Nurul dan Anton-Ismed  Bersaing Ketat Menuju Kursi Ketua HPI Kalsel 

0

 

Banjarmasin –  Organisasi kepariwisataan di Kalsel terus bergerak dalam suksesi kepemimpinan. Setelah ASITA yang menempatkan HJ Dewi Restina SE sebagai pucuk pimpinan tertinggi di Kalsel, kini Giliran HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Kalsel yang mencari Ketua baru.

Organisasi yang merupakan himpunan para guide tengah mencari sosok tangguh dan kreatif untuk menduduki kursi nomor satu HPI Kalsel. Seperti halnya bursa ketua organisasi kebanyakan lainnya, perebutan orang nomor satu memimpin HPI pun tak kalah sengit layaknya kompetisi pemilihan kepala daerah. Kali ini sejumlah kandidat mun bermunculan meramaikan Musyawarah Daerah (Musda) HPI Kalsel di Banjarmasin.

Sebut saja Ismed Inono BA, guide senior yang dikenal memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan Spanyol serta Jerman.Pria yang sempat mengikuti sejumlah training skala nasional bakal mendapat pesaing kuat yang tak kalah mentereng dari segi kemampuan berbahasa asing, Antonius Panggabean. Pria jebolan D3 Bahasa Jerman IKIP Medan, salah satu kandidat yang meramaikan bursa Ketua HPI Kalsel.

“Alhamdulillah ini menjadi momen baik bagi kita semua untuk menyambut era baru pariwisata Indonesia khususnya di Banua.Tentunya peran guide atau pemandu wisata menjadi bagian tak terpisahkan dari industri pariwisata.Insya Allah jika memang dihendaki kawan-kawan semua, saya akan maju untuk menjadi Ketua HPI,”ujar  Ismed, yang diamini sejumlah rekannya, Senin sore (16/01/2023).

 

Guide Senior Ismed siap bersaing menuju kursi Ketua HPI Kalsel. Berbekal pengalaman dan kemampuan menjadi Guide kawakan, membuat pria fasih berbahasa Spanyol ini optimis bisa mewujudkan impiannya.

 

Hal senada juga diungkapkan Bang Anton, begitu panggilan akrab pria yang suka memasak kuliner ikan bakar.Dirinya siap mencalonkan diri dan siap bersaing menjadi pemimpin organisasi pemandu wisata, karena semata-mata berniat ingin membawa perubahan bagi kesejahteraan dan kualitas para guide di Kalsel.Meskipun diakui pesaingnya cukup kuat, dirinya optimis mampu memberikan yang terbaik dalam Musda HPI Kalsel 2023.

“Indonesia itu indah penuh warna-warni.Demikian pula dengan orang-orang di HPI, meskipun warna-warni itu justru mempersatukan kita.Karena itulah misi saya sederhana, sejahterakan anggota dan tingkatkan kualitas SDM para pemandu wisata, semoga kawan-kawan berkenan untuk mendukung saya,” ucap Anton, yang dikenal sangat fasih bahasa Jerman dan Inggris.

 

Antonius Panggabean, salah satu kandidat Ketua HPI Kalsel yang meramaikan Bursa Ketua HPI pada Musda HPI Kalsel 2023.

 

Di tengah gegap gempita persaingan dua guide berpengalaman, sosok perempuan bernama Nurul Hidayah menjadikan persaingan kursi HPI “Satu” semakin panas.Dipastikan kehadiran guide yang akrab dipanggil Acil ini memberikan warna tersendiri bagi terlahirnya pemimpin baru Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalsel.

Bagi sejumlah industri pariwisata Kalsel dan nasional, sosok perempuan berdarah Tapin tidak diragukan lagi kiprahnya. Ia kerap wara-wiri ke sejumlah kota di Indonesia untuk membawa wisatawan mancanegara.Acil Nurul pun belakangan disibukan dengan rutinitas sebagai guide yang harus berada dari kota satu ke kota lainnya dalam menjalankan tugas secara profesional.

“Insya Allah mohon doanya kawan-kawan semua,ulun akan membawa perubahan bagi pramuwisata atau guide dengan program-program yang bisa meningkatkan keterampilan, networking yang luas, menjalin kerjasama lintas sektoral termasuk menghidupkan organisasi yang mandiri dan bisa mensejahterakan anggotanya.Yang terpenting bagaimana momen kebangkitan pariwisata pasca pandemi, memberikan kebaikan bagi kita semua khususnya pelaku pariwisata,” terang Nurul yang baru saja mendarat usai bertugas dari Bali, kepada sejumlah awak media, Senin petang (16/01/2023).

Musyawarah Daerah (Musda) HPI Kalsel 2023 sendiri akan dibuka langsung Ketua DPP HPI Imam Widodo, Selasa (17/01/2023).Sejumlah persiapan pun dilakukan Panitia Pelaksana untuk mensukseskan penyelenggaraan yang dihadiri ratusan guide dari berbagai kota di Kalimantan Selatan.

“Memang ada tiga kandidat yang masuk ke panitia sementara ini, tentunya ini semakin meramaikan Musda HPI Kalsel sendiri. Apalagi Musda pada hari Selasa akan dihadiri langsung Mas Imam Widodo selaku Ketua DPP HPI Imam Widodo.Harapan kita semua selain muncul figur baru pemimpin HPI Kalsel, dalam Musda ini juga akan dihasilkan sejumlah rumusan-rumusan yang memberikan kebaikan bagi anggota dan organisasi, termasuk program-program kerja yang terarah dan selaras dengan program pemerintah,” terang Syamsudin, panitia Musda HPI Kalsel kepada sejumlah media di Banjarmasin. (Olpah Sari Risanta).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!