Program Kelas Internasional Bakal Digelar di Fakultas Hukum Uniska

0

Dekan Fakultas Hukum Uniska Dr Afif Khalid, S.H.I., S.H., M.H. (baju hitam) bersama salah satu koleganya. (Foto-Istimewa).

 

Banjarmasin – Minat masyarakat khususnya generasi muda berkuliah di Uniska Banjarmasin terbilang tinggi. Terbukti setiap masa pendaftaran Uniska salah satu perguruan tinggi swasata yang paling banyak diserbu calon mahasiswa baru.

Dan salah satu Prodi yang diminati adalah Prodi Hukum. Fakultas Hukum ini menjadi salah satu fakultas yang paling banyak diminati selain Fakultas Ekonomi.Hal ini diungkapkan Dekan Fakultas Hukum Uniska Dr Afif Khalid, S.H.I., S.H., M.H., kepada sejumlah awak media di Banjarmasin, Senin (06/07/2023).

“Alhamdulillah dalam kegiatan pendaftaran, dari 1.250 setelah dilakukan seleksi, terjaring 850 orang jumlah ini merupakan terbanyak se Kalimantan,” ujar Afif Khalid.

Afif Khalid sendiri merasa bersyukur, Fakultas Hukum Uniska menjadi salah satu yang diminati kalangan anak muda untuk belajar hukum. Tren ini selalu terjaga di setiap kegiatan penerimaan Mahasiswa baru Uniska.

Uniska yang masuk dalam Liga Satu karena memiliki Mahasiswa lebih dari 15 ribu orang, dengan ketentuan Dirjen Dikti harus berfokus pada kegiatan Internasional, maka menetapkan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum untuk melaksanakan Kelas Internasional. Karena dua Fakultas ini dinilai memiliki Sumber Daya Manusia yang dapat melaksanakan program tersebut.

“ Kelas Internasional adalah Kelas Unggulan yang harus memiliki pembeda, sehingga tidak hanya baik dalam kuantitas, tapi juga dalam hal kualitasnya. Saya kemarin dengan Rektor berkomitmen, bahwa kami tidak hanya menunjukkan dari segi kuantitas. Tapi juga dari segi kualitas. Kami sudah menjalin kerjasama dengan Malaysia. Mudah-mudahan Semester Genap ini sudah bisa melaksanakan,” ungkap Afif,” terang Dekan yang dikenal dekat dengan awak media.

Meskipun begitu Alif menyebut tantangan dalam membuat Kelas Internasional adalah kemampuan merekrut Mahasiswa dengan potensi tingkat Bahasa Asing seperti Bahasa Inggris.

“Bagaimana kita menjaring Mahasiswa dengan potensi tingkat Bahasa Asing, yang kita utamakan dulu Bahasa Inggris, karena itu Bahasa Internasional yang dipergunakan di seluruh dunia,” sebutnya lagi.

Lebih jauh Alif membeberkan di seluruh Indonesia hanya ada beberapa PTN dan PTS yang melaksanakan Kelas Internasional. Jika ini bisa terlaksana, maka Fakultas Hukum Uniska satu-satunya di Kalimantan yang bisa melaksanakan ini.

“Jadi pihaknya tidak ada yang berat. Cuma harus dilakukan dengan seleksi yang betul-betul. Namun pihaknya bertekad menempatkan kuantitas seimbang dengan kualitas,” ujarnya menutup pembicaraan. (Ridzky Husna Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!