Kabakchiev Smilenov “Mengaum” Lagi di Uncle Hard Enduro

0

Trek menantang menjadi tantangan tersendiri bagi para rider. (Foto-Dok Doni Sophandi).

Kiram Park-Banjar – Uncle Hard Enduro 2023 menjadi saksi sejarah kembali seorang rider bernama Teodor Kabakchiev Smilenov. Jawara tahun lalu ini kembali “mengaum” menaklukan pembalap papan atas lainnya di lintasan trek terekstrem Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalsel, Sabtu (18/11/2023).

Skill mumpuni plus stamina prima menjadikan pembalap Enduro asal Bulgaria, satu diantara pembalap kelas dunia semakin tak terkejar pembalap lainnya.Bahkan Graham Jarvis “sang legenda” hanya berada di posisi ke-empat Race internasional 1 enduro maupun Race 1 Internasional Prolog.

Teodor Kabakchiev Smilenov sendiri adalah pembalap telah memenangkan sejumlah gelar profesional di Enduro . Pembalap kelahiran 16 Maret 1998 telah beberapa kali memenangkan Kejuaraan Dunia Junior FIM Super Enduro. Bahkan dia pernah naik podium juara di Kejuaraan Hard Enduro Spanyol, Kejuaraan Eropa BMU, dan Kejuaraan Enduro Bulgaria.

Perjuangan pembalap yang dikenal ramah dengan awak media ini memang cukup keras untuk menapak podium juara di hari pertama gelaran Uncle Hard Enduro 2023.Dia pun ditempel ketat pembalap lainnya Wade Young dari Afrika Selatan dan Alfredo Gomez. Posisi semakin tak tergoyahkan hingga akhirnya Kampiun Kejuaraan Enduro Eropa BMU di Rumania ini,mampu mengunci aman posisi pertama di dua race pembuka.

“Ini rider berkelas dan patut menjadi kampiun. Ketangguhan dan speed serta akselarasi di trek ekstrem membuat Teodor Kabakchiev Smilenov pantas menjadi juara di hari pertama. Kami mendapatkan tontonan atraksi balapan kelas dunia di Enduro dan hanya disaksikan di Kiram Park, Kabupaten Banjar,” ujar H Gia, Rider Banua kepada Economic Travelling.Com, Sabtu (18/11/2023).

Salah satu Rider Banua, H Gia (bertopi dan berkacamata) meramaikan Uncle Hard Enduro 2023. (Foto-Olpah Sari).

Haji Gia yang merupakan salah satu instruktur Balai Diklat di Kalsel sangat mengapresiasi gelaran terbaik yang menghadirkan belasan pembalap kenamaan dan terbaik di negaranya. Terlebih panitia telah menyiapkan lokasi khusus bagi penonton yang bisa menyaksikan langsung pembalap-pembalap ini melaju di berbagai sisi.

“Ini menjadi pembeda dan membuat Uncle Hard Enduro memanjakan penonton dan penggemar Enduro dunia.Beruntunglah Kalsel memiliki sirkuit kelas dunia di Kiram Park. Tentu selain menjadi ajang pembibitan rider lokal dan nasional, ini  sport tourism yang akan mendatangkan wisatawan ke Kalsel,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel M Syarifuddin mengatakan Uncle Hard Enduro salah satu sport tourism yang sayang terlewatkan begitu saja.Kalsel sendiri berharap  olahraga yang dikombinasikan sekaligus memperkenalkan atau promosi wisata disuatu negara atau daerah memberikan dampak bagi kunjungan wisatawan mancanegara.

“Sport tourism seperti layak diandalkan erpaduan antara pariwisata dan olahraga ini memang telah berkembang sedari dulu dan telah membangkitkan industri potensial dari sektor pariwisata olahraga. Oleh karena itu, beberapa negara di dunia bahkan memanfaatkannya sebagai salah satu daya tarik utama pariwisata mereka. Dan kita mengembangkan terus selain untuk prestasi juga bagian promosi, khususnya pariwisata disini,” ungkap Sarifuddin.

Ir Ashadi Ketua Panitia Uncle Hard Enduro 2023, kembali menegaskan event memang dibuat menarik buat penonton dan pembalap. Salah satunya adalah Uncle Bridge (Jembatan Paman Birin) yang ekstrem menjadi tontonan menarik melihat kehebatan pembalap dunia melintasi trek menantang sepanjang lima kilometer.

“Pembalap dunia sangat enjoy sekali menikmati trek ini, hanya yang bermental kuat dan punya skill serta keberanian level tinggi mampu menuai prestasi. Yang pasti pertunjukan kelas dunia ini sayang terlewatkan begitu saja,” kata Ashadi. (Olpah Sari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!