Uzbekistan Siap Berkolaborasi Dengan Indonesia Pada Bidang Pariwisata

0

Tashkent- Uzbekistan – Tak hanya disambut hangat masyarakat dan Pemerintah Uzbekistan, delegasi Halal Beyond Borders 2023 mendapat respon positif untuk kerjasama spesial dengan sejumlah pengusaha travel & tourism negeri berjuluk Serigala Putih.

Dalam lawatannya ke Uzbekistan sejak tanggal 31 Mei 2023 hingga 7 Juni 2023, delegasi Halal Beyond Borders 2023 yang dipimpin Sapta Nirwandar, bertujuan mempererat hubungan bisnis dan perdagangan antara dua negara.

“Dari kunjungan ke kota Taskent dan Samarkand membuahkan  sedikitnya 21 pengusaha travel and tourism di negeri itu berminat berkolaborasi untuk membuat paket wisata inbound ke Indonesia dan outbound umroh plus Uzbekistan dari Indonesia ke negara tersebut,” terang Sapta Nirwandar saat makan malam bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan, Selasa malam (06/06/2023).

Budi Tirtawisata, CEO Panorama Group juga melaporkan respons positif dari para pengusaha Uzbekistan itu perlu ditindaklanjuti dengan memenuhi pelayanan dari karakteristik wisatawan Indonesia dan Uzbekistan bagi pemerintah masing-masing.

”Saya melihat langsung obyek wisata andalan seperti mesjid dan makam Imam Bukhari dan merasakan bagaimana pemerintah Uzbekistan sangat serius untuk mengembangkan pariwisata sehingga kedatangan delegasi RI bisa mengisi beragam sektor bukan cuma pariwisata. Samarkand Air sudah siap membuka jalur wisata Tashkent – Denpasar, Jakarta dan Surabaya,” ungkap Budi.

 

Pengusaha Uzbekistan, Pulatov Ramazan Khasaniovich mengapresiasi kunjungan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno dan delegasi Halal Beyond Borders 2023 yang mengunjungi Uzbekistan .(Foto Dokumen Bisnis Wisata.Co.Id)

Pemerintah Uzbekistan akan segera menindak lanjuti dengan sales mission dan Famtrip baik ke Indonesia dan sebaliknya.  Releksasi visa bagi negara-negara lain, termasuk bebas visa WNI yang sudah diberikan juga sangat bermanfaat, tinggal meningkatkan frekuensi penerbangan.

Uzbekistan, kata Budi, mendapat kunjungan 5 juta wisman tahun lalu dan target 7 juta wisman tahun 2023 ini sehingga Indonesia bisa masuk dengan sektor training hospitality juga. Hubungan sejarah Islam, peran almarhum Presiden pertama RI, Soekarno dalam menemukan makam Imam Bukhari membuat Panorama tours langsung menyiapkan paket wisata sekitar Rp 25,9 juta keberangkatan 12 Juli, 16 Agustus, 13 September dan 18 Oktober 2023.

Sementara Roy N Mandey, Ketua Asosiasi Peritel Indonesia ( Aprindo) pada kesempatan yang sama mengatakan defisit neraca perdagangan RI yang masih negatif dengan Uzbekistan dapat ditingkatkan dengan dukungan pemerintah RI untuk membangun ekosistem Trade & Tourism yang menjadi satu sesuai dengan semangat kolaborasi dan sinergi ke dua negara.

” Kehadiran delegasi HBB yang merupakan gerak cepat Indonedia Halal Lifestyle Center Indonesia akan kita tindak lanjuti dengan ekspor produk-produk Indonesia di Uzbekistan ini,” tegas Roy.

Hal serupa dikemukakan pula Maulana Yusron, Sekjen Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia ( PHRI). Menurut Yusron 50% kalangan menengah atas Uzbekistan 8% diantaranya adalah papan atas. Sehingga permintaan Hotel dan Restoran di Indonesia terutama Bali yang ingin dikunjungi adalah yang bintang empat dan lima plus.

“Mereka tidak memiliki pantai jadi tempat rekreasi yang high end untuk pantai dan danau juga jadi incaran,” kata pria yang akrab dipanggil Alan ini.

Soal potensi umroh plus Uzbekistan sambung Alan, Uzbekitas juga berharap banyak. Karena itu pula Indonesia juga harus bisa  membuat pemerintah Uzbekistan  mendorong kunjungan wisatawan dari negaranya ke Indonesia.

