Program Bahuma Diapresiasi Menteri Koperasi dan UMKM

0

Foto - Istimewa

Walikota Banjarmasin Siap Dorong Sektor Baru Selain Kuliner

Banjarmasin –  Masih ingat Program Bahuma ?  Program rintisan Pemerintah Kota Banjarmasin sejak tahun 2017 dinilai sebagai salah satu program yang bisa menambah presentasi kewirausahaan. Program Bahuma atau Bausaha Tanpa Bunga.

Bahkan Menteri Koperasi dan UMKM RI, Teten Masduki, pun mengapresiasi program unggulan “Bahuma” dalam upaya mendorong pertumbuhan positif Wira Usaha Baru dan menyumbang penyerapan tenaga kerja di Kota Banjarmasin.Program ini pun diharapkan bisa dikembangkan lebih luas lagi.

“Kami mengapresiasi Program Bahuma yang sejalan dengan program pemerintah pusat untuk menambah persentase kewirausahaan yang saat ini baru tercapai hanya 3,47 persen. Target di 2024 sebesar 4 persen,” ungkap Teten Masduki, saat hadir dalam Seminar Peluang dan Usaha, di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin,  Selasa (31/01/2023).

Pada seminar yang membahas banyak mengenai Kawal Inkubator pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Banjarmasin, Teten Masduki program pemerintah mendorong pertumbuhan Wira Usaha Baru Ini adalah bagian dari penyiapan Indonesia menjadi negara maju.“Meskipun kami perlu ingatkan agar setiap daerah perlu memiliki keunggulan domestik yang bisa mendorong pengembangan daerah.Seperti halnya yang dilakukan Pemko Banjarmasin yang menjalankan Program Bahuma.Ouputnya sangat bagus.Hanya saja yang perlu ditonjolkan adalah keunggulan dari hasil produk domestiknya,” katanya.

Teten sendiri berharap potensi-potensi pasar bisa diambil para Wira Usaha Baru dan UMKM.Terlebih sekarang produk UMKM sudah bisa menguasai market dalam negeri yang digerakan para anak muda.Karena itulah ia mengingatkan jangan sampai potensi pasar besar dikuasai produk luar negeri.

Program Bahuma sendiri merupakan kolaborasi Pemko Banjarmasin dengan Bank Kalsel dalam membantu para UMKM di Kota Seribu Sungai untuk mendapatkan pinjaman tanpa bunga.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina kepada awak media, mengatakan masukan yang disampaikan Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, sendiri sangat baik.Tentunya hal ini menjadi evaluasi juga bagi Pemerintah Kota Banjarmasin dalam mendorong peningkatan Wira Usaha Baru dan Program Bahuma.

“Harapan ke depan  kita tidak hanya fokus pada sektor kuliner saja, namun sektor lain juga kita dorong bersama-sama.Mudah-mudahan apa yang kita rintis bersama sejak tahun 2017, seperti Inkubasi Bisnid dan WUB bisa meningkat.Evaluasi perlu juga dilakukan dalam upaya percepatan program mencetak Wira Usaha Baru,” ujar Ibnu Sina.(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!