bantuan bagi homestay tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin kepada Ainul Khoir, kepala desa Belangian Bantuan ini pun diharapkan bisa meningkatkan kenyamanan bagi pengunjung yang datang ke Desa Belangian.

Selain menambah fasilitas bagi homestay, Bank Kalsel juga memberikan bantuan kepada pengrajin sasirangan ecoprint. Bantuan berupa perlengkapan pounding diserahkan oleh Ketua Ikatan Istri Pegawai Bank Kalsel, Miliyani kepada Ida Fitriani mewakili kelompok pengrajin sasirangan. Miliyani juga menyerahkan bantuan sembako kepada 135 kepala keluarga di Desa Belangian.

Fachrudin menyatakan perasaan senang dan bangga bisa berkontribusi pada pengembangan masyarakat Desa Belangian dan mendukung Upaya pelestarian Geopark Meratus. Melalui bantuan CSR ini, kami berharap dapat memberikan dampak positif dan memberdayakan Masyarakat setempat.

“Ini merupakan komitmen Bank Kalsel sendiri untuk terus berperan aktif dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di berbagai sektor. Kemitraan ini merupakan bagian dari upaya nyata dalam menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan,” kata Fachrudin.

Sementara sebagai upaya memperkuat kemitraan dan mendukung inisiatif keberlanjutan, Bank Kalsel telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Badan Pengelola Geopark Meratus.

Kesepakatan bersama ini ditandatangani oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin bersama Hanifah Dwi Nirwana, Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan.

Hanifah Dwi Nirwana menyambut baik kerjasama ini. Pihaknya pun mengapresiasi dukungan penuh yang diberikan Bank kalsel dalam pengembangan Geopark Meratus.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bank Kalsel atas dukungannya dalam pengembangan Geopark Meratus. Kerjasama ini akan membantu menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengembangkan potensi pariwisata di Kawasan Geopark Meratus,” ujar Hanifah di sela-sela penandatangan kesepakatan, di Desa Belangian Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar, Senin (05/02/2024).(Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!