Kenalkan Geopark Dalam South Kalimantan Travel Mart 2.0

0

Tim Panitia South Kalimantan Travel Mart saat melakukan kunjungan khusus ke Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kalsel.

ASPPI Kalsel Promosikan Potensi Destinasi Alam & Liburland Festival

ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) DPD Kalsel kembali menggelar South Kalimantan Travel Mart atau Suka TM 2.0.Event nasional yang bakal mengenalkan sejumlah potensi destinasi-destinasi wisata unggulan dan terbaru, akan digelar 16 Juli hingga 19 Juli 2023 mendatang.

Ketua Panitia Suka TM 2.0, Teguh Winarto, mengungkapkan dalam kegiatan yang melibatkan 60 Buyer nasional plus luar negeri dan 30 Seller Nusantara, mereka juga akan mengenalkan dari dekat Geopark beserta kearifan lokalnya, mengeksplore sejumlah destinasi-destinasi alam seperti Pulau Curiak (Habitat Bekantan) di Barito Kuala, hingga pusat permata Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura.

“Tak hanya itu peserta juga kami ajak menyaksikan Liburland Festival di Amanah Borneo Park, sebagai salah satu sarana refreshing tamu-tamu luar yang merupakan agen promosi bagi pariwisata Kalsel.Disamping itu adalah bagaimana kita mengenalkan juga secara luas tentang Geopark, yang menjadi unique selling point tersendiri bagi pariwisata kita,” ungkap Teguh Winarto, disela-sela peninjauan sejumlah destinasi wisata yang masuk dalam agenda Famtrip South Kalimantan Travel Mart 2023, Jumat (23/06/2023).

Menurut pria yang merupakan owner Bebek Bapeer dan travel wisata, Geopark salah satu yang ditonjolkan sebagai upaya mengenalkan secara luas kepada dunia luar. Karena itu pula dalam South Kalimantan Travel Mart ini, mereka menggelar pula seminar tentang Geopark, hal ini juga berkaitan dengan menuju UNESCO Geopark Meratus.

 

Tim Panitia SUKA TM 2.0 bersama sejumlah Tim PHRI Kalsel.

Dilansir dari berbagai literatur, Geopark sebagai salah satu konsep wisata sangat cocok diterapkan di Indonesia karena kekayaan alam dan budaya yang dimilki. Salah satunya adalah Kalimantan Selatan, yang dikenal memiliki kawasan alam dan daerah yang berpotensi ekonomi dalam pengembangan pariwisata. Hal ini selaras dengan UNESCO  adalah sebuah daerah dengan batasan yang sudah ditetapkan dengan jelas dan memiliki kawasan permukaan yang cukup luas untuk pembangunan ekonomi lokal.

“Sebagai mana harapan Pemerintah Provinsi Kalsel bagaimana Geopark itu bisa dipromosikan dan dikenalkan dalam event seperti Travel Mart, tentu kami memiliki misi yang sama dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan. Apalagi Kalsel tengah memperjuangkan pengakuan UNESCO terkait Geopark Meratus.Kami sangat mendukung, sebagaimana pula dengan konsep UNESCO Global Geopark yang menyebutkan sebuah wilayah geografis di mana situs dan lanskap yang menjadi aset geologis internasional dikelola dengan konsep konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat secara terpadu,’ katanya.

Salah satu anggota Tim Panitia South Kalimantan Travel Mart 2023, Robi Trio, menyebutkan dalam kegiatan ini tamu-tamu yang merupakan Buyer (Travel Agent) nasional diajak bertualang menyusuri sungai dan Pulau Curiak, Barito Kuala. Target mereka sendiri Pulau Curiak semakin diminati terutama wisatawan dengan minat khusus.Pihaknya juga bekerjasama dengan sejumlah desa wisata yang berada tidak jauh dari lokasi Pulau Curiak.

“Dengan kehadiran para Buyer ini nantinya mereka membawa datang wisatawan luar ke Kalsel, termasuk mengunjungi destinasi wisata minat khusus Pulau Curiak di Batola.Karena ini berdampak luas juga bagi perekonomian masyarakat sekitar dan sebagai destinasi edukasi khususnya konservasi Bekantan,” terang Robi.

 

Salah satu Destinasi Wisata di Barito Kuala.

Robi optimis travel agent yang berasal dari berbagai kota di Indonesia serta luar negeri ( Thailand, Singapore dan Malaysia) mampu menjadi salah satu kekuatan dalam mendatangkan wisatawan ke kalsel. Karena itulah dalam event ini ada pula digelar Table Top, yang mempertemukan Buyer dan Seller, saling berkolaborasi memasarkan dan mempromosikan destinasi-destinasi wisata di Banua.

Tak hanya itu par tamu juga akan di ajak menikmati suasana liburan di Amanah Borneo Park Banjar. Karena disana ada Liburland Festival atau Liburlandfest, yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan mereka.  Liburlandfesmerupakan event Konser Musik, Art Workshop, Bazar Makanan, dan Fashion yang dilaksanakan di Amanah Borneo Park Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

“Kami sangat berterima kasih dengan dukungan Dinas Pariwisata Kalsel, Bank Kalsel, PHRI serta sponsorship lain, termasuk mitra lainya seperti Bank Indonesia, termasuk media partner, Economic Travelling.Com, hingga Pokdarwis serta pelaku pariwisata lainnya,”ujarnya. (Olpah Sari).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version