Braga Melukis Explorasi Kemerdekaan Seni Rupa Bikin Bandung Bangga

3

Cuaca di kawasan Jalan Braga Bandung Minggu pagi (21/8/2022) terlihat cerah.Braga yang dikenal sebagai tempat wisata heritage bersejarah, mendapat perhatian khusus wisatawan di hari Minggu.Di sepanjang Jalan Braga Pendek dan Braga Panjang, tampak puluhan seniman lukis tengah berekspresi mengayunkan kanvas di antara derap langkap wisatawan yang berdatangan.Pemandangan ini tentu berbeda dengan keseharian kawasan Braga yang banyak terpajang lukisan yang dijual.

 Kali ini puluhan seniman seni rupa menggelar melukis massal yang dikemas dalam Braga Melukis, Eksplorasi Kemerdekaan Seni Rupa Braga, sekaligus mengenang 22 Tahun “Seniman Ropih”berkarya.Abah Ropih adalah seniman Bandung yang menjadi pelopor penjualan lukisan di Jalan Braga, melalui Rumah Seni Ropih.

Penampilan spontan puluhan seniman melukis di trotoar memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan. Karena mereka bisa menyaksikan dari dekat goresan indah tangan-tangan hebat di atas kanvas menari-menari sesuai imajinasi.Sebuah acara obituari mengenang karya-karya terbaik Abah Ropih, sekaligus menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

“Ini event sesuatu yang luar biasa dan kita apresiasi.Karena semakin memantapkan Braga sebagai salah satu kawasan wisata heritage bersejarah, yang juga banyak melahirkan seniman lukis hebat salah satunya Abah Ropih lewat Rumah Seni Ropih.Semoga ini semakin memajukan pariwisata Bandung dan Jawa Barat, serta kawasan Braga menjadi destinasi wisata seni budaya dan edukasi yang membuat wisatawan selalu mengenang baik,” ujar Lurah Braga Kota Bandung, Willy Wiradhika, saat membuka Braga Melukis, Eksplorasi Kemerdekaan Seni Rupa Braga dan mengenang 22 Tahun Seniman Ropih berkarya,Minggu (21/8/2022).

 

 

Bagi para wisatawan kawasan Jalan Braga memang bagian tak terpisahkan dari kunjungan mereka. Ciri khas yang tak pernah lepas dari Jalan Braga, Kota Bandung adalah lukisan.Keindahan dan kualitas lukisan yang dihasilkan para seniman membuat Braga kawasan wisata masa lalu yang membuat bangga Indonesia.Bagaimana tidak Braga pun selalu dilirik wisatawan domestik hingga mancanegara.Selain menikmati jajanan kuliner, tempat nongkrong tempo dulu dan kekinian, Braga juga menawarkan seni keindahan lewat lukisan yang mendunia.

“Eksklusif banget bisa melihat dari dekat para seniman melukis langsung di sepanjang trotoar Jalan Braga Bandung ini.Mereka ramah dan enjoy, meskipun saat menuangkan imajinasi ke kanvas banyak orang atau wisatawan lalulalang.Dan hasilnya coretan kuas maupun sketsa mereka indah sekali dan memiliki makna mendalam.Indonesia sangat berbangga,” kata Herry Omek, Tour Guide saat membawa sejumlah wisatawan ke kawasan Braga,Minggu (21/8/2022).

 

 

Tak hanya wisatawan, sejumlah fotografer  lepas maupun yang tergabung dalam Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) tidak menyia-nyiakan momen bagus kegiatan yang dipelopori Rumah Seni Ropih.Apalagi tak hanya melukis massal di sepanjang Jalan Braga,sejumlah kesenian pun meramaikan acara ini.Memotret dengan berbagai kamera dan objek seniman melukis dan lalulang wisatawan memang menjadi momen yang ditunggu para fotografer yang selalu hunting kemana-mana.

“Bagi fotografer kawasan Braga memang sumber inspirasi dan banyak momen indah bisa diabadikan lewat jepretan.Braga ini unik dan menawarkan karena tak hanya disuguhi seni lukisnya namun ada beberapa tempat bersejarah yang terjaga serta bisa untuk sebuah objek pemotretan.Kami mengapresiasi sekali Rumah Seni Ropih, Minggu pagi ini menyelenggarakan acara yang sangat bagus,” tutur Irvan Arsiandi, Fotografer senior, yang mendampingi Tim Economic Travelling.Com, keliling kawasan Braga Bandung.

 

 

Hal menarik dari kegiatan ini adalah bagaimana apresiasi dan penghormatan luar biasa kepada sosok almarhum Ropih Amantubillah atau yang dikenal dengan panggilan Abah Ropih.Seniman asal Bandung ini pula yang mempelopori penjualan lukisan di Jalan Braga, melalui Rumah Seni Ropih yang ia dirikan. Almarhum pun dikenal sebagai sosok yang berjasa menjadikan lukisan sebagai ikon Jalan Braga.

Sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian dan dedikasinya untuk dunia seni lukis dan perhatian besarnya bagi pariwisata Bandung, Rumah Seni Ropih menggelar pameran Pulau Emas, mengenang 22 Tahun Ropih Berkarya. Di galeri Rumah Seni Ropih wisatawan dan pencinta serta kurator lukisan bisa melihat langsung karya-karya lukis milik Ropih.Pameran sendiri di gelar sejal 7 Agustus hingga 28 Agustus 2022.(Olpah Sari Risanta).

3 thoughts on “Braga Melukis Explorasi Kemerdekaan Seni Rupa Bikin Bandung Bangga

    1. Sama-sama…semoga sukses selalu untuk kegiatannya.Kami Redaksi Media Economic Travelling.Com, selalu mendukung semua kegiatan seni budaya dan pariwisata, termasuk yang dilakukan Rumah Seni Ropih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!