Jalan Rumah Kreatif dan Pintar Terbuka Lebar di Sarinah Jakarta

0

 Jakarta – Tak hanya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dan program Kick Andy, yang memberikan perhatian, PT Sarinah (persero) pun mengapreasiasi Rumah Kreatif dan Pintar asal Banjarmasin. Wadah berkarya dan berekspresi anak muda dan milenial berkebutuhan khusus serta masyarakat , yang dikelola M.Arifin, kini mendapat tempat di hati BUMN yang bergerak di sektor ritel turut mendukung produk UMKM lokal unggulan untuk dipasarkan baik secara nasional maupun internasional.

Belakangan ini sejumlah produk kelompok masyarakat di Rumah Kreatif dan Pintar terpajang rapi di etalase Sarinah. Produk fesyen dan kriya nuansa etnik asal Kalimantan Selatan berderet rapi di antara puluhan produk lainnya dari berbagai kota di nusantara.Alhasil respon pasar dan pengunjung Sarinah kawasan M.H.Thamrin, Jakarta Pusat, terbilang tinggi. Terbukti setiap pekan Rumah Kreatif dan Pintar selalu menyuplai produk limited edition terbarunya.

“Alhamdulillah respon dan kepercayaan konsumen akan produk-produk lokal yang dikembangkan Rumah Kreatif dan Pintar sangat baik. Kami pun setiap saat harus bisa memenuhi pesanan di Sarinah. Semua produk yg dihasilkan oleh kelompok masyarakat di rumah kreatif dan pintar bidang fesyen dan kriya nuansa etnik dikerjasamakan untuk dijiual di gerai Sarinah bandara Syamsudinnor dan juga Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat,” terang M.Arifin, saat menemani Tim Economic Travelling.Com, mengelilingi Sarinah, di kawasan M.H.Thamrin, Jakarta, Minggu (4/9/2022).

 

 

Terbukannya jalan bagi produk-produk fesyen dan Griya asal Kalimantan Selatan melalui Rumah Kreatif dan Pintar, membuka peluang juga bagi pengrajin dan wirausaha lainnya untuk mengembangkan diri. Arifin pun tetap memberikan support bagi kelompok masyarakat untuk berkarya dan berekpresi melalui karya-karya seni mereka, yang mengangkat kearifan lokal.Ia pun ingin semua produk asal Banua bisa menembus nasional dan internasional.Tentunya hal itu butuh kerja keras,hubungan baik relasi dan kemampuan membaca peluang pasar.

“Yang kita tonjolkan adalah kepercayaan dan kualitas produk.Karena untuk masuk ritel sekelas Sarinah, memang benar-benar produk yang terjaga kualitas dan kontinuitas produknya.Alhamdulillah dengan merawat kepercayaan dan tetap menjaga kualitas, konsumen tetap memilih dan percaya produk-produk kita,” ujar Arifin sembari memberikan semangat.

 

 

Pada mulanya Arifin tidak mengira tren permintaan akan produk fesyen dan kriya yang dibuat dari tangan-tangan terampil di Rumah Kreatif dan Pintar, terus menaik. Terbukti sejak kepercayaan dan produk yang berkualitas diberikan kepada konsumen, ternyata permintaan pasar melalui Sarinah terjadi peningkatan antara 300%-500% setiap bulannya.

Saat berada di Jakarta, Tim yang dibawa Arifin pun spontan melakukan demontrasi pembuatan anyaman purun dan kerajinan tas Kalimantan Selatan.Kehadiran mereka pun mendapat perhatian pengunjung yang memadati Sarinah. Sejumlah pengunjung tidak henti-hentinya menyaksikan dari dekat aksi Tim Rumah Kreatif dan Pintar asal Banjarmasin memperagakan membuat anyaman yang menarik dan menjadi produk berkelas.

PT Sarinah (Persero) sebagai BUMN yang bergerak di sektor ritel turut mendukung produk UMKM lokal unggulan, terus mendorong pelaku UMKM mengembangkan diri melalui produk-produk berkualitas dan bisa mendunia. Salah satu peranan yang diemban Sarinah adalah membantu pemasaran produk dalam negeri ke pasar global. Produk yang didorong dan masuk produk produk unggulan Sarinah, diantaranya  adalah furnitur, produk rotan, kerajinan tangan, batik, dan komoditas lainnya.(Olpah Sari Risanta).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!