Memotret “Inspiration”  Indonesia Di Permata Photojournalist Grant ke-12

0

Direktur PermataBank, Dayan Sadikin memberikan cenderamata kepada Ng Swan Ti, Managing Director PannaFoto Institute. (Foto Istimewa).

 

Jakarta – Perjalanan Permata Photojournalist Grant telah menginjak edisi ke-12. Dalam rentang waktu ini, di tahun 2023 PermataBank bersama PannaFoto Institute merayakannya mengusung tema khusus “Inspiration”. Tema ini terinspirasi dari perjuangan perempuan Indonesia yang berkontribusi nyata bagi keluarga, komunitas dan lingkungan sekitar mereka tinggal.

Hal ini pun selaras dengan komitmen Business 20 (B20) Indonesia dalam rangkaian Komite Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali beberapa waktu lalu yang menyoroti kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan Indonesia.

Permata Photojournalist Grant ke-12 diikuti sejumlah peserta dari berbagai kota di Indonesia. Mereka juga mengikuti pelatihan secara daring sejak tanggal 14 Maret 2023 hingga 1 Juni 2023.

Para peserta pun berkesempatan mendapatkan materi pelatihan yang disampaikan oleh mentor-mentor kredibel dari PannaFoto Institute dan alumni PPG seperti Edy Purnomo, Rosa Panggabean, Yoppy Pieter, Abriansyah Liberto dan Riska Munawarah, serta mentor asal Kroasia (Saša Kralj), Belanda (Jenny Smets), praktisi media (Tri Joko Her Riadi) dan aktivis pangan dan dosen (Widya Hasian Situmeang).

Selama proses pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk mengembangkan narasi foto sesuai dengan topik pilihan yang menggarisbawahi kisah para perempuan yang menginspirasi.

Mereka pun mengirimkan sejumlah forfolio dinilai Agus Susanto (Harian Kompas) turut menilai portofolio kandidat peserta.Sedangkan hasil karya peserta dikurasi secara langsung oleh Rosa Panggabean dan Yoppy Pieter (Fotografer, Alumni & Mentor PPG).

Direktur PermataBank, Dayan Sadikin mengungkapkan PermataBank memiliki visi untuk menjadi bank pilihan dengan terus membina kemitraan dan menciptakan nilai bermakna bagi seluruh pemangku kepentingan.Pihaknya pun percaya pendidikan menjadi faktor yang sangat penting dalam menciptakan perubahan signifikan menuju masyarakat yang lebih baik.

“Salah satu komitmen PermataBank dalam memajukan pendidikan bangsa diwujudkan melalui Permata Photojournalist Grant (PPG). Ini kami dedikasikan untuk mengembangkan ilmu dan talenta pewarta foto Indonesia,” katanya.

Dayan Sadikin juga berharap PPG dapat memberikan ruang belajar, para pewarta foto Indonesia dapat mengasah keterampilannya dan menciptakan karya yang lebih relevan lagi bagi masyarakat.

Hal senada disampaikan  Ng Swan Ti, Managing Director PannaFoto Institute,yang menyebutkan tema Insipiration yang diangkat sangat bermakna, karena terinspirasi dari perempuan-perempuan Indonesia yang tangguh dan berperan sangat besar untuk memberikan kehidupan yang lebih baik untuk keluarganya, dari lingkup domestik hingga dalam lingkup sosial yang lebih luas di komunitas mereka.

“Tema PPG tahun ini yang berakar dari semangat mendukung pengarusutamaan gender dalam segala bidang, khususnya dunia jurnalisme foto yang sepi dari pewarta foto perempuan. Oleh karena itu, kami dari PannaFoto Institute mendukung penuh tema ini, dan memfasilitasi para peserta PPG edisi ke-12 menghasilkan karya terbaik mereka untuk dibagikan kepada masyarakat melalui pameran foto. Akhir kata, saya ingin berterima kasih kepada semua peserta yang sangat bersemangat mengikuti PPG XII, dan selamat kepada para pemenang PPG XII. Semoga PPG dapat terus menginspirasi,”tambahnya.

Berdasarkan ketentuan, hasil karya karya narasi visual penerima PPG XII akan dipamerkan di World Trade Center (WTC) 2, Jakarta Selatan yang dibuka untuk publik mulai 11 Juli hingga 18 Agustus 2023. Selama periode pameran akan diadakan seri kegiatan publik berupa Artist’s Talk, Editor’s Forum dan Photo Seminar untuk membuka ruang diskusi mengenai praktik bertutur visual yang berdampak secara sosial.Dalam kesempatan itu mereka juga mengumumkan pemenang inspiratif PPG XII, diantaranya Abdan Syakura, Republika – Cimahi, Adwit Pramono, Antara Foto – Manado, Ahmad Rizki Prabu, Kontributor Project Multatuli – Palembang, Bagus Kurniawan, Pewarta Foto Lepas – Prabumulih, Endra Prakoso, Akurat.co – Jakarta. Tak hanya itu terdapat pula .     Himawan Listya Nugraha, Harian Bisnis Indonesia – Bogor, Kristi Dwi Utami, Harian Kompas – Semarang, Muhammad Bagus Khoirunas, Antara Foto – Banten, Muhammad Ihsan Mulya Pratama, Jawa Pos Radar Solo – Solo dan Muhammad Tohir, GATRA – Palembang.

Sedangkan The Best Work  diraih  Muhammad Tohir,  dari GATRA – Palembang, dengan judul karya “OASE”. (Fikri Husaini).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version