Tingkatkan Mutu Dosen, STIE Pancasetia Bekali Dosen Menulis Artikel Ilmiah Melalui Jurnal Internasional Bereputasi

0

Banjarbaru – Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Kalsel,Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pancasetia Banjarmasin terus berkomitmen meningkatkan mutu secara berkelanjutan dan melihat peran Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Pendidikan Tinggi (Internal Quality Assurance) yang besar dampaknya terhadap mutu lulusan untuk diterima dalam dunia kerja lebih baik dan profesional.

Upaya mendukung keberhasilan mencetak lulusan terbaik dan mampu berdaya saing tinggi serta terserap ke sejumlah bidang ketenagakerjaaan dan wirausaha, terus dilakukan seiring perkembangan zaman. Salah satu upaya itu adalah meningkatkan mutu dosen di kampus yang dikenal sebagai Kampus Gila Marketing.

 

 

Program peningkatan kapasitas dosen yang terbaru adalah membekali tenaga pendidikan berpengalaman dan profesional dengan training khusus dalam kemasan Seminar Dosen. Kali ini puluhan Dosen STIE Pancasetia Banjarmasin, dibekali ilmu khusus terkait penulisan artikel ilmiah terutama penelitian melalui jurnal internasional dan HKI (Hak Kekayaan Intelektual).2 (dua) pembicara utama yakni Dr.Hj.Nanik Kustiningsih,SE,MM ( Dosen STIE Mahardika Surabaya) dan Ahmad Rifani SE,MM (Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin).

“Ini adalah komitmen STIE Pancasetia untuk terus meningkatkan mutu dosen. Melalui seminar dosen harapan mampu meningkatkan kemampuan dosen dalam menerapkan strategi peningkatan mutu penelitian lewat jurnal internasional. Dan yang terpenting tentang pemahaman yang luas tentang HKI (Hak Kekayaan Intelektual),” terang Ketua STIE Pancasetia Banjarmasin, Dr.Nurus Sjamsi, di sela-sela pembukaan Seminar Dosen Peningkatan Mutu Penelitian Melalui Jurnal Internasional Bereputasi dan tentang HKI, di Kampus STIE Pancasetia, Trikora, Banjarbaru, Jumat (26/8/2022).

 

 

 

Kegiatan yang berlangsung selama 2 (hari), Jumat Sabtu, 26-27 Agustus 2022, disambut antusias para dosen STIE Pancasetia. Terlebih materi-materi yang disampaikan narasumber sangat komprehensif dan membedah tulisan ilmiah yang bisa mendongkrak mutu penelitian yang bisa menembus jurnal internasional yang bereputasi.

“Sangat bermanfaat karena ada hal-hal yang kita tidak tau khususnya dalam trik-trik penulisan jurnal ilmiah bereputasi internasional. Karena penelitian ini juga salah satu tugas dosen yg harus dilakukan. Makanya dengan seminar ini sangat membantu dosen lebih bisa dan semangat dalam penelitian, tak hanya saja daalm negeri tetapi juga internasional,” ujar Dr. Meiske Lumanauw, S.Sos., M.A, salah satu Dosen STIE Pancasetia Banjarmasin yang mengikuti Seminar Dosen tersebut.

 

 

Sesi hari pertama pembicara Nanik Kustiningsih memberikan kiat-kiat menulis artikel yang berkualitas dan bisa masuk dalam jurnal-jurnal internasional.Peneliti yang juga dosen STIE Mahardika Surabaya, menyarankan dalam membuat penelitian ilmiah harus melihat bahan atau materi penelitian yang sebelumnya sebagai perbandingan.Namun yang dirujuk merupakan penelitian yang benar-benar berkualitas dan masuk dalam jurnal dengan reputasi bagus.

“Jangan sekali-kali melakukan penelitian tanpa memiliki penelitian pembanding dan bahan yang diteliti belum pernah ada.Jangan sampai bahan yang akan diteliti itu membikin pusing peneliti atau penulisnya.Memperbanyak bahan pembanding memang bagus dan sangat dibutuhkan sekali,dan menambah bobot penelitian.Namun ingat pembanding itu sebagai penyemangat bukan untuk jadi bahan plagiat,” pesan Nanik Kustiningsih. ( Olpah Sari Risanta )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version