Pelaku Pariwisata Siap Sukseskan MTQ Nasional XXIX

0

Banjarmasin- Alhamdulillah, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 resmi dilaunching pelaksanaannya di Kalimantan Selatan, oleh Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi, Kamis (25/8/2022). Even Nasional ini mengangkat tema “Dengan MTQ Nasional Kita Tingkatkan Kualitas SDM Yang Unggul dan Qur’ani Untuk Mewujudkan Masyarakat Yang Religius dan Moderat”.Rencananya pelaksanaanya digelar 10 sampai 19 Oktober 2022.

Pelaksanaan MTQ ini pun diapresiasi langsung Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid, karena kinerja Panitia Pelaksana MTQ Nasional XXIX sangat baik, terlebih di bawah komando seorang Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor. Karena itu dirinya menyambut gembira keseriusan Kalsel mempersiapkan event terbesar Festival Keagamaan Islam dengan sangat baik dan terkoordinasi.

“Alhamdulillah ini merupakan salah satu bentuk publikasi sekaligus penanda kesiapan Provinsi Kalimantan Selatan menyongsong pelaksanaan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022, melalui launching yang barusan dilaksanakan.Kami mengapresiasi sekali,” ujar Wamenag saat memberikan keterangan resmi kepada sejumlah awak media, di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kamis (25/8/2022).

 

 

Disinggung soal penunjukan Kalsel sebagai tuan rumah telah, sebut Zainut, melalui tahapan dan berbagai pertimbangan. Dijelaskannya faktor kesiapan transportasi dan akomodasi serta sarana dan prasarana yang memadai. Pun demikian dukungan pendanaan dan kerjasama dengan pihak terkait juga begitu kuat. Di satu sisi karakteristik masyarakat Kalimantan Selatan terkenal religius dan moderat. Hal ini menjadi modal penting dalam melaksanakan MTQ Nasional.

“Alhamdulilah yang menjadi pembeda adalah MTQ Nasional XXIX akan dilaksanakan di beberapa daerah, mulai Kota Banjarmasin, Banjarbaru hingga Kabupaten Banjar.Seperti yang disampaikan pa Gubernur Paman Birin sejumlah venue yang sangat bagus dan refresentatif,” jelas Wamenag, Zainut Tauhid.

Terkait itu pula Wakil Menteri Agama juga berharap semua pihak termasuk Kementerian dan Lembaga yang terlibat, maupun swasta dan media mampu bekerjasama dan bersinergi dengan baik serta berkoordinasi secara intensif dalam mempersiapakan seluruh komponen yang dibutuhkan demi terselenggaranya kegiatan ini secara maksimal.

 

 

Sejumlah pelaku pariwisata menyatakan dukungan penuh bagi pelaksanaan MTQ Nasional di Kalsel. Karena itulah mereka pun turut mempersiapkan diri menyambut ribuan tamu Kalsel dari seluruh Indonesia.

“Di satu sisi selain sukses dari segi penyelenggaraan, Kalsel pun berharap pada event ini sukses dalam pelayanan , termasuk sektor kepariwisataan. Karena seusai kegiatan para kafilah dan kontingen bisa melakukan kunjungan ke sejumlah destinasi-destinasi wisata, termasuk mengunjungi UMKM-UMKM yang menghasilkan produk-produk khas Kalsel,” ujar Dewi Dewi Setiawati, SE,MM, Ketua Litbang DPD ASITA Kalsel, kepada Tim Economic Travelling.Com.

Mengacu dari pelaksanaan MTQ Nasional yang diselenggarakan di berbagai daerah, Dewi yang juga Dosen kepariwisataan di AKPARNAS  dan ekonomi di STIENAS Banjarmasin ini, berharap Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bisa melibatkan seluruh organisasi dan asosiasi pariwisata termasuk juga Pokdarwis yang ada di daerah ini.Kolaborasi ini diharapkan juga memberikan nilai tambah bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan Selatan.

“Harapan kami semua organisasi, asosiasi serta penggiat pariwisata di Banua dilibatkan untuk suksesnya sebuah acara akbar MTQ Nasional ini.Tentunya mereka bisa berperan sesuai kapasitasnya masing-masing. Karena berkaca pengalaman event-event sebelumnya, biasanya selesai acara tamu atau kontingen ingin refreshing mengunjungi sejumlah objek wisata maupun berbelanja wisata. Disinilah peran kawan-kawan pelaku pariwisata dengan bersinergi dengan panitia pelaksana,” terang Dewi yang juga Direktur Utama PT Family Tour and Travel .(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version