Kian Dekat Smart City,  Banjarmasin Siap Terapkan Aplikasi E-Surat

0

Kepala Diskominfotik, Windiasti Kartika S.T M.T memberikan arahan menggunakan aplikasi E-Surat kepada salah satu ASN Pemko Banjarmasin (Foto-Istimewa).

 

Banjarmasin – Pemerintah Kota Banjarmasin semakin serius mewujudkan Smart City (Kota Pintar). Terlebih Smart City adalah Program Prioritas Pemerintahan Ibnu Sina dan Arifin Noor.

Beragam upaya dilakukan untuk menuju Smart City. Salah satunya menyiapkan SDM pegawai yang mumpuni untuk mengawal program andalan kota seribu sungai.Para ASN ini disiapkan khusus untuk menerapkan Aplikasi E-Surat di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Sekedar diketahui E-Surat merupakan bagian dari sistem pengelolaan administrasi perkantoran yang biasa dikenal dengan istilah e-office. E-Surat dikhususkan untuk pengelolaan administrasi persuratan dilingkungan instansi seperti pemerintahan, kampus, perusahaan, yayasan, dan sebagainya.

Aplikasi persuratan adalah aplikasi yang berbentuk e-persuratan yang berbasis web dengan berbagai fitur di dalamnya dengan kemampuan mengarsipkan surat secara aman dan terpusat.

Salah satu langkah mewujudkan program yang dicanangkan pemerintah tersebut, Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas  Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin melaksanakan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi E-Surat di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Plh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto M.Pd dan dihadiri Kepala Diskominfotik, Windiasti Kartika S.T M.T, serta perwakilan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Plh Sekdako Banjarmasin mengatakan ada beberapa target dari Wali Kota Banjarmasin salah satunya menjadikan Banjarmasin sebagai Smart City.

“Target ini tentu akan menjadikan salah satu pemicu bagi kita untuk segera meningkatkan kegiatan yang mendukung di dalam pencapaian smart city . Kita akan lakukan uji coba dalam penggunaan Aplikasi ini dalam 2 minggu sampai satu bulan untuk mengevaluasi apakah E-Surat ini bisa digunakan serentak oleh seluruh SKPD di Pemerintah Kota,” ujar Totok Agus Daryanto, saat membuka Sosialisasi Penggunaan Aplikasi E-Surat di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin, Selasa (21/02/2023).

Melalui kegiatan tersebut Ia pun berharap agar kegiatan sosialisasi tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin agar dapat mendukung salah satu program prioritas Wali Kota yaitu Smart City,

“Saya harap bapak ibu bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan bisa membawa hasil pulang ke kantor masing-masing,”sambungnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfotik, Windiasti Kartika S.T M.T menyebutkan Aplikasi E-Surat telah dilaunching pada Agustus tahun 2022 kemarin dan banyak fitur yang dikembangkan sampai sekarang.

“Sebenarnya sudah kami kembangkan dan digunakan sejak agustus 2022 kemaren. Kemudian kita kembangkan dan tambahkan fitur-fitur lagi untuk bisa menyempurnakan aplikasi E-Surat ini,” sebutnya.

Menurut Windiasti Kartika fungsi Aplikasi E-surat sebagai pengelolaan surat internal serta bisa digunakan untuk berkirim surat antar sesama SKPD.

“Sampai hari ini baru tercatat 13 SKPD yang menggunakan aplikasi E-surat ini. Jadi, kedepannya seluruh SKPD diwajibkan untuk menggunakan aplikasi ini dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas di Pemko Banjarmasin sehingga bisa meningkatkan kinerja secara keseluruhan,”imbuhnya. (Ridzky Husna Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!