Aniversary Ke-15 ASPPI “Istimewa”, Kokoh Untuk Profesionalisme dan Spirit Kolaborasi

0

Tak terasa Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) memasuki usia ke-15. Ibarat usia, itu merupakan masa-masa remaja yang indah, penuh sejuta harapan.Bagi ASPPI usia begini sebuah masa matangnya dalam berkontribusi positif bagi sebuah industri berlabel pariwisata.

 Sejak usia ke-13 ASPPI sempat memasuki masa-masa sulit, berjuang keras membangkitkan kembali industri pariwisata yang terhempas akibat tsunami pandemi Covid-19. Pasca pandemi membuat Industri pariwisata nasional babak belur, hingga membuat ASPPI merubah strategi agar survive dan bisa membangkitkan pariwisata dari tidur panjang selama dua tahun belakangan ini.

 Beruntungnya pandemi pun mulai berakhir menuju endemi. Harapan itu pun bersemi kembali, Setidaknya pergerakan membangkitkan pariwisata dilakukan keluarga besar ASPPI secara masif, melalui serangkaian program sinergi dan kolaborasi. Terbukti di usia ke-15 ini ASPPI mantap melangkah mengusung kebangkitan sebagai sebuah perjuangan bagaimana “istimewanya” membahagiakan negeri.

“Yang terbaik itu adalah kolaborasi dan bersinergi, untuk bersama-sama membangkitkan terus pariwisata negeri ini. Usia yang sudah menginjak 15 tahun, semakin mematangkan kita untuk memberikan yang terbaik bagi sebuah industri, yang disebut pariwisata berkelanjutan Indonesia yang kian berseri. Kolaborasi dan sinergi jangan terhenti, karena itu adalah kata kunci,” kata Agus Pahlevi, Ketua Umum Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), saat membuka serentak Aniversary ke-15 ASPPI “Istimewa”, di Jakarta, Rabu sore (05/04/2023).

 

Tim DPD ASPPI Kalsel ikut menyemarakkan HUT Ke-15 ASPPI “Istimewa” secara daring.

 

Bagi ASPPI sendiri menurut Agus, tentunya kerjasama dan profesionalisme merupakan bagian tak terpisahkan dari kolaborasi dan sinergi.Karena itulah sebagai organisasi yang terbuka, ASPPI terus membuka diri membangun sinergi.Karena saat ini Indonesia benar-benar membutuhkan peran serta seluruh komponen bagi pengembangan industri pariwisata.

“Apalagi kran pariwisata Indonesia terbuka lebar setelah memasuki masa transisi dari pandemi ke endemi. Tentunya peluang bagi kita mengembangkan usaha terbuka juga.Kita pun terus bergerak, termasuk mengembangkan pula event-event nasional seperti travel mart, termasuk Indonesia Travel Mart.Ini membuktikan ASPPI itu serius dan terus berjuang yang selaras dengan semangat kita “Tourism Soldier,” ungkap Agus.

 

Salah Satu Founder ASPPI, Momod Bahriansyah.
Salah Satu Founder ASPPI, Momod Bahriansyah.

 

Hal senada juga diungkapkan Ketua Dewan Pengawas DPP ASPPI, Bahriansyah.Menurutnya sejak hadir di tahun 2008, organisasi ini terus mengembangkan sayap dalam balutan profesionalisme. Karena itulah penguatan sumber daya manusia terus dilakukan ASPPI, untuk mempersiapkan tenaga-tenaga profesional dalam mendukung program pemerintah dalam pengembangan pariwisata Indonesia.

“Profesionalisme memang menjadi spirit kita, sehingga apa pun langkah dan kegiatan yang dilakukan landasannya jelas dan kami lebih menekankan kekuatan SDM, sebagai kontribusi positif kami bagi industri pariwisata. Kami pun terus membangun sinergi kerjasama baik dengan pemerintah, organisasi kepariwisataan lainnya maupun organisasi di luar negeri,” terang Bahriansyah “Momod”, disela-sela kegiatan syukuran HUT ASPPI ke-15, di Jakarta.(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!