Dukung Pengembangan Desa, Arutmin Masuk Nominasi Ajang CSR Dan PDB 2023

0

Jakarta – Kiprah PT Arutmin Indonesia NPLCT mengembangkan potensi lingkungan dan masyarakat sekitar usaha bisnisnya menuai apresiasi. Melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat bidang pariwisata dan pedesaaan, PT Arutmin Indonesia NPLCT masuk nominasi sebagai salah satu perusahaan pertambangan dalam ajang CSR dan Pengembangan  Desa Berkelanjutan Awards 2023.Ajang bergengsi CSR dan Pengembangan  Desa Berkelanjutan Awards 2023 sendiri digelar Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) kerjasama dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF).Ini merupakan ajang kedua untuk menjaring sejumlah perusahaan, BUMN, swasta dan yayasan yang berkontribusi besar bagi pengembangan desa.

Untuk menuju anugerah Gold pada ajang ini, Tim Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru pun menjalani serangkaian tahapan dengan ketat. Meskipun begitu dalam presentasi yang dihadapan tiga juri penilai seperti Sonny Sukada (ISSF), Nasirudin (Kemendes), tim yang dimotori Superintendent PT Arutmin Indonesia NPLCT Eko Pribadi mampu paparan terbaiknya, sehingga membuat para juri terkesan.

 

 

Dalam presentasinya secara online, Eko Pribadi memaparkan dengan lugas sejumlah program yang dilakukan PT Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru, dalam upaya mengembangkan pembangunan desa yang berada dalam lingkaran wilayah usaha mereka. Meskipun  NPLCT ( North Pulau Laut Coal Terminal ) merupakan Terminal khusus. Batubara dalam pengoperasian dan targetnya adalah produksi atau pengapalan, namun perusahaan mereka tetap konsen memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan dan mendorong peningkatan kesejahteraan desa melalui sejumlah program edukasi dan pembinaan.

“Salah satunya kami mendorong potensi-potensi alam untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata, termasuk menjaga kelestarian hayati, seperti terumbu karang, Bukit Mamake dan Bapake sebagai wisata alam dan sport tourism,” terang Eko Pribadi, dalam presentasi CSR dan Pengembangan  Desa Berkelanjutan Awards 2023, Selasa (10/11/2022).

 

 

Disebutkan Eko,Upaya mendukung pengembangan desa melalui kepariwisataan dan Bumdes, pihaknya berharap menjadi motivasi bagus untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat khususnya di kawasan Sarang Tiung, Pulau Laut Sigam, Kotabaru.Karena itulah pemberdayaan masyarakat pesisir dan perkotaan terus dilakukan dengan program CSR yang dilakukan Arutmin NPLCT Kotabaru.

“Salah satu keinginan kami adalah pariwisata Kotabaru yang semakin berkembang, UMKM yang kian meningkat dari segi produktivitas dan kualitas, yang diharapkan berdampak positif untuk kesejahteraan masyarakat serta perekonomian Kotabaru, yang dimulai pergerakannya dari kampung atau desa,Ini merupakan usaha kolaborasi kita bersama,-” ujar Eko, yang menyebutkan pula hal ini selaras dengan visi perusahaan berdayanya masyarakat lingkar tambang menjadi mandiri dan sejahtera.

 

 

Sonny Sukada salah satu juri dari Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) sangat mengapresiasi langkah-langkah dan program yang dilakukan oleh PT Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru dalam mendorong pembangunan pedesaan melalui pemberdayaan masyarakat yang terprogram dan terencana dengan baik. Meskipun begitu dirinya mengingatkan komitmen ini harus mampu mendorong semangat masyarakat secara luas membangun Kotabaru, melalui potensi-potensi yang dimiliki.

“Saya berharap sektor pariwisata di Kotabaru ini menjadi spirit berkelanjutan.Meskipun begitu harus diukur pula apakah program wisata berkelanjutan ini dari sisi kualitas atau kuantitas.Disamping itu harus diukur berapa lama wisatawan itu bisa tinggal  serta pengeluarannya di Kotabaru. Yang tak kalah penting adalah tantangan sebuah destinasi wisata itu adalah pengelolaan sampah.ini menjadi perhatian bersama. Kami apresiasi perjuanganuntuk Pa Eko Pribadi dkk,”Kata Sonny Sukada.

Sementara itu Pemerhati Pariwisata dan Media, Muhammad Risanta, menilai apa yang dilakukan PT Arutmin Indonesia, termasuk salah satu koorporasi yang begitu getol mendorong perubahan-perubahan bagi masyarakat di lingkaran usaha mereka. Salah satunya adalah perusahaan ini pionir dalam pengembangan sektor pariwisata dan UMKM.

“Dari berbagai koorporasi kami menilai kawan-kawan di Arutmin ini sangat konsen bagaimana memberikan nilai plus bagi masyarakat untuk menjadi masyarakat mandiri dan sejahtera, salah satunya pengembangan kawasan desa menjadi destinasi wisata , serta membangkitkan spirit luar biasa untuk UMKM.Hal ini selaras sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Kotabaru dibawah kepemimpinan H.Sayyed Jafar Alydrus,” puji Risanta, yang juga Ahli Pers Dewan Pers dan wartawan senior Transmedia Grup.

Risanta pun berharap dalam ajang CSR dan Pengembangan  Desa Berkelanjutan Awards 2023, Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru bisa meraih penghargaan. Meskipun sejatinya apa yang dilakukan Arutmin NPLCT Kotabaru dibawah kepemimpinan Ahmad Juaeni dalam peran aktifnya mengembangkan desa menuju kemandirian semata-mata adalah niat baik yang bisa memberikan yang terbaik untuk Kotabaru, bukan mengejar gelar semata. (Olpah Sari Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!