“Inbound tour akan memberikan dampak pada travel agent, hotel dan restoran dan dunia penerbangan di Indonesia termasuk  kargo pasti naik. Nah pengusaha setempat juga minta  materi promosi inbound ke Indonesia jangan pantai saja tetapi juga kuliner,” cerita Alan.

Siti Nur Azizah, Wakil Rektor Universitas Surabaya yang juga pemilik SNA Universal Tour, penyelenggara Umroh dan Haji mengatakan HBB 2023 adalah penetrasi pasar yang jitu antara RI-Uzbekistan.

” Wakil Presiden Maruf Amin akan berkunjung dan tiba di Uzbekistan pada 16 Juni 2023,” kata putri ke empat Wapres RI ini.

Sally Giovany dan Nina Nugroho mewakili kalangan desainer mengapresiasi kolaborasi Bank Indonesia, IHLC dan Kemenkraf sehingga perjuangan para Muslim desainer Indonesia bisa mendunia.

“Terima kasih Bang Sandi semoga kami ini diajak penetrasi ke negara-negara lain. Ini perjalanan spesial bagi saya dan teman-teman tampil di dua kota sekaligus yaitu Taskent dan Samarkand,” kata Sally dari Batik Trusmi yang kaya inovasi.

Menparekraf Sandiaga Uno juga menilai Gercep ( gerak cepat) Indonesia Halal Lifestyle Center ( IHLC ) sangat tepat berbarengan dengan anugerah dari Global Muslim Travel Index (GMTI) 2023, Indonesia menempati posisi teratas sebagai negara dengan destinasi wisata halal terbaik di dunia. Skor GMTI yang dimiliki Indonesia sebesar 73 poin terutama unggul dalam hal komunikasi.

 

 

Founder sekaligus Pimpred Bisnis Wisata.Co.Id, Hilda Ansariah Sabri, yang ikut dalam lawatan Delegasi Halal Beyond Borders 2023 .

Pengusaha Uzbekistan,  Pulatov Ramazan Khasaniovich mengapresiasi kunjungan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno dan delegasi Halal Beyond Borders 2023 yang mengunjungi Uzbekistan .

”Saya sangat mengapresiasi kunjungan Menparekraf RI Sandiaga Uno yang energik, ramah dan sikapnya sangat membumi sehingga optimistis hubungan kedua negara akan terus meningkat apalagi Pak Sandi malam ini juga akan bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Uzbekistan, Nazarekov Akhmadovich bukti keseriusan kedua negara,” ujar Ramazan, Direktur umum Leon Consult Invest.

Hadir bersama putrinya, Pulatova Shodiyakhon, Project Manager  Rhanov, perusahaan IT dengan slogan Akses Super untuk Segala Tujuan, Ramazan mengungkapkan dia dan putrinya sama-sama sudah berkolaborasi dengan pengusaha RI, Farhan dalam bidang IT dan industri batu bata. Putrinya juga tertarik akan investasi di bidang travel agent dengan mitra Indonesia.

Grup perusahaannya, termasuk pula Vortech Corp Fzco, LCI Prime LLC bergerak dalam bidang  perusahaan teknologi internasional yang berkantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab, berspesialisasi dalam Fintech, pengembangan perangkat lunak, dan layanan telekomunikasi. Sedangkan LCI Prime LLC, perusahaan yang berbasis di Tashkent, Uzbekistan berspesialisasi dalam konsultasi investasi asing.

Menparekraf Sandiaga Uno selain mensosialisasikan program  Spice Up the world di acara jamuan makan malam bersama delegasi Halal Beyond Borders  ( HBB) dipimpin Sapta Nirwandar, Ketua Indonesia Halal Lifestyle Center ( IHLC), KBRI Uzbekistan, diaspora dan sejumlah pengusaha Uzbekistan,  menyambut baik kiprah kerjama Farhan dan pengusaha setempat.

”Saya sangat senang Farhan dan Eldor, mitra kerjanya di sini sudah kembangkan aplikasi Rhanov. Kita memang harus terus berinovasi sehingga keunggulan teknologi anak bangsa terus mendunia,” puji Sandiaga Uno.

JV Rhanov LLC terdaftar sebagai perusahaan patungan (JV) di Kementerian Hukum Republik Uzbekistan pada 18 Januari 2023. Rhanov jugap telah terdaftar di IT Park Uzbekistan di Tashkent untuk memperkuat ekosistem pengembangan teknologi di Uzbekistan, jelas Shodiyakhon.(Hilda Ansariah Sabri – Olpah Sari Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!