Bank Kalsel Bangkitkan Spirit UMKM Banua

0

Jakarta – Suksesnya sejumlah pelaku UMKM di Kalsel dalam mengembangkan usahanya tidak terlepas dari dukungan pemerintah, kalangan perbankan hingga masyarakat. Perbankan pun dianggap turut andil dalam mendongkrak kemajuan usaha-usaha rintisan yang dilakukan para UMKM.

Salah satu perbankan tersebut adalah Bank Kalsel. Melalui program CSR-nya Bank Kalsel telah banyak memberikan kontribusi nyata bagi mereka yang selama ini mengandalkan mata pencaharian dari sektor UMKM. Berkat sentuhan manajemen kebersamaan dan kepedulian dalam mendorong pelaku UMKM naik kelas, Bank Kalsel dinilai salah satu Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang mampu membangkitkan spirit UMKM Banua.

Setidaknya ini diungkapkan langsung seorang Muhammad Arifin, Founder Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar. Pria yang banyak menghabiskan waktunya membina masyarakat lewat warehouse dan pemanfaatan limbah-limbah menjadi cuan, mengaku terbantu dengan program-program CSR dari Bank Kalsel.

“Alhamdulillah, Bank Kalsel salah satu perbankan yang begitu concern memperhatikan kawan-kawan UMKM, seperti kami.Terus terang kami bersama kawan-kawan di dalam Rumah Kreatif dan Pintar, sangat terbantu dengan support yang diberikan Bank Kalsel,” cerita Arifin, saat bertemu Tim Economic Travelling.Com di Sarinah Thamrin, Jakarta, Minggu (26/02/2023).

Arifin pun mengungkapkan di saat kawan-kawan pelaku industri kreatif yg konsen dalam pemberdayaan masyarakat, kesulitan pasca pandemi , Bank Kalsel memberikan perhatian penuh.Salah satu perhatian itu adalah memberikan motivasi lewat sentuhan program berkelanjutan pengembangan UMKM.

“Ternyata Bank Kalsel hadir bukan hanya sebatas memberikan Support CSR, namun mampu menjawab keinginan dan aspirasi kami, yakni memberikan kebutuhan langsung dalam pengembangan kapasitas SDM masyarakat di rumah kreatif dan pintar seperti pelatihan dalam peningkatan kapasitas dan hal ini sudah terjalin sejak tahun lalu 2022. Alhamdulillah tahun 2023 Bank kalsel kembali memberikan kepercayaan dalam program lanjutan,” ujar Arifin sembari memperlihatkan sejumlah produk kepada pengunjung asal Jepang.

 

 

Rumah Kreatif dan Pintar sendiri, menurut Arifin, sangat mengapresiasi  Bank Kalsel dengan kerjasama yang selama ini terjalin sangat baik. Apalagi tak hanya  mensupport dalam program penguatan kapasitas SDM saja, namun Bank Kalsel juga membantu dari segi promosi-promosi serta akses permodalan.

“Jadi sebenarnya setiap kegiatan yang kita kerjasamakan, bukan hanya pada saat pelaksaan program , akan tetapi Bank kalsel juga turut serta membantu promosi, serta akses permodalan.Kita saksikan ketika ada event atau agenda penting lainnya, Bank Kalsel  selalu menyertakan produk-produk rumah kreatif dan pintar sebagai salah satu cendramata yang diberikan. Tak hanya itu  mereka juga sering visite ke workshop kami dalam rangka membina peningkatan kapasitas SDM, termasuk literasi keuangan,” sebut Arifin.

Terkait pembinaan yang semakin baik dan tersistem ini, Arifin pun berharap Bank Kalsel memberikan perhatian penuh juga bagi UMKM di daerah-daerah lainnya di Kalsel. Salah satunya melibatkan masyarakat dan pelestarian produk lokal yang bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya pelaku UMKM.

“Harapan kami di semua kantor cabang maupun kantor utama ada gallery hasil produk yang bisa dilihat langsung oleh nasabah maupun tamu-tamu yang berkunjung ke Bank Kalsel. Tentunya ini juga sangat membantu UMKM, lewat pembinaan sudah berjalan baik,” ucap Arifin. (Olpah Sari Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!