Duet Ivan Govinda dan Ibnu Sina Ramaikan Opening BSF

1

BSF Salah Satu Event Merawat dan Menjaga Warisan Luhur Nusantara

Banjarmasin – Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) memang tak salah kalau masuk kalender nasional Karisma Event Nusantara tahun 2023. Bagaimana tidak BSF menunjukkan eksistensi sebuah event berskala nasional dan mampu meramaikan sektor pariwisata nasional.

Hal ini terlihat dari Opening Ceremoni Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-7 tahun 2023 secara resmi dibuka oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, di Panggung Utama Siring Menara Pandang Banjarmasin, Jumat malam (10/03/2023). Panggung terapung dengan kerlap-kerlip cahaya di atas sungai Martapura, memberikan pembeda dengan event-event kebanyakan di tanah air.

Opening Ceremony BSF Ke-7 benar-benar mampu memukau pengunjung dan wisatawan, termasuk tamu spesial Staf Ahli Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Raden Kurleni Ukar.

Kemeriahan Opening Ceremony BSF Ke-7 sangat terasa saat berada di Water Front City Banjarmasin, dengan bagus Lighting Show, disusul penampilan apik Tarian adat “Barakat”. Bahkan Fashion Show bersama Fashion Desainer ternama, Ariy Arka,dengan sejumlah model memberikan warna-warni tersendiri, yang mentasbihkan bahwa BSF “Sudah pas masuk KEN”. Tampilan busana berbalut desain indah Sasirangan mengawali manisnya Banjarmasin Sasirangan Festival ke-7, yang juga disiarkan secara live streaming oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Puncaknya Gues Star “Ivan Govinda” mampu membuat pengunjung BSF terpukau lewat single hits. Penampilan artis ibukota memang cukup piawai menghidupkan malam indahnya BSF.Kemeriahan semakin terasa saat Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina duet dadakan dengan Ivan Govinda. Ibnu Sina yang dikenal menyukai lagu pop dan melayu ini, terlihat kompak melantunkan tembang indah “Mungkinkah” By Stinky. Tak hanya itu Istri Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin, Dr Hj Siti Wasilah dan Hj Hardiyanti Arifin Noor mampu mengimbangi suara emas Ivan Govinda.

 

Istri Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin, Dr Hj Siti Wasilah dan Hj Hardiyanti Arifin Noor turut memeriahkan Opening Ceremoni Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-7, berduet langsung dengan Ivan Govinda. (Foto-foto Istimewa).

 

“Ini benar-benar Opening Ceremoni yang is the best, tertata bagus untuk sebuah event nasional masuk Kalender Kharisma Event Nusantara di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dari tata lighting, rangkaian acara seremonial dan acara lainnya, sangat profesional untuk sebuah event berkelas.Tinggal kita menjaga dan merawat serta mempromosikan terus, menjadi sebuah event yang kelak mendulang kunjungan wisatawan ke Banjarmasin, selamat buat kawan-kawan di BSF,” tutur Pemerhati Pariwisata, Syahrianto Ruslan, kepada Economic Travelling.Com.

Sementara itu Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan terselenggaranya gelaran Banjarmasin Sasirangan Festival yang juga masuk dalam kalender nasional Karisma Event Nusantara tahun 2023 garapan Kemenparekraf RI.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Banjarmasin, kami menghaturkan terima kasih dengan terselenggaranya kembali Banjarmasin Sasirangan Festival dan tak terasa sudah tahun ke-7, terima kasih juga untuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Staf Ahli Reformasi Birokrasi dan  Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Ibu Raden Kurleni Ukar, serta Staff Ahli Gubernur Kalsel, Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ibu Husnul Khatimah, serta masyarakat Banjarmasin,” ujar Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina.

Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Raden Kurleni Ukar, mengungkapkan Kemenparekraf sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Banjarmasin, yang mampu menunjukkan sebuah kolaborasi bagus dengan terlaksananya Banjarmasin Sasirangan Festival ke-7. Hal ini semakin menguatkan dan menegaskan event ini pantas masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023.

“Kami tegaskan juga mengapa KEN 2023 ini menjadi sangat penting, karena ini merupakan program strategis Kemenparekraf yang berkolaborasi dengan seluruh Provinsi di Indonesia. Disatu sisi sebagai bagian dari pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis event pasca Pandemi Covid-19,”sebut Raden Kurleni Ukar yang dikenal juga pemegang gelar Master of Science in Biochemical Engineering dari University College London.

Karleni Ukar mengaku sangat terkesan dengan Banjarmasin Sasirangan Festival. Hal ini sangat bagus bagi sebuah daerah di nusantara untuk selalu merawat dan melestarikan warisan luhur sebuah bangsa, seperti halnya kain Sasirangan.

“Mencermati Sasirangan, ini merupakan kain tradisional masyarakat Banjar yang sangat khas penuh makna dan sarat budaya maupun tradisinya.Saya kira sudah sepantasnya kita bersama-sama merawat dan melestarikannya sebagai bagian dari identitas bangsa Indonesia,” ujar perempuan yang sebelumnya juga pernah berkecimpung di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).(Olpah Sari).

 

1 thought on “Duet Ivan Govinda dan Ibnu Sina Ramaikan Opening BSF

  1. Allhamdulillaah Banjarmasin semkin maju, smg rakyatnya tambah Makmur ,sejahteta dan sentosa kabul sgl hajat….Berkah Sasirangan , dgn ke pemimpinan yg Amanah…Aamiin ya Allaah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!