UMKM Kalsel Pun Berterima Kasih Kepada Bank Kalsel

0

Ibu Iriana Joko Widodo (Istri Presiden RI), saat mengunjungi Expo HUT ke 43 Dekranas di Lapangan Banteng, Medan, Sumatera Utara. (Foto- Portal.pemkomedan.go.id).

Produk UMKM Kalsel Curi Perhatian Pengunjung Expo HUT Dekranas di Medan

Medan – Siapa bilang produk UMKM asal Kalimantan Selatan tidak berkualitas. Terbukti sejumlah produk yang dihasil dari tangan-tangan terampil Urang Banua kualitasnya selalu menuai pujian.

Hal ini terlihat dari sejumlah event pameran promosi berskala lokal, nasional maupun internasional. Terbukti karya terbaik pengrajin Kalsel selalu membuat orang berdecak kagum, selain desain ternyata juga adalah kualitas.

Salah satunya adalah pada pameran Expo HUT ke 43 Dekranas di Lapangan Banteng, Medan, Sumatera Utara.Event yang berlangsung sejak tanggal 16 Mei hingga 21 Mei 2023, diam-diam mencuri perhatian mencuri perhatian pengunjung ribuan pengunjung.Apalagi banyak yang membeli sebagai oleh-oleh maupu kenang-kenangan.

“Alhamdulilah, sambutan pengunjung luar biasa termasuk tamu-tamu yang datang berbagai daerah, mereka banyak membeli produk-produk kita sebagai oleh-oleh maupun kenang-kenangan,” cerita Aina salah seorang pelaku UMKM, kepada awak media, Senin (22/05/2023).

Dirinya bersama kawan-kawan UMKM pun sangat berterima kasih karena selama ini selalu didukung kalangan perbankan khususnya Bank Kalsel. Bagi UMKM sendiri perhatian Bank Kalsel cukup tinggi dalam membina UMKM agar bisa tumbuh dan berkembang serta bisa mandiri.

“Tak hanya dari segi pembinaan, pelatihan khusus maupun peningkatan kapasitas SDM UMKM, namun dari segi pemasaran pun mereka dukung. Salah satunya adalah mendukung kegiatan-kegiatan promosi seperti Expo HUT Dekranas di Medan, event yang sempat dikunjungi Ibu Iriana Joko Widodo (Istri Presiden RI),” katanya menceritakan antusias pengunjung terhadap promosi efektif bagi sejumlah produk asli Banua yang dipamerkan di Kota Melayu Deli.

Berdasarkan data Bidang Pembinaan Promosi dan Pemasaran Kalsel, pada pameran kali ini tercatat ada produk yang ditampilkan mulai tas purun, tas rotan, tas dari bahan bamban, lupu atau rotan merah, batu permata, kain sasirangan, kerajinan anyaman, kerajinan arguci,hingga beberapa produk UMKM lainnya. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dewan Kerajinan nasional Daerah (Dekranasda) mempromosikan produk kerajinan tangan pelaku UMKM.

Dilansir dari portal Diskominfo Kota Medan, pameran dalam rangka Expo Hut Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke 43 yang digelar di Kota Medan berlangsung sukses. Selama berlangsungnya event tersebut dari tanggal 16-21 Mei 2023 menghasilkan omzet penjualan hingga mencapai hampir Rp. 2 Milyar.

“Hasil transaksi penjualan untuk seluruh stand yang ikut memeriahkan expo Dekranas ke-43 kemarin tercatat sebesar Rp. 1.855.620.562 atau hampir mencapai Rp. 2 Milyar termasuk transaksi yang berasal dari kriya dan kuliner”kata Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan, Kota Medan, Benny Iskandar, dalam keterangan resminya. (Olpah Sari Risanta/Adv).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!