Apreasiasi Luar Biasa Bagi Calon Nanang dan Galuh Banjar Kota Banjarmasin

0

Dinas Kebudayaan Kepemudaaan dan Olahraga Pariwisata Kota Banjarmasin memberikan apresiasi luar biasa bagi anak muda yang terbilang tinggi untuk mengikuti ajang pemilihan Nanang dan Galuh Banjar Kota Banjamasin.

 

Banjarmasin – Tingginya minat anak muda Banjarmasin mengikuti kompetisi Pemilihan Nanang dan Galuh Banjar Kota Banjarmasin Tahun 2023, diapresiasi sejumlah kalangan. Hal ini membuktikan kemajuan zaman dan teknologi, tidak membuat generasi muda di kota ini melupakan kearifan lokalnya kota Seribu Sungai.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kebudayaan  Kepemudaaan dan Olahraga Pariwisata Kota Banjarmasin, Fitriah SE, memberikan apresiasi luar biasa bagi anak muda yang terbilang tinggi untuk mengikuti ajang pemilihan Nanang dan Galuh Banjar Kota Banjamasin.

“Alhamdulillah, kita sendiri sangat kaget melihat jumlah peserta yang luar biasa di tahun ini dan ini merupakan sebuah prestasi , artinya sangat banyak anak muda Kota Banjarmasin yang ingin berkontribusi untuk kemajuan Kota Banjarmasin,” ucap Fitriah, saat membuka Technical Meeting atau pengarahan umum, mewakili Plt Kepala Dinas Dinas Kebudayaan  Kepemudaaan dan Olahraga Pariwisata Kota Banjarmasin, Minggu (02/07/2023).

Lebih jauh Fitriah memaparkan ajang Pemilihan Nanang Galuh Banjar Kota Banjarmasin 2023 sangat selaras dengan visi dan misi Pemerintah Kota Banjarmasin di bawah kepemimpinan duet H.Ibnu Sina dan H Arifin Noor. Tentunya ajang ini pula menjadi ruang sebagai eksistensi dan pengembangan karakter generasi muda Kota Banjarmasin dengan mengusung konsep promosi Kebudayaan, kepariwisataan dan  berbagai aspek lainnya dengan menerapkan konsep  “endorser masa kini”.

Hal itu juga diungkapkan Ade Wahyu , Ketua Pawadahan Nanang Galuh Banjar Kota Banjarmasin.Menurutnya paradigma Nanang dan Galuh Banjar, sekarang bukan sekedar pajangan di setiap acara seremonial. Karena itu fungsi Nanang dan Galuh Banjar ini menjadi promotor yang kreatif dan  inovatif baik di media sosial maupun  secara langsung ke masyarakat.

“Paradigma itu harus kami luruskan, Jadi dengan ajang ini  yang menjadi salah satu bagian upaya promosi kepariwisataan Kota Banjarmasin melalui peran Nanang Galuh Banjar Tahun 2023 yang terpilih. Hal ini jugs akan memudahkan penyebaran informasi tentang Kebudayaan dan kepariwisataan kepada  masyarakat luas untuk meningkatkan jumlah kunjungan  wisata baik wisatawan nusantara maupun mancanegara  yang akan berkunjung ke Kota Banjarmasin,” jelas Ade Wahyu.

 

Antusias peserta mengikuti Technical Meeting Pemilihan Nanang dan Galuh Banjar Kota Banjarmasin 2023.

 

Ade pun juga sangat mengapresiasi antusias peserta yang mengalami drastis dari segi jumlah, yakni mencapai 146 orang. Terlebih ajang yang menjadi salah satu ikon pariwisata Kota Banjarmasin, dilaksanakan secara meriah dan terbuka. Panitia sendiri memberikan kebebasan berekspresi bagi generasi muda yang mengikuti ajang, sesuai aturan dan koridor ketentuan yang berlaku.

Ade berharap dengan tingginya antusias pemuda pemudi Banjarmasin ini akan meningkatkan semangat kompetisi dalam pemilihan kali ini, sehingga melahirkan Nanang dan Galuh Banjar yang berbakat serta mampu menjawab tantangan zaman. Ajang ini juga memberikan edukasi positif bagi anak-anak muda untuk berperan meningkatkan kepariwisataan di Kota Banjarmasin. Selain itu menjadi ajang mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif  Kota Banjarmasin ke tingkat Nasional bahkan internasional dan menginspirasi generasi muda masa kini dan masa  mendatang sebagai role model dalam berprestasi untuk mendorong pembangunan industri  pariwisata di Kalimantan selatan khususnya kota Banjarmasin.

 

Pengarahan Panitia tata cara pelaksanaan Pemilihan Nanang dan Galuh Banjar Kota Banjarmasin 2023.

Sementara saat technical meeting para peserta mendapatkan nomor urut yang digunakan selama pemilihan, melakukan pengukuran tinggi dan berat badan, kemudian para panitia menyampaikan pengarahan umum, pengarahan juklak dan juknis, pengenalan baju adat Nanang Galuh Banjar, dan ditutup dengan sesi tanya jawab. Diharapkan melalui Technical Meeting ini semua peserta dapat memahami dan mempersiapkan pemilihan dengan matang.

Data Panitia menyebutkan Sebanyak 146 orang pendaftar menghadiri TM, terdiri dari 54 orang calon Nanang dan 92 orang calon Galuh. Mereka berasal dari berbagai berbagai latar belakang pendidikan, mulai dari siswa SMA atau sederajat, Mahasiswa serta umum. (Ridzky Husna).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!