Stunting Turun Bupati Balangan Naikkan Insentif Kader KB Tiga Kali Lipat

0

Paringin – Sempat dibuat malu dengan daerah tertinggi angka stunting se-Kalsel, Kabupaten Balangan harus kerja keras menangani kasus fenomena ini. Hasilnya secara mengejutkan Kabupaten yang dipimpin Bupati H.Abdul Hadi berhasil menurunkan drastis angka stunting, dari 52 persen menjadi 32 persen.

Atas keberhasilan ini Pemerintah Kabupaten Balangan memberikan apresiasi khusus kepada para kader kesehatan dan KB. Alasannya para kader inilah orang terdepan yang mampu mengubah mindset masyarakat di Balangan untuk menerapkan perilaku hidup sehat dan memberikan motivasi kepada orangtua pentingnya memberikan asupan gizi kepada anak balitanya.

 

 

Bupati Balangan H.Abdul Hadi mengatakan akan menaikkan insentif para kader kesehatan dan KB menjadi tiga kali lipat.Bahkan Bupati akan menambah lagi kelipatan insentifnya jika Balangan berhasil menurunkan lagi angka stunting menjadi 20 persen.

“Atas penurunan angka stunting dari 52 persen menjadi 32 persen, kami akan menaikkan insentif kader menjadi 3 kali lipat. Dan akan ditambah menjadi 4 kali lipat jika angka stunting bisa diturunkan menjadi 20 persen. Insya Allah akan kita anggarkan tahun 2023 mendatang,” ujar Bupati Balangan H.Abdul Hadi, yang disambut aplus ratusan kader kesehatan dan KB, di acara Peluncuran Kampung KB dan Pengukuhan Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting di Kabupaten Balangan, Kamis (27/10/2022).

Terkait upaya penurunan angka stunting selanjutnya, Abdul Hadi pun berharap semua pihak terus meningkat sinergisitas dan bersama-sama menangani kasus stunting di Balangan. Karena itu pula dirinya telah meminta  semua camat dan dinas pemberdayaan masyarakat desa untuk mereview atau mengasestensi supaya alokasi dana desa (ADD) yang bagian dari pada 10 persen dari APBD juga menganggarkan untuk penurunan stunting di semua desa di Kabupaten Balangan.

 

 

Kenaikan honor atau insentif kader kesehatan dan KB ini disambut gembira sejumlah kader.Meskipun apa yang mereka lakukan adalah sebuah pengabdian, namun mereka mengapresiasi langkah Bupati Balangan yang juga memperhatikan kenaikan honor para kader kesehatan dan KB yang tersebar di sejumlah kawasan dan pelosok desa di Balangan.

 “Kami sangat berterima kasih ada perhatian khusus Bapak Bupati Balangan kepada para kader.Tentunya hal ini kabar menggembrakan bagi kami semua.Meskipun apa yang kami lakukan adalah sebuah pengabdian yang tulus untuk kepentingan orang banyak,” ucap Siska salah seorang kader kesehatan dan KB.

Sementara untuk mempercepat penanganan kasus stunting, Bupati, Pejabat Forkompimda, pimpinan perusahaan dikukuhkan menjadi Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting di Kabupaten Balangan, Kamis (27/10/2022).Pengukuhan sendiri dikemas dalam bentuk temu kader KB se-Kabupaten Balangan yang dilaksanakan di Aula Mayang Maurai ini, selain dari launching bapak dan ibu asuh anak stunting, juga diadakan launching 27 kampung Keluarga Berkualitas (KB).(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!