Sujud Syukur, Akhirnya Jamaah Haji Datang Kembali Ke Banua

0

Banjarbaru– Rasa haru menyelimuti 358 Jamaah Haji Kloter Pertama Banjarmasin saat pesawat Garuda Indonesia yang membawanya mendarat mulus di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Selasa pagi (26/07/2022). Karenanya begitu turun dari tangga pesawat dan menginjakkan kaki di apron bandara, sejumlah jamaah haji langsung bersujud syukur.

Momen ini pun mendapat perhatian sejumlah awak media bersama sejumlah petugas PPIH,PT.Angkasa Pura bersama tim lainnya. Rona bahagia terpancar dari jamaah haji yang bisa kembali pulang ke kampung halamannya.Karena sebelumnya mereka sempat harap-harap cemas, karena kepulangan tertunda selama 31 jam lamanya.

“Alhamdulillah akhirnya kami pulang dengan selamat ke Kalimantan Selatan.Ya sudah pasti kami sangat merindukan keluarga, kami ingin bertemu sanak keluarga di rumah. Alhamdulillah kami sehat-sehat semua,” ungkap H.Rifani, salah satu jamaah haji kloter pertama, yang menemui wartawan di apron Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin,Selasa (26/07/2022).

 

 

Sebelumnya karena mengalami gangguan teknis, pesawat yang mengangkut rombongan kloter pertama Banjarmasin tidak bisa terbang.Akibatnya para jamaah haji ini terpaksa menunda kepulangan hingga kondisi pesawat benar-benar pulih dan aman untuk terbang.Maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengklaim aspek keselamatan penerbangan menjadi prioritas utama maskapai ini dalam menerbangkan jemaah haji untuk pulang ke Tanah Air.Karena itulah meskipun delay selama 31 jam, namun perjalanan pulang jamaah haji berjalan lancar.

Bagi jamaah haji mereka mengaku pasrah dan sabar, saat diumumkan penerbangan tertunda selama puluhan jam.Mereka akhirnya diistirahatkan di sebuah hotel di kota Jeddah, Saudi Arabia. Dan tak lama kemudian setelah perbaikan dan maintenance selesai, rombongan jamaah haji asal Banjar, Balangan, Tabalong dan Kuala Kapuas (Kalteng) langsung diterbangkan menuju bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

“Alhamdulillah secara umum kami baik-baik semua.Meskipun diantara kami batuk-batuk, kami rasa itu wajar-wajar saja karena perubahan musim. Maklum saja di tanah suci suhunya cukup ekstrem seperti di Madinah, sedangka di Makkah agak sedikit adem. Secara umum semua jamaah kloter ini sehat semua,” ujar Syahri Rahmani, salah satu jamaah asal Tabalong, saat melakukan test massal antigen di asrama haji Banjarbaru.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wiyah Kalimantan Selatan H.Thambrin, kepada wartawan berharap keterlambatan kedatangan jamaah haji kloter pertama tidak berimbas kepada penerbangan kloter-kloter lainnya.

“Jadwalnya Insya Allah besok (Rabu/27/07/2022) kloter kedua pukul 12.00 Wita siang tiba di Debarkasi Banjarmasin.Ini kalau tidak ada perubahan jadwal dari Garuda Indonesia Airways.Mohon doa lah mudahan lancar kepulangan jamaah haji Kalimantan Selatan,” kata Thambrin, usai menghadiri penyambutan kedatangan Jamaah Haji bersama Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor, di Aula Jeddah, Asrama Haji Banjarbaru.

Sementara guna memudahkan kelancaran pemulangan para jamaah haji ini, pihaknya juga telah melakukan penerapan protokol kesehatan. Termasuk pemeriksaan kesehatan kepada para jemaah haji setiba di Tanah Air ini sesuai dengan Surat Edaran no 22 Tahun 2022 oleh Satgas Penanganan Covid-19, terkait protokol kesehatan bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang diterbitkan oleh BNPB tertanggal 8 Juli 2022.

“Sesuai arahan Menteri Kesehatan, bagi jemaah haji yang belum booster vaksin Covid-19, maka harus dilakukan vaksinasi booster. Tim booster maupun vaksinnya telah standby disiapkan di asrama haji,” tambahnya lagi.

Sementara berdasarkan data yang dilkeluarkan PPIH Banjarmasin, sesuai dengan laporan Kordinator UKLW KKP Kelas II Banjarmasin Basuki Rahmat, SKM. MM hasil test antigen jemaah haji kloter 1 yang terdiri dari jamaah haji Balangan, Tabalong dan Banjar, hasilnya menunjukkan negatif.(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!