Saatnya Mengunjungi Perpustakaan “Ramah Anak”  BI Kalsel

0

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti bercanda dan bernyanyi bersama anak-anak Taman Kanak-Kanak sebelum meresmikan Reopening Perpustakaan Bank Indonesia Perwakilan Kalsel.

 

Banjarmasin – Selama ini perpustakaan itu kesannya hanya untuk orang dewasa semata. Dulu perpustakaan juga identik sebagai tempat anak muda yang suka membaca saja. Padahal sesungguhnya perpustakaan bisa dimanfaatkan untuk semua kalangan usia, termasuk anak-anak yang ingin belajar apa saja.

Namun sekarang perpustakaan mulai tumbuh dengan wajah baru, desain baru dan pengelolaan baru, terlebih juga memanfaatkan kemajuan teknologi digitalisasi. Setidaknya potret perpustakaan itu terlihat dari perpustakaan milik Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan.

Tidak seperti perpustakaan kebanyakan, perpustakaan ini berada di lantai 4 perkantoran Bank Indonesia Kalimantan Selatan. Tak terbayangkan di samping ruangan pegawai bank beraktivitas dengan segala kesibukan, terdapat perpustakaan kekini-kinian. Memasuki ruangan yang dipenuhi koleksi buku bacaan berbau ekonomi dan edukatif, seakan membawa pengunjung ke nuansa berbeda sebuah perpustakaan modern.

“Seperti berada di ruangan lain yang nyaman dan sedikit ada city tour office.Tempatnya keren dan nyaman dengan tata futuristik,menandakan perpustakaan bukan sekedar tempat membaca saja, namun juga menawarkan ruangan yang ikonik dengan menggunakan teknologi sensor lampu, karena kalau sedikit orang cahaya berbeda dengan yang banyak orang,” tutur Lia, salah seorang Dosen yang mengunjungi Perpustakaan Bank Indonesia yang baru Reopening, Senin (20/02/2023).

Ya, perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Kalimantan Selatan resmi dibuka kembali untuk umum pada Senin (20/02/2023). Seremoni pembukaan kembali perpustakaan bertema “Bright Future with Literacy Culture” ini dipimpin langsung oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti. Sebelumnya selama dua tahun perpustakaan ini ditutup karena pandemi Covid-19.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti pun dibuat terkagum-kagum dengan suasana yang ada di perpustakaan ini. Terlebih dari beberapa kantor perwakilan Bank Indonesia, hanya di Banjarmasin menurutnya yang komplet dan kekini-kinian. Apalagi perpustakaan ini ramah anak dan ada ruangan khusus yang diberi nama Papuyu (Perpustakaan Punya Yunior).

“Saya mengapresiasi sekali, kalau boleh dibilang dari seluruh perpustakaan yang ada di kantor perwakilan Bank Indonesia, di Banjarmasin paling bagus dan satu-satunya yang ramah anak. Karena membuka ruang khusus untuk anak-anak, tadi saya lihat ada ruangan Papuyu (Perpustakaan Punya Yunior).Sangat Bagus untuk literasi bagi anak usia dini dan generasi muda.Karena Bank Indonesia senantiasa menaruh perhatian besar pada program pengembangan ekonomi,” ujar Destry Damayanti, disela-sela Reopening perpustakaan Bank Indonesia Perwakilan Kalsel, Senin (20/02/2023).

DGS (Deputi Gubernur Senior) Bank Indonesia sangat menyambut baik pembukaan kembali perpustakaan KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan untuk umum, sehingga anak-anak dan generasi muda, khususnya di Kalimantan Selatan, dapat mengakses bacaan bermutu sebagai jendela ilmu untuk meningkatkan kualitas sumber daya bangsa.

“Anak-anak ini nantinya akan tumbuh besar dan menjadi generasi penerus bangsa, sehingga minat baca dan rasa cinta terhadap dunia literasi perlu ditumbuhkan sejak dini,” tambah Destry.

Bahkan Destry dibuat terkesan dengan suasana penyambutan para tamu, termasuk dirinya yang mengunjungi langsung perpustakaan yang termasuk sebagai perpustakaan ramah anak.

“Saya senang ketika sampai di sini, langsung disambut nyanyian puluhan murid PAUD Insan Azkia. Itu tanda semangat dan minat literasi di Kalimantan Selatan sudah tumbuh membara sejak usia muda,” kata Destry.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyu Pratomo, juga menjelaskan koleksi perpustakaan tidak hanya dapat diakses secara fisik, tetapi juga secara digital lewat fitur e-Jukung (Elektronik Jelajah Pustaka Unggulan) dengan akses tautan www.e-jukung.com.

“Kami punya 4.266 koleksi judul bacaan, terdiri dari buku ekonomi, manajemen, hukum, fiksi, ilmu pengetahuan, sejarah, non-fiksi, surat kabar dan majalah, serta publikasi Bank Indonesia,” jelas Wahyu.

Wahyu juga mengajak masyarakat Kalimantan Selatan agar tidak ragu mengunjungi perpustakaan seluas 239 m2 ini, karena didukung oleh tempat baca yang nyaman dan kekinian, serta fitur penerangan bersensor untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan.

Perpustakaan KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan dibuka untuk umum setiap hari kerja, mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WITA. Setiap aktivitas perpustakaan dapat dipantau melalui akun Instagram @perpustakaan_bikalsel dan YouTube: Perpustakaan BI Kalsel. (Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!