Goweser Rembang dan Jurnalis Kalsel Ramaikan Pengibaran Merah Putih Raksasa Di Tambora NTB

0

Goweser Rembang, Mandor bertemu Traveller Abby dan Andi Sukandi (Tim Pendamping Kemilau Tambora 2023) di Dermaga Tanjung Perak Surabaya, sebelum bertolak ke Lombok, NTB.

 

Tak hanya mendapat apresiasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Sandiaga Uno, Event Kemilau Tambora 2023 juga terus mendapat dukungan berbagai kalangan.

Event berskala nasional yang digagas Anak Bangsa Algura (Binaan Taman Nasional Gunung Tambora) berkolaborasi dengan Yayasan Elang Khatulistiwa Indonesia (Tim Pendamping Kegiatan) didukung  penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Perhutani, Taman Nasional Gunung Tambora, mendapat apresiasi juga berbagai komunitas di Tanah air. Salah satunya para penggiat sepeda di Rembang, Jawa Tengah dan Jurnalis Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Goweser Rembang  bernama Anim Nurul Hakim Mustofa resmi bertolak dari kampung halamannya, di Rembang, Jawa Tengah menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mandor, begitu pria penggemar sepeda gunung disapa, menggunakan transportasi kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, membawa sepeda kesayangannya.

Mandor terlihat bersemangat untuk menghadiri langsung Kemilau Tambora 2023. Terlebih pendakian ke Gunung Tambora terbilang istimewa, karena ada pengibaran bendera merah putih raksasa sepanjang 250 meter di puncak gunung Tambora, persis pada tanggal 17 Agustus 2023.

“Alhamdulillah mas bisa berpartisipasi langsung dan bisa ngumpul dengan teman-teman pencinta alam dan lingkungan.Pagi ini saya tiba di Surabaya dan naik kapal. Pas ketemu Abby, Bang Andi dan rombongan bertolak ke Lombok,” ucap Mandor, sambil membetulkan stang sepeda gunungnya di Dermaga Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (09/08/2023).

Mandor sendiri memilih berangkat lebih awal, biar bisa menjelajahi berbagai kawasan dengan menggenjot sepeda khusus yang dibawa dari Rembang. Maklum saja pria yang banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan lingkungan dan olahraga, senang pula dengan petualangan, termasuk menyusuri berbagai kota di Indonesia termasuk Lombok, sumbawa, Bima, Nusa Tenggara Barat.

 

Jurnalis senior Muhammad Risanta dan Olpah Sari (Pemimpin Umum Economic Travelling.com), yang ikut bertolak mengikuti Pengibaran Merah Putih Raksasa di Puncak Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu apresiasi juga datang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.Jurnalis senior Transmedia, Muhammad Risanta bersama sang istri Olpah Sari (Pemimpin Umum Media Economic Travelling.Com) memilih ikut berangkat menghadiri acara yang diikuti pula artis sekaligus pencinta alam ,Nugie dan aktivis lingkungan lainnya, Wahyuningsih (Founder Sekolah Air Hujan Banyu Bening) serta Mas Dimas Bagus Wijarnako  (Founder Get Plastik Indonesia).

“Ini pengalaman seru dan lama tidak hiking ke gunung. Insya Allah  kehadiran kami akan menjadi saksi sejarah pengibaran sang merah putih raksasa di puncak gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat. Tentu ini pengalaman dan kisah tersendiri yang bisa kita sampaikan kepada masyarakat khususnya generasi muda melalui perjalanan dalam Kemilau Tambora 2023,” kata Risanta,yang dikenal sebagai penggiat pariwisata nasional dan banyak terlibat dalam liputan seputar petualang saat bertugas bersama kru program Jejak Petualang Trans7.

Hal serupa diungkapkan Olpah Sari, keikutsertaan mereka sebagai bagian mendukung gerakan cinta lingkungan, mendorong pengembangan wisata minat khusus (berpetualang di alam terbuka) dan menumbuhkan semangat nasionalisme.

 

Tim  Pendamping Event Kemilau Tambora 2023, Traveller Abby dan Andi Sukandi, menggunakan moda transportasi kereta api dan kapal laut menuju Nusa Tenggara Barat.

Olpah menilai gagasan yang dilakukan Anak Bangsa Algura bersinergi dengan Abby (Founder Yayasan Elang Khatulistiwa) dkk sangat baik dan menginspirasi. Terlebih kegiatan ini bukan kegiatan biasa, karena banyak hal yang dilakukan termasuk mendorong semangat menjaga kelestarian alam, termasuk hutan dan gunung.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini yang secara tidak langsung juga mengajarkan nilai-nilai baik untuk mendukung kelestarian alam. Disamping itu ini salah satu mendorong pula pengembangan wisata alam khususnya wisata minat khusus. Dan terpenting menanamkan terus semangat nasionalisme. Kami jauh-jauh dari Banjarmasin sangat mengagumi event ini, bersama alam untuk Indonesia,” tutur wartawati yang sering menjuarai lomba karya jurnalistik.

Tim Jurnalis Kalsel sendiri rencananya akan bertolak ke Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin depan (14/08/2023).Keikutsertaan mereka juga sebagai bagian program Press Touring Tourism yang digagas Economic Travelling.Com, dalam mendukung berbagai event nasional dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif, salah satunya adalah Kemilau Tambora 2023. (Ridzky Husna).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!