Arutmin Ajak Siswa SMA Percaya Diri Berbahasa Inggris

0

Kotabaru – Momen Tujuhbelasan dan semangat kemerdekaan dimanfaatkan sejumlah perusahaan swasta untuk mendorong setiap anak untuk tumbuh dengan kepercayaan diri tinggi, termasuk dalam praktik berbahasa Inggris.Salah satunya adalah PT Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru.

Dalam wujud nyata dorongan itu, perusahaan yang peduli akan kemajuan dunia pendidikan adalh lewat lomba story telling kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Atas dan Aliyah di Kabupaten Kotabaru. Lomba story dalam bahasa Inggris pun digelar pada event Kemah Kemerdekaan, yang berlangsung selama dua hari , 16-17 Agustus 2022, di Bukit Mamake, Sarang Tiung,Kotabaru.

Pada event ini sejumlah siswa dan siswi perwakilan SMA dan MAN di Kotabaru mampu menampilkan kemampuan terbaiknya bercerita dalam bahasa Inggris, yang disaksikan pula Duta Berbakat Pariwisata Kalsel, Ema Apriliani dan para Duta Wisata Kotabaru. Mereka pun mampu bercerita dengan tutur bahasa indah, mulai destinasi wisata Kotabaru hingga sejarah Kotabaru, termasuk para pahlawan.

“Alhamdulillah, kami sempat terharu menyaksikan adik-adik lancar dan percaya diri mengikuti lomba story telling.Kemampuan mereka luar biasa, sangat jarang bisa menyaksikan event sebagus ini yang menumbuhkan semangat patriotisme dan mengangkat pula wisata daerah,khususnya di Kotabaru.Ini Keren sekali,” ujar Ema Apriliani Duta Berbakat Pariwisata Kalsel, Ema Apriliani, yang ikut pula Kemah Kemerdekaan bersama tim Economic Travelling.Com.

 

 

Event ini pun juga mendapat perhatian serius seorang Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar Alaydrus.Bahkan selama dua hari kepala daerah yang dikenal suka kegiatan traveling dan petualangan alam ini, bolak-balik ke Bukit Mamake dan Bapake, sempat melihat kegiatan Perkemahan Kemerdekaan.

“Potensi Pariwisata alam Kotabaru sangat komplet.Alhamdulillah Kotabaru dianugerahi Allah alam yang bagus dan semuanya indah-indah untuk dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.Apalagi sekarang ada bukit Mamake dan Bapake dengan paralayang dan gantolie, Kotabaru siap menyambut wisatawan sekarang,” kata Bupati Kotabaru, H.Sayed Jafar Alaydrus, saat berbincang santai dengan pimpinan Arutmin, Muspida dan wartawan Transmedia, Muhammad Risanta, di Gazebo, Bukit Mamake, Kotabaru, Rabu (17/8/2022).

 

 

Bagi PT Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru, kegiatan berkolaborasi dengan Pemerinta Kabupaten Kotabaru serta Pokdarwis Sarang Tiung, merupakan salah satu wujud dari kegiatan pengabdian yang bekerja sama dengan masyarakat luas, untuk meningkatkan potensi masyarakat sekitar. Kegiatan kali ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa-siswi SMA dan MAN yang ada di Kotabaru, dalam menggunakan bahasa Inggris, terutama dalam bercerita.

“Kami melihat sebenarnya banyak siswa berpotensi dalam bahasa Inggris, tetapi mereka merasa kurang percaya diri ketika mereka harus menggunakannya selain untuk kepentingan ujian. Apalagi ke depan diharapkan mereka bisa mempromosikan pariwisata daerahnya seiring Kotabaru bersiap-siap menyambut wisatawan nusantara dan mancanegar ” tutur (Capten) Y Purwanto,Wakil Managemen Port Manager PT Arutmin NPLCT Kotabaru, kepada awak media.

Menurut pria yang suka olahraga ini lomba story telling ini perlu diselenggarakan secara berkesinambungan sebagai komitmen Arutmin mendorong peningkatan kapasitas dan potensi siswa.Hal ini mendorong pula para pengajar untuk terus memberikan motivasi bagi semua siswa di sekolah untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris dan bisa mengaplikasikan dalam percakapan maupun story telling.

Sejumlah harapan pun terus digaungkan agar lomba-lomba stoiry telling dalam berbahasa Inggris terus dilakukan. Terlebih lomba ini akan terus diadakan pada perkemahan kemerdekaan tahun depan dan bakal diikuti banyak peserta.

Sementara berdasarkan hasil lomba yang digelar selama dua hari, secara menyakinkan tim story telling terbaik disabet MAN Kotabaru dengan nilai 107 poin, disusul SMAN 1 Kotabaru meraup nilai 93 poin.Sedangkan SMKN 1 Kotabaru meraih peringkat ketiga dengan nilai 89 poin.

Tak hanya itu dalam Kemah Kemerdekaan juga digelar Pementasan Seni yang ditampilkan Madrasyah Aliyah Negeri Kotabaru (performance menyanyi “Malaikat Janji” dengan iringan musik panting). Tak kalah dengan itu SMA Negeri 2 Kotabaru menampilkan tari pembangkit sumangat. Di penghujung acara juga tampil eksklusif SMA Negeri Kotabaru  mengusung akuistik dan beatbox dalam dendang “Ampat Lima” lagu Banjar yang melegenda.

Puncak perkemahan Kemerdekaan juga diwarnai dengan adu ketangkasan dan kecermatan “Cerdas Cermat” yang menempatkan kelompok 2 sebagai jawara, diikuti kelompok 3 dan kelompok 5. Cerdas Cermat sendiri diiikuti sejumlah sekolah yang tergabung dalam sebuah kelompok.(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!