Peduli Anak Penyintas Kanker, Jurnalis Kalsel Bagi Sembako

0

Koordinator Forum Jurnalis Kalsel (FKJK) Muhammad Risanta, menyerahkan bantuan sosial berupa sembako gratis untuk Rumah Singgah Anak Kanker, Rumah Kita.

Menjalankan aktivitas padat sebagai penulis berita, tidak membuat seorang Jurnalis larut dalam pekerjaan sehari-harinya. Jurnalis pun masih bisa menyempatkan waktunya untuk berbuat baik kepada sesama.

Seperti halnya yang dilakukan puluhan Jurnalis yang tergabung dalam Forum Komunikasi Jurnalis Kalsel (FKJK).Komunitas penggiat Jurnalis di Banjarmasin ini menggelar aksi sosial berbagi kepada anak-anak penyintas kanker, anak miskin dan yatim piatu.

Salah satunya adalah membagikan sembako gratis, yang dilakukan secara mobile dan diserahkan door to door. Bahkan Komunitas Jurnalis yang dipimpin Muhammad Risanta (Jurnalis CNN/Transmedia Grup), menyasar masuk pelosok kampung untuk berbagi peduli.

Salah satu yang dikunjungi adalah Rumah Kita, Rumah Singgah Anak Kanker, di kawasan Gatot Subroto, Banjarmasin, Minggu (04/02/2024). Di tempat persinggahan para anak penyintas kanker dari berbagai daerah, mereka pun membagikan sembako untuk keperluan sehari-hari di rumah singgah anak-anak penderita kanker ini.

“Ini adalah salah satu wujud kepedulian kami para Jurnalis. Kebetulan komunitas kami Milad ke-15, yang kami isi dengan gerakan sosial spontan dan murni menolong kepada sesama. Alhamdulillah gerakan kami didukung berbagai kalangan, karena memang sejak awal dibentuk tahun 2008 di Jakarta, gerakan kami adalah untuk kemanusiaan dan pendidikan,” terang Koordinator Forum Komunikasi Jurnalis Kalsel (FKJK), kepada awak media di Banjarmasin.

 

Salah satu aksi sosial jurnalis, memberikan bantuan peralatan sekolah dan seragam kepada anak-anak korban kebakaran di Kelayan A Luar beberapa waktu lalu.

Risanta yang juga Ahli Pers Dewan Pers, menuturkan pembagian sembako gratis merupakan salah satu cara Jurnalis merayakan komunitas dengan cara berbagi peduli. Gerakan sosial ini memang rutin setiap saat dan setiap tahun dilakukan.Kebanyakan dilakukan secara spontan dan sebagian dananya merupakan patungan para Jurnalis yang menyisihkan honor mereka menulis berita.

“Sekali lagi ini adalah murni gerakan sosial yang menjadi ciri khas gerakan komunitas kami.Karena bersifat spontan dan dadakan, apa yang bisa kami berikan meskipun seadanya yang penting bisa membantu sesama. Harapannya ini bisa menjadi motivasi Jurnalis lainnya untuk bisa berbuat baik, disamping berjuang menyuarakan kepentingan masyarakat lewat pemberitaan,” ucap Risanta didampingi Syahriyanto Ruslan dan Adam, pengurus FKJK.

Aksi bakti sosial ini pun mendapat sambutan positif berbagai kalangan termasuk mitra kerja dari Forum Komunikasi Jurnalis Kalsel (FKJK) . Hero Setiawan, Sekjen GAPKI Kalsel pun mengapresiasi gerakan sosial kemanusiaan yang kerap dilakukan Risanta dkk.

“Kami sebagai mitra mengapresiasi apa yang kawan-kawan Jurnalis. Masya Allah di tengah kesibukan liputan mereka masih sempat memikirkan masyarakat lainnya dengan memberikan bantuan. Yang bikin haru sebagian dana operasional merupakan honor menulis yang mereka sisihkan dan kumpulkan.Gerakan ini pun akhirnya juga mendapat dukungan kawan-kawan lainnya,” Kata pria yang akrab dipanggil Iwan Alabio. (Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!