Sosok Dibalik Lahirnya “ Super Apps Banjarmasin Pintar “

0

 

Be the change you wish to see in the world.” — Ghandi, kata-kata bijak sederhana, ternyata mengilhami seorang pria bernama  H. Agung Saptoto, S.kom, M.Kom untuk memberikan perubahan bagi potret layanan di lembaga pemerintahan.

Tiada yang tahu kalau pria yang sehari-hari merupakan Pranata Komputer Ahli Muda, Dinas Kominfo Kota Banjarmasin, adalah sosok yang berjasa bagi transformasi pelayanan di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin. Berkat gagasan dan sentuhan tangan dinginnya, sebuah aplikasi yang merubah wajah pelayanan lebih efisien dan bergenre digitalisasi lahir.

Agung sendiri hanyalah seorang pegawai yang banyak menghabiskan waktu mengabdi di Dinas Kominfo Kota Banjarmasin yang dikepalai seorang perempuan bertalenta bernama Windiasti Kartika ST, MT. Meskipun begitu ternyata sosok lelaki penggemar buku sains dan olahraga sepakbola, memberikan warna tersendiri bagi kinerja dalam dinas yang dikenal menjadi garda terdepan penyaji informasi dan komunikasi.

Diam-diam dibalik kesibukan beraktivitas menjadi bagian tim ahli di SKPD mempunyai tugas membantu Walikota melaksanakan Urusan Pemerintahan Bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan yang diberikan kepada Pemerintah Kota Banjarmasin, Agung Saptoto menyempatkan diri membuat program yang kelak merubah pola pelayanan menjadi satu aplikasi dalam genggaman.

 

H. Agung Saptoto mempresentasikan gagasan dan idenya menciptakan Aplikasi Banjarmasin Pintar, bersama atasan dan rekan sejawatnya di Dinas Komunikasi dan Informatika Banjarmasin. (Foto- Dokumen H Agung Saptoto).

Agung didukung penuh Kepala Dinas Kominfo Kota Banjarmasin akhirnya menggagas sebuah project pola pelayanan dalam sebuah aplikasi. Dan aplikasi ini bernama Super Apps Banjarmasin Pintar. Secara perlahan namun pasti aplikasi ini mendapat apresiasi luar biasa dari Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina.

Dan setahun masa pemerintahan pasangan H Ibnu Sina dan HM Arifin Noor, Banjarmasin pun langsung melaunching super Apps Banjarmasin Pintar untuk smart city Banjarmasin Pada tanggal 23 Juni 2022. Aplikasi digital ini berfungsi menampung semua aplikasi dan terintegrasi ke seluruh instansi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

Berdasarkan data Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarmasin, karya Agung ini pun telah mendapat apresiasi karena dinilai sangat memudahkan. Karena masyarakat dapat masuk ke semua aplikasi pelayanan publik dengan hanya satu kali pendaftaran atau hanya dengan satu akun.

“Awalnya hanya sebuah keinginan saja dan menjadi ide. Semata-mata itu agar memudahkan masyarakat Kota Banjarmasin dalam menikmati semua layanan pemerintahan sudah secara smart city,” tutur Agung saat menceritakan awal dirinya menggagas aplikasi Banjarmasin Pintar, kepada Tim Economic Travelling.Com, Rabu (14/04/2023).

 

H. Agung Saptoto bersama jajaran Pemko Banjarmasin gencar mensosialisasikan Program Aplikasi Banjarmasin Pintar kepada masyarakat dan lingkungan SKPD Kota Banjarmasin. (Foto-Dokumen H Agung Saptoto).

Meskipun memiliki konsep yang jelas dan menawarkan pelayanan publik dan pemerintahan, Agung sempat deg-degan menyampaikan gagasan itu ke atasannya. Maklum aja Agung termasuk tipekal pegawai pendiam dan banyak menghabiskan waktu di meja kerja.

“Namun Alhamdulillah atasan menyambut baik ide dan gagasan kami. Akhirnya kami berdiskusi panjang termasuk dengan teman-teman sejawat seperti Bu Novri Gita serta beberapa lainnya. Konsep ini pun juga dipelajari atasan kami dan beliau berdiskusi dengan Bapak Walikota, yang ternyata memberikan respon positif,” ujar Agung, yang dikenal pula senang mengkoleksi tanaman hias outdoor.

Seiring waktu aplikasi Banjarmasin Pintar pun telah diunduh ribuan orang pengguna di Banjarmasin. Agung sendiri bersyukur ternyata sambutan masyarakat sangat baik terhadap aplikasi.Apalagi juga terdapat Pelayanan Publik berisi aplikasi yang ditujukan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan seperti Aplikasi PARAK ACIL Online (Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil) merupakan aplikasi yang menfasilitasi masyarakat dalam mengajukan permohonan secara online pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Selain itu dalam aplikasi ini terdapat pula aplikasi BaApik (Banjarmasin Aplikasi Pasien Internal Kesehatan) yang merupakan aplikasi yang digunakan untuk pendaftaran berobat secara online. Selain 2 aplikasi tersebut, tentunya masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang tersedia di dalam Pelayanan Publik.

 

Penyerahan sertifikat kekayaan intelektual (Surat Pencatatan Ciptaan) untuk Aplikasi Banjarmasin Pintar yang diterima langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina. (Foto-Dokumentasi Diskominfotik Banjarmasin).

Rasa syukur dan bahagia kini dirasakan pria bergelar Magister Ilmu Komunikasi, karena Selasa (13/06/2023), Aplikasi Banjarmasin sudah sah dan mendapat perlindungan Hak Kekayaan Inteletual dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Penyerahan sertifikat kekayaan intelektual (Surat Pencatatan Ciptaan) untuk Aplikasi Banjarmasin Pintar yang diterima langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, dalam pembukaan kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic (Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak Kalimantan Selatan) yang diksanakan oleh Kemenkumham Kalsel, di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Selasa (13/06/2023).

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengapresiasi mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Hukum dan HAM dengan pencatatan resmi dan sah secara hukum, program aplikasi yang merupakan resmi ciptaan Pemerintah Kota Banjarmasin.

“Alhamdulillah baru hari ini diakui sebagai kekayaan intelektual, jadi ini aplikasi akan menjadi milik pemerintah kota selama 50 tahun,” ujarnya. (Ridzky Husna).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version