Kerennya ASN Pemko Banjarmasin Kompak kenakan Pakaian Adat Banjar

0

Ada yang berbeda saat memasuki Kantor Pemerintah Kota Banjarmasin sejak Kamis pagi (07/09/2023).Hampir di setiap lorong dan kawasan perkantoran ditemui para Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenakan busana adat Banjar.

Hal itu tentu berbeda dengan hari-hari sebelumnya mereka mengenakan seragam coklat dan Jumat batik atau busana Sasirangan, termasuk ketika acara tertentu mengenakan seragam Korpri biru.

Namun inilah membuat para ASN terlihat keren mengenakan busana bernuansa adat Banjar. Beberapa tamu termasuk warga yang tengah berurusan ke Balai Kota Banjarmasin dibuat terkesima dengan pakaian adat Banjar yang dikenakan ASN baik pria maupun wanita.

“Semula kami mengira ada perayaan atau karnaval, sehingga layanan di kantor Pemko Banjarmasin tutup, dan sempat mau pulang tadi.Ternyata oh ternyata hari Kamis mereka mengenakan busana adat Banjar. Sungguh keren sekali, serempak mereka mengenakan pakaian adat daerah kita,” ujar Nila, salah seorang warga yang datang mengurus berkas ke salah satu SKPD di Pemko Banjarmasin.

 

Busana Perempuan menggunakan baju kurung salah satu pakaian adat masyarakat Banjar. (Foto-Dok Diskominfotik Banjarmasin).

 

Salah satu upaya melestarikan budaya khas dalam berpakaian, busana adat Banjar yang menambah cantiknya ASN .(Foto-Dok Diskominfotik Banjarmasin).

 

Rasa kagum juga dirasakan Edo salah satu penggiat pariwisata Banua. Pria asal Banjarbaru ini berencana akan melakukan audidensi dengan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin. Dia pun merasakan suasana berbeda namun penuh kekeluargaan dari sejumlah ASN dengan beragam busana adat Banjar yang enak dipandang mata.

“Sangat bagus sekali Pemerintah Kota Banjarmasin meminta para ASN mengenakan pakaian adat Banjar, yang menjadi simbol daerah kota. Apalagi ini bulan September bulan sakral bagi kota Banjarmasin.Infonya ini merupakan implementasi ajakan Bapak Walikota untuk mengenakan pakaian adat,bagi ASN saat menjalankan tugas,” ujar Edo.

Ajakan mengunakan busana adat Banjar ini rupanya implementasi dari Surat Edaran Walikota Banjarmasin tertanggal 22 Agustus , yang mengharuskan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin menggunakan pakaian adat Banjar.

“Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 497 Tahun 2023, sebagai salah satu bentuk cara melestarikan dan menumbuhkan rasa cinta pada budaya daerah banjar maka seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Non ASN, dan Karyawan pada BUMD di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin untuk dapat menggunakan pakaian Adat Banjar setiap hari Kamis pada hari kerja selama Bulan September Tahun 2023,” begitu Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, menyebutkan isi dari Surat Edaran Walikota tersebut.

Sejumlah ASN sendiri sangat mengapresiasi dan menyambut baik setiap Kamis di bulan September 2023, mereka mengenakan pakaian adat Banjar.Tentunya hal ini menjadi warna tersendiri bagi ASN di lingkungan Pemko Banjarmasin, karena suasana menjadi lebih berseri dan nuansa khas Banjar terasa banget.

“Alhamdulillah kami menyambut baik ajakan Walikota Banjarmasin untuk menggunakan pakaian adat Banjar. Sebagai masyarakat dan warga Banjar sudah sepantasnya kita bangga dengan pakaian adat sendiri. Tentunya busana yang digunakan menyesuaikan dengan kondisi pekerjaan kita. Tapi semua itu membuat semuanya terlihat sangat indah,” kata Novri Gita, salah satu ASN Pemko Banjarmasin.(Ridzky Husna).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!