Yok Ikuti  Kompetisi Karya Literasi Sasirangan 2023

0

Foto Ilustrasi -Produk Sasirangan desain anak muda Banjarmasin By M.Arifin (Rumah Kreatif dan Pintar), yang bakal meramaikan Kalsel Expo 2024.

Bank Indonesia Tanamkan Semangat Generasi Muda Cintai Sasirangan

Beragam cara menanamkan rasa cinta dan bangga dengan buatan dalam negeri di kalangan anak-anak muda. Mulai mengenal dari dekat produk-produk olahan lokal dan nasional, hingga mengajak kaum milenial mencintai produk daerahnya sendiri melalui kreativitas-kreativitas yang dimiliki.

Hal ini pula yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan menggelar Kompetisi Karya Literasi Sasirangan (KKLS) 2023.Inilah salah satu langkah strategis yang dilakukan untuk membuat generasi muda di Banua mencintai Sasirangan, produk kebanggaan Kalimantan Selatan.

KKLS 2023 merupakan lomba karya literasi berupa penulisan artikel, video jurnalistik, dan audio jurnalistik yang dapat diikuti oleh masyarakat umum, pelajar SMA dan sederajat, mahasiswa, dan jurnalis.

Kepala Perwakilan BI Kalsel Wahyu Pratomo, melalui Humas BI Kalsel, mengatakan tujuan penyelenggaraan KKLS 2023 adalah meningkatkan eksposur pemberitaan dan komunikasi kain sasirangan sebagai wastra khas Kalsel.

“Selain itu, mengajak masyarakat dan generasi muda di Kalsel untuk memiliki rasa cinta dan bangga terhadap kain sasirangan. Kemudian juga mendorong pengembangan kain sasirangan sebagai warisan budaya khas Kalimantan Selatan yang memiliki potensi ekonomi kreatif sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru Kalsel,” tutur Wahyu.

 

Kreasi Busana Sasirangan nan menawan dalam Banjarmasin Sasirangan Festival 2023.(Foto Dok Diskominfotik Banjarmasin).

Lebih jauh Wahyu menjelaskan, sedikitnya ada total tujuh kategori yang dikompetisikan. Katagori tersebut meliputi umum berupa kompetisi penulisan artikel.Sedangkan katagori lainnya adalah untuk kalangan pelajar SMA dan sederajat yang juga menulis artikel. Hal serupa juga  untuk level mahasiswa yang menekankan kompetisi penulisan artikel.

“Khusus untuk Kategori Jurnalis, BI Kalsel menyiapkan empat sub-kategori yang bisa diikuti oleh awak media yang berkantor di Kalsel. Mulai dari Media Cetak, Media Daring (Online), Media Televisi, dan Media Radio,” jelas Wahyu.

Penyelenggaraan KKLS 2023 dimulai sejak 11 September 2023. Untuk syarat dan ketentuan lebih lanjut dapat dipelajari melalui akun Instagram @bank_indonesia_kalsel melalui tautan https://www.instagram.com/p/CxCrs4Fv07D/?img_index=1.

Pendaftaran dibuka hingga 30 September 2023. Masyarakat yang berminat bisa mendaftarkan diri sesuai kategori yang dilombakan melalui tautan . (Olpah Sari).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!