Terima Kasih Pemko Banjarmasin, Ribuan Relawan Damkar Resmi Terlindungi Asuransi BPJS

0

 

Rasa haru bercampur bahagia kini dirasakan lima ribu lebih relawan pemadam kebakaran (swadaya masyarakat) di Banjarmasin.Karena mereka kini resmi terlindungi dalam Asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini tentu menjadi kabar baik pasca lebaran, karena Pemerintah Kota Banjarmasin memberikan jaminan untuk mereka menjalankan tugas kemanusiaan dan pengabdian luar menanggulangi bencana kebakaran yang kerap melanda kota Seribu Sungai ini.

Kabar ini disampaikan langsung Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina kepada awak media di Banjarmasin (09/05/2023). Dalam keterangan resminya Ibnu Sina mengungkapkan sebanyak lima ribu empat ratus delapan puluh relawan pemadam kebakaran di Kota Banjarmasin yang terdaftar di aplikasi E-Damkar akan mendapatkan asuransi BPJS Ketenagakerjaan pada tahun ini.

 

Masuknya ribuan Damkar yang kebanyakan merupakan pemadam kebakaran swadaya masyarakat, sesuai dengan Surat Keputusan Wali Kota Banjarmasin nomor 209 Tahun 2023 tentang Relawan Pemadam Kota Banjarmasin. Dalam SK Walikota Banjarmasin ini disebutkan peran luar biasa   para relawan tersebut membantu mewujudkan perlindungan terhadap seluruh warga kota Banjarmasin dari bahaya kebakaran,.Penanganan bencaa kebakaran sendiri merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Berdasarkan SK Walikota Banjarmasin ini juga, anggota BPK/PMD Damkar yang terdaftar di aplikasi E-Damkar dan mendapat asuransi ditanggung BPJS Ketenagakerjaan, dananya berasal dari APBD Kota Banjarmasin Tahun 2023.

“Ini sebagai wujud perhatian Pemerintah Kota Banjarmasin terhadap para relawam pemadam kebakaran.Mudahan tetap berhati-hari dalam melaksanakan tugas membantu warga yang terkena musibah kebakaran,” kata Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina.

 

 

Meskipun demikian menurutnya,  para sopir unit Damkar di Banjarmasin juga diuji kelayakannya untuk dapat SIM dan diberi pelatihan safety driving agar meningkatkan keselamatan di jalan raya saat bertugas.

“Pantang pulang sebelum padam, keselamatan di jalan juga penting, mudah-mudahan kita semua dihindarkan dari marabahaya apapun, selama bertugas, salam kemanusiaan,” tambah H Ibnu Sina.

Perhatian Pemerintah Kota Banjarmasin tersebut disambut sukacita para relawan pemadam kebakaran.Mereka pun mengapresiasi upaya perlindungan bagi relawan dalam menjalankan tugas kemanusiaan membantu sesama.

“Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih dan berbahagia sekali dengan perhatian Pemerintah Kota Banjarmasin.Tentunya ini menambah semangat kami untuk mengabdi dan berbuat baik, dalam membantu sesama. Insya Allah kami pun tetap berhati-hati dan safety dalam menjalankan tugas kemanusiaan,” ujar Hanafi, anggota PMK Seberang Masjid Banjarmasin. (Ridzky Husna).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version