Setengah Abad PAM Bandarmasih,Air Mengalir Sampai Jauh

0

Banjarmasin – Tak terasa limapuluh tahun sudah usia perusahaan air minum milik Pemerintah Kota Banjarmasin. Setengah abad perjalanan sebagai pabrik penyuplai air bersih, PT Air Minum (PAM) Bandarmasih, tentu bukan waktu yang pendek mengantarnya sebagai perusahaan daerah ini semakin mapan dan survive.

Banyak catatan penting yang menghiasi pada perjalanan panjang hingga usia yang ke-50.Mulai penataan manajemen perusahaan, perbaikan kinerja karyawan, penyesuaian tarif,pipa-pipa yang semakin tua hingga berujung kebocoran dan terhentinya distribusi air bersih satu hari hingga beberapa hari. Di masa pandemi pun gara-gara kebocoran pipa utama, membuat satu pekan warga Banjarmasin harus prihatin dan sabar, air tak lagi mengalir pasca perbaikan pipa bocor.

Padahal ibarat larik lagu Begawan Solo “Air Mengalir Sampai Jauh” menjadi harapan warga Banjarmasin, yang selama ini belum teraliri dengan baik.Tak heran jika seorang Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Ir Yudha Achmady, mentargetkan di usia emas ini, mereka berusaha meningkatkan pelayanan distribusi air bersih, salah satunya kawasan Banjarmasin Barat.

“Tahun ini PT Air Minum (PAM) Banjarmasin sudah memasuki usia emas, seperti kata pak Walikota Banjarmasin, menyongsong PAM Bandarmasih Emas, kita diharapkan bisa menjadi perusahaan berskala nasional dan global. Salah satu menuju kesana adalah peningkatan pelayanan pendistribusiaan air bersih, ini harus sampai ke ujung-ujung atau pelosok. Tahun ini salah satu tahapan lagi adalah kita memasang pipa yang menuju ke kawasan Banjarmasin Barat.Ini masih proses perizinannya dan ini tahapan terakhirnya,” ungkap Yudha Achmady, di sela-sela syukuran HUT PT Air Minum (PAM) Bandarmasih Ke-50, di Aula PAM Bandarmasih, Kota Banjarmasin, Kamis (09/03/2023).

Yuda Achmady juga tak menampik jika pihaknya diminta lebih dinamis seiring era digitalisasi, memanfaatkan kemajuan teknologi dalam efesiensi pelayanan.Harapan pelayanan yang prima dan mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bukan sekedar lips servis, namun bisa diimplementasikan dengan baik dan profesionalisme.

“Hari ini kita juga sudah melaunching Banjarmasin Mobile yang sudah terkoneksi atau link dengan Banjarmasin Pintar, sehingga semua pelanggan kita bisa melihat nanti apa saja informasi-informasi tentang PT AM Bandarmasih.Tentunya ada beberapa fitur-fitur yang masih kita siapkan lagi,” katanya lagi.

 

Kerja keras Tim PT Air Minum (PAM) Bandarmasih, saat mem[erbaiki kebocoran pipa, yang membuat Direktur Utamanya turut turun ke lapangan, demi memberikan semangat tim-nya menyelesaikan tugas untuk kelancaran pelayanan terbaik distribusi air bersih.

Tak hanya warga Banjarmasin yang berharap banyak dengan perusahaan air minum terbaik ini.seorang Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menginginkan pada masa depan  PAM Bandarmasih dapat menjadi lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan sesuai dengan temanya, PAM Bandarmasih dapat berkilau seperti emas, dan dalam sisi perencanaan untuk teknisnya sudah mulai ada peningkatan,” harap H Ibnu Sina.

Terkait kinerja perusahaan air minum ini, Ibnu Sina membeberkan, sudah mulai mengalami pemulihan seperti sebelum masa pandemi.Tercatat peningkatan pelayanan salah satunya ada di laba, yang sudah mencapai Rp 22 Miliar.Melalui laba yang diperoleh ini bisa menambah pergantian pipa-pipa yang berumur.

“Semoga dengan laba seperti itu, kita bisa penuhi pipa-pipa yang sudah seharusnya diganti, dapat terlaksana, seperti komitmen PAM Bandarmasih sebelumnya. Kita akan benahi pipa yang ada di jalan A Yani sampai ke jalan Setoyo S, sehingga tidak akan ada kendala lagi untuk warga yang adai wilayah Banjarmasin Barat,” beber Walikota Banjarmasin.

Pemerintah Kota Banjarmasin sendiri menurut Ibnu Sina pun berharap dengan usia yang semakin matang, perusahaan sekaliber PT Air Minum Bandarmasih harus bisa memberikan pelayanan terbaik, terutama dari distribusi air bersih ke pelosok-pelosok, layaknya air mengalir sampai jauh.

“Artinya yang paling penting adalah bukan soal usia, tetapi harus memberikan layanan yang terbaik untuk warga Kota Banjarmasin, terutama untuk masalah pendistribusian air bersih secara terus menerus sampai ke ujung wilayah Kota Banjarmasin,” pungkasnya. (Ridzky Husna Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!