Mars Bergerak Selaras Semangat Filosofi PMI

0

Banjarmasin– Ada yang berbeda dari suasana pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kalsel Periode 2022-2027, yang berlangsung di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu siang (18/01/2023). Ketua PMI Pusat H.Jusuf Kalla pun langsung memuji lagu Mars Bergerak yang menjadi salah satu lagu wajib dalam acara resmi dan event yang diselenggarakan di Kalimantan Selatan.
Mars Bergerak yang diciptakan khusus Paman Birin, Gubernur Kalsel ini dinilai selaras dengan semangat Palang Merah Indonesia. Hal ini disampaikan langsung Wakil Presiden yang sempat berpasangan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi), saat memberikan arahan kepada Pengurus dan keluarga besar PMI di Banjarmasin.

“Bergerak Berjuang Gelorakan Rakyat itu senafas dengan PMI. Mars Bergerak sama prinsipnya dengan yang dilakukan PMI.Maknanya dalam dan prinsipnya sama dengan PMI.Ini Mars yang bagus diciptakan seorang Gubernur, membangkitkan semangat untuk berjuang di bidang kemanusiaan,” kata Jusuf Kalla sembari melirik Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor yang didampingi Ketua PMI Kalsel, Iskandar Sukma Alamsyah.
Jusuf Kalla juga menceritakan bagaimana semangat relawan-relawan yang luar biasa dalam berbagai kondisi bencana. Jika terjadi suatu bencana, semangat luar biasa ditunjukkan masyarakat dengan membawa simbol lembaga, organisasi, termasuk bendera-bendera.Satu minggu pasca bencana simbol dan bendera-bendera organisasi pun satu persatu dicabut seiring pulangnya para relawan dari berbagai organisasi dan lembaga.
“Namun justru PMI, TNI-Polri masih bertahan hingga berbulan-bulan berada di lokasi bencana menemani masyarakat yang tertimpa bencana. Salah satunya gempa di Cianjur Jawa Barat, mereka tetap bertahan di sana sampai kini. Kita apresiasi PMI dan TNI-Polri untuk kemanusiaan,” ujar Jusuf Kalla.

Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor, sangat mengapresiasi dengan Palang Merah Indonesia. Semangat dan etos kerja relawan PMI tidak diragukan lagi, karena itulah pihaknya terus menjalin kerjasama yang sudah berjalan baik, terutama dalam penanggulangan bencana.

“Kita tidak meragukan bagaimana semangatnya PMI terutama relawan-relawannya siang dan malam hadir, bergerak membantu sesama.Karena itulah kita bersama-sama terus bersinergi di mana pun dan kapan pun untuk kemanusiaan,” ucap Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!