Program B’babasah Cara Smart Ajak Warga Babarasih

0

Foto - Istimewa

Banjarmasin – Pemerintah Kota Banjarmasin di bawah kepemimpinan duet pasangan H.Ibnu Sina dan HM Arifin, tak pernah kering dengan ide segar. Sejumlah program smart dan membangkitkan semangat terus digulirkan dari waktu ke waktu. Hal ini menandakan keseriusaan pemerintahan Ibnu Sina-Arifin menata kota dan membangun kota yang tidak setengah-setengah, termasuk mengatasi permasalahan yang kerap mendera kota Banjarmasin.

Salah satu program fenomenal adalah B’babasah. Sebuah program unik yang digagas Pemerintah Kota Banjarmasin, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Program ini pun Soft Opening Germas 100ribu B’babasah (Gerakan Masyarakat Bawah Barumahan Barasih Sampah Dengan Target 100ribu Kolong Rumah), di Siring Depan Balai Kota Banjarmasin, Selasa (24/01/23).

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyatakan kegiatan Soft Soft Opening untuk Germas (Gerakan Masyarakat) 100ribu B’babasah bawah barumahan barasih sampah atau 100ribu bawah kolong rumah, adalah salah satu upaya dan ikhtiar dalam rangka membersihkan Banjarmasin. Sasaran pertama adalah sampah-sampah yang berada di kolong rumah.

“Harapan kita dengan gerakan ini, setengah dari jumlah rumah yang ada di Kota Banjarmasin harus bersih dari sampah dibawah kolong rumahnya.”Kami berharap upaya ini jangan tanggung-tanggung 100 ribu ini, kita sering juga melihat di sungai-sungai rumah pinggir sungai itu rigat banar,” ujarnya mengajak masyarakat untuk memasifkan kebersihan lingkungan pemukiman.

Harapan menjadikan kota semakin bersih butuh perjuangan dan kerja keras. Salah satunya adalah mengubah perilaku masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan kolong rumah.Karena gerakan sendiri bersifat ajak yang bisa merubah kebiasaan tak sehat.

“Dengan program smart yang digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin,mudah-mudahan menjadi bersih, tambah sehat warga kita, kualitas alam tambah sehat .Tak kalah penting adalah kehidupan warga tambah sehat sehingga mengurangi angka kesakitan,” sambung Ibnu Sina.

Pada kesempatan itu juga H Ibnu Sina juga menyerahkan secara simbolis mobil operasional angkutan sampah (pick up dum) pengadaan tahun 2022 yang diberikan kepada masing-masing Kecamatan. Keberadaan mobil operasional angkutan sampah tersebut, diharapkan menjadi suplemen penyemangat mulai para Camat, Lurah, Dinas terkait dan didukung RT RW bisa melaksanakan gerakan kebersihan disetiap akhir pekan dengan gembira dan kebersamaan. (Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version