Welcome To Pasar Terapung Travel Mart Bersama ASITA

0

Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor dan Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M Syarifuddin, bersama Ketua ASITA Kalsel, Hj Dewi Restina serta sejumlah Ketua Asosiasi Kepariwisataan di Kalsel mendukung penuh program memajukan pariwisata Kalsel yang berkelanjutan.

 

Welcome to Banjarmasin and take part in the Travel Mart Floating Market. A simple tourist market event that brings together buyers and sellers to bring as many tourists as possible to South Kalimantan.

South Kalimantan itself is a province that offers many natural charms, culture and culinary tourism, including floating markets (a unique local wisdom dating back hundreds of years).

Selama tiga hari Banjarmasin dan sekitarnya menjadi tempat istimewa bagi puluhan Buyer dan Seller yang mengikuti pahelatan berskala nasional dan internasional, Pasar Terapung Travel Mart. Acara yang digagas Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) atau Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia menawarkan agenda spesial dalam upaya mengenalkan sekaligus promosi destinasi-destinasi wisata unggulan di Kalimantan Selatan.

Travel Mart sendiri merupakan salah satu bentuk pasar wisata yang paling sederhana yang mempertemukan antara para buyer dan seller. Pertemuan dilakukan dalam satu ruangan dengan susunan meja dan kursi tanpa pembatas dengan kegiatan yang dilakukan adalah penjajagan sampai dengan negosiasi.Namun kali ini kegiatan tak sekedar B2B (Bussines To Bussines) , tetapi juga mengajak peserta menjelajahi sisi lain destinasi wisata, mulai Pasar Terapung Lok Baintan, hingga melihat sentra kerajinan Sasirangan dan tentunya pasar tradisional “mendunia” intan permata, Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura.

“Ini salah satu strategi bagaimana destinasi-destinasi wisata di Banua semakin dikenalkan dan dipromosi secara berkesinambungan. Pasar Terapung Travel Mart adalah  salah satu event yang diharapkan berkontribusi positif memajukan pariwisata Kalimantan Selatan,” ungkap Ketua ASITA Kalsel, Hj Dewi Restina SE disela-sela Opening Ceremonny Pasar Terapung Travel Mart, di Harper Hotel Banjarmasin, Senin malam (20/11/2023).

 

Ketua ASITA Kalsel Hj Dewi Restina SE optimis Pasar Terapung Travel Mart menjadi salah satu event berkontribusi positif bagi kemajuan pariwisata Kalsel dan Indonesia.

Kalsel sendiri menurut Direktur Rosada Tour and Travel,  merupakan daerah yang memiliki banyak potensi pariwisata baik potensi wisata alam, wisata buatan maupun pariwisata budaya dengan letak geografis yang sangat strategis, serta wisata kuliner ditambah wisata belanja intan permata.

“Melalui Table Top yang mempertemukan Buyer dan Seller yang dilakukan di hari kedua, merupakan ajang menguatkan kerjasama bisnis pariwisata yang bermuara kepada promosi pariwisata,harapannya mereka bisa mendatangkan tamu dan wisatawan sebanyak mungkin ke Banua (daerah) lewat paket-paket wisata.Kami pun terus meneruskan promosi-promosi pariwisata Kalsel ini ke sejumlah daerah dan negara, salah satunya melalui Travel Mart,” terang Dewi Restina, yang pernah menjadi Branch Manager Service sebuah bank ternama.

Pasar Terapung Travel Mart pun diapresiasi penuh Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor. Menurut pria yang dikenal dekat kalangan penggiat pariwisata, event ini sangat potensial dalam mendorong kemajuan pariwisata di daerah khususnya kota Banjarmasin.Terlebih sebagai kota sejarah dan wisata, Banjarmasin perlu kolaborasi dengan kalangan industri pariwisata profesional seperti ASITA.

“Kami terkesan dengan semangat para pelaku usaha khususnya ASITA terus berjuang mengenalkan dan mempromosikan pariwisata Banjarmasin dan Kalimantan Selatan, walaupun sempat terhantam badai pandemi. Karena itulah kami terus memberikan dukungan penuh kegiatan-kegiatan yang memajukan pariwisata di daerah melalui event seperti Pasar Terapung Travel Mart,” kata Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor membuka secara resmi Pasar Terapung Travel Mart 2023.

 

Membangun kebersamaan dalam sinergi kuat untuk pariwisata Banua dan Indonesia, para Buyer, Seller dan panitia foto bersama di sela-sela Pembukaan Pasar Terapung Travel Mart, Senin Malam (20/11/2023).

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kalsel M Syarifuddin menilai event ini memberikan dampak positif dalam mendukung pariwisata  Kalsel. Terlebih saat ini Kalsel terus mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan dan mengusung kearifan lokal serta mengenalkan pula lebih jauh Geopark Meratus.Bahkan beberapa saat lalu Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pariwisata Provinsi melaunching Calender Of Event (COE) di Kota Lama , Semarang, Jawa Tengah.

“Harapan besar kepada para Buyer (Travel Agent) dapat membawa calon wisatawan  untuk datangke kalsel Terlebih Banua kita menjadi destinasi pariwisata yang ramah dan mampu memberikan kebahagiaan bagi masyarakat yang lebih luas, tentunya pariwisata di Banua semakin berkembang,” tutur Syarifuddin yang juga Pj Bupati Tapin. (Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version