Banjarmasin Jalin Kerjasama Dengan Kaikokai Grup Jepang

0

Foto-Dokumentasi Ibnu Sina.

 

Kabar Baik Dari Jepang Untuk Tenaga Kesehatan Banua

Osaka-Jepang – Keinginan Jepang merekrut tenaga kerja terampil dari Indonesia khususnya Banjarmasin akhirnya bakal segera terwujud.Setidaknya Pemerintah Kota Banjarmasin memberikan dukungan kepada  program Jepang mendapatkan tenaga-tenaga kerja di bidang caregiver dan perawat hingga tenaga kesehatan lainnya.

Hal ini merupakan tindaklanjut serangkaian pertemuan antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan delegasi khusus dari Jepang, khususnya Kaikokai Group. Kerjasama di bidang ketenagakerjaan ini memberikan angin segar bagi tenaga-tenaga kesehatan di Banua, untuk berkarir atau bekerja di Jepang.

Sebagai tindaklanjut upaya kerjasama ini, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama Kadinkes Banjarmasin, M Ramadhan,  Kadiskopum Naker Banjarmasin, Isa Ansari, serta Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Machli Riyadi, bertolak ke Jepang.

“Pertemuan ini membahas kerjasama pendidikan dan  penempatan tenaga kerja Cargiver dengan Group-group Hospital, juga beasiswa D3 keperawatan untuk kemudian bekerja di Jepang.Sehingga bukan mimpi lagi anak Banua bisa bekerja di Jepang,” ungkap Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina kepada Economic Travelling.Com, Senin (20/03/2023).

“Kerjasama ini sebenarnya sudah kita rintis sejak tahun 2019 yang lalu.Tetapi karena ada pandemi Covid-19 selama 2 tahun, jadi tidak sempat berkoordinasi.Namun kita sudah mengadakan seminar yang dihadiri 500 peserta secara virtual dengan pembicara dari CEO Kaikokai Group.Hal ini terkait dengan rehabilitasi medik yang diikuti pula tenaga kesehatan se-Kalsel pada saat itu.Kemudian berkaitan dengan kesehatan olahraga dengan narasumber dari Kaikokai, selama pandemi kita mengadakan ada tiga kali kegiatan,” terang Ibnu Sina sembari memperlihatkan foto pertemuan penting di Jepang.

 

Foto-Dokumentasi Ibnu Sina.

Rombongan delegasi Banjarmasin ini bertemu khusus dengan CEO Kaikokai Grup di Nagoya, Jepang. Pertemuan sendiri dilanjutkan dengan meninjau hospital untuk penempatan 25 orang tenaga kesehatan/ Caregiver yang sedang training di Banjarmasin.Rumah sakit Kaikokai salah satu rumah sakit terbesar di Nagoya yang memiliki hampir 25 cabang dengan fasilitas lengkap dan canggih.

“Tenaga-tenaga terampil dari Banua ini rencananya akan berangkat pada bulan September 2023 dengan masa kontrak 5 tahun. Pengiriman tenaga Caregiver ke Jepang. Karena saat ini  mereka memerlukan 10 ribu lebih tenaga Caregiver yang di perlukan di sana,” ujar Ibnu Sina saat mengunjungi Nagoya diikuti pula Rektor UMB, Wakil Rektor Uversitas Sari Mulia serta Perwakilan Fakultas Keperawatan ULM.

Terkait kerjasama ini diharapkan pula nantinya akan diperluas dengan kerjasama di bidang pendidikan dengan bidang bisnis lainnya, terutama pelaku usaha di Banjarmasin.

“Karena itulah jika delegasi Jepang ini datang lagi ke Banjarmasin, saya ingin ada Bisnis Gathering para pengusaha dari Kalsel, baik yang terhimpun di Kadin maupun HIPMI serta organisasi profesi lainnya,” pungkasnya. (Olpah Sari Risanta).

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version