Usung Madihin dan Sasirangan Di Bankers Day 2023

0

 

Setelah tiga tahun terhenti, Pekan Olahraga dan Seni Perbankan (PORSEBANK) di Kalsel kembali digelar. Event dalam rangka memeriahkan Bankers Days 2023 yang diselenggarakan Badan Musyawarah Perbankan Daerah Kalimantan Selatan (BMPD Kalsel), sangat menarik dan memberikan warna berbeda dibandingkan kegiatan serupa di tahun-tahun sebelumnya.

Ajang mempertemukan anggota  BMPD beserta karyawan perbankan se-Kalsel, diwarnai dengan lomba yang mengangkat kearifan lokal, Lomba Bamadihin dan Fashion Show Sasirangan. Dua kegiatan ini mampu menyedot perhatian ratusan undangan yang menghadiri pembukaan PORSEBANK, di Upik Mini Soccer, Jalan Pangeran Hidayatullah , Banjarmasin, Sabtu (05/08/2023).

Madihin sendiri adalah sejenis kesenian tradisional yang dalam pertunjukanya terdapat perpaduan antara seni vokal berupa nyanyian yang berisi syair atau pantun dengan iringan pukulan perkusi atau terbang (sejenis gendang melayu) yang dimainkan sendiri oleh pamadihin (sebutan untuk pemain madihin).

Kesenian madihin merupakan kesenian yang memiliki keunikan yaitu berupa syair atau pantun, dibawakan oleh satu orang maupun lebih. Madihin dibawakan dengan diiring pukulan Tarbang. Madihin aslinya dibawakan dengan bahasa daerah Banjar.

“Lomba Madihin sendiri adalah satu diantara lomba seni dalam PORSEBANK 2023.Ini salah satu komitmen perbankan turut serta mendukung keberadaan seni dan budaya di Banua, serta berperan menjaga kelestarian budaya masyarakat Banjar, Madihin,”kata Wahyu Pratomo, Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah Kalimantan Selatan (BMPD Kalsel), saat membuka secara resmi Pekan Olahraga dan Seni Perbankan, Minggu (05/08/2023).

 

 

WP begitu pria ini dipanggil akrab, menyebutkan kegiatan Bankers Day tahun ini semakin istimewa karena ada Fashion Show yang mengenalkan lebih jauh lagi kain khas yang membumi, kain Sasirangan.

Kain Sasirangan merupakan kain adat suku Banjar di Kalimantan Selatan yang diwariskan secara turun temurun sejak abad XII, saat Lambung Mangkurat menjadi Patih Negara Dipa.

Bankers Day tahun 2023 ini diikuti oleh 41 anggota BMPD Kalsel dan OJK. Rangkaian kegiatan Bankers Day menjadi ajang penampilan bakat personil perbankan di bidang seni, olahraga, dan bakat-bakat lainnya.

“Tahun ini kegiatan yang diselenggarakan sangat beragam yaitu mini soccer, tenis meja, badminton, e-sport FIFA 23 dan mobile legend, serta seni gerak dan BMPD Idol,” tutup Wahyu Pratomo. (Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!