Bakal Diramaikan Pendaki Luar Negeri,  Merah Putih Raksasa Di Puncak Tambora

2

 

Jakarta – Kemana Tujuhbelasan nanti ? Jika tak ada agenda, yok rame-rame menjelajahi Gunung Tambora, di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.Karena ada event nasional Merah Putih bertajuk “Kemilau Tambora 2023”.

Kemilau Tambora 2023 sendiri salah satu event “menjelajah negeri” mengeksplore keindahan pariwisata Nusa Tenggara Barat, khususnya di Taman Nasional Tambora.Tak hanya itu dalam kegiatan yang melibatkan ratusan pencinta alam dan pendaki gunung nasional dan luar negeri ini, akan diramaikan dengan berbagai agenda di alam terbuka.

“Salah satunya adalah pembentangan bendera merah putih raksasa sepanjang 250 meter di kawasan Gunung Tambora. Nantinya akan melibatkan sejumlah pencinta alam dan pendaki gunung di berbagai daerah di Indonesia. Kabar terbaru beberapa pendaki luar negeri bakal meramaikan event yang didukung penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Perhutani dan Taman Nasional Tambora,” terang salah satu panitia, Abby, kepada awak media di Jakarta, Rabu sore (21/06/2023).

 

Menjelajahi kawasan Gunung Tambora menikmati keindahan sorga tersembunyi Indonesia (Foto-Dokumentasi Abby).

Tak hanya itu menurut perempuan yang dikenal sebagai salah satu srikandi traveler Indonesia, dalam Kemilau Tambora 2023 ada sejumlah kegiatan outdoor lainnya seperti pergelaran budaya, layar tancap film kemerdekaan, serta sejumlah hiburan, disamping kegiatan Body Rafting (aktfitas di alam bebas dengan menyusuri aliran arus sungai dan badan langsung kontak dengan Air dengan peralatan yang sefty).

“Selain itu kami mengadakan Talk Show yang menghadirkan aktivis lingkungan seperti Mba Sri Wahyuningsih (Founder Sekolah Air Hujan Banyu Bening), kemudian ada Dimas Bagus Widjanarko (Founder Yayasan Get Plastic Indonesia), serta Mas Nugie (masih dalam konfirmasi) dan kami sendiri,’ ujar Abby, yang juga Founder Sahabat Elang Khatulistiwa.

Kemilau Tambora 2023 adalah salah satu event yang mereflesikan semangat Hari Kemerdekaan RI  dan menanamkan cinta kepada tanah air. Kegiatan ini juga salah satu upaya menanamkan semangat mencintai lingkungan dan menjaga kelestarian hutan dan pegunungan, terutama kepada generasi muda.

 

 

Nah bagi yang ingin ikutan bisa menghubungi panitia (yang tertera dalam pamflet atau flyer disebarkan melalui media sosial maupun yang diposting dalam pemberitaan di Economic Travelling.Com). Sebagai bahan informasi perjalanan menuju Tambora melewati akses Kawinda Toi, yang dikenal sebagai salah satu Desa Wisata yang memiliki keindahan tersendiri.

Desa Kawinda To’I sendiri berada di pesisir utara Semenanjung Sanggar. Dan ini adalah titik awal pendakian jalur ini, yang dikenal pula sebagai salah satu penghasil madu utama di Tambora.

“Menariknya kalau melewati mendaki Tambora melalui jalur Kawinda To’i, kita bisa melihat pemandangan dan medan yang bervariasi. Yang seru adalah melewati sungai dan air terjun, hutan tropis dan padang sabana serta lautan pasir berbatu hingga tiba di tubir puncak kaldera pada ketinggian 2.497 mdpl.Beatiful Indonesia, Hidden Paradise (sorga tersembunyi) Indonesia,” ajak Abby.(Olpah Sari).

 

2 thoughts on “Bakal Diramaikan Pendaki Luar Negeri,  Merah Putih Raksasa Di Puncak Tambora

  1. mhon flyer Hd size nya dong min, saya liat di web ini ngga jelas organizernya siapa, saya mau riset riset dulu. tolong ya, terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version