Tingkatkan Kualitas Pegawai Keimigrasian,Kementerian Hukum dan Ham Sosialisasi Jabatan Fungsional Keimigrasian

0

Kantor Imigrasi Kelas I  TPI Banjarmasin Kirim Kasubag TU Ke Makassar

Makassar – Demi peningkatan kualitas petugas Keimigrasian, Kementerian Hukum dan HAM menggelar Sosialisasi Jabatan Fungsional Keimigrasian di Hotel Four Point by Sheraton, Makassar, Sulawesi Selatan, 14-17 Juli 2022.Kegiatan penting ini diikuti ratusan peserta dari Divisi Keimigrasian dan Kantor lmigrasi di berbagai daerah di Indonesia.

Kepala Divisi Keimigrasian, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Jaya Saputra, saat membuka kegiatan Kamis malam (14/07/2022), menekankan pentingnya pemahaman yang selaras terkait Jabatan Fungsional Keimigrasian dan Evaluasi Penilaian Jabatan Fungsional Keimigrasian.

“Karena itulah kita selaraskan pemahaman ini dan kuatkan kualitas dalam menunjang kinerja kepegawaian, guna memacu profesionalisme Aparatur Sipil Negara di Kementerian Hukum dan HAM khususnya di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi,” jelas Jaya Saputra, saat membuka kegiatan Sosialisasi Jabatan Fungsional Keimigrasian di Hotel Four Point by Sheraton, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis malam (14/07/2022).

 

 

 

Tak hanya itu, dalam kegiatan yang berlangsung dua hari ini, dilaksanakan pula evaluasi terkait kinerja penilaian Daftar Usulan Angka Kredit (DUPAK) bagi Pejabat Fungsional Keimigrasian baik Analis Keimigrasian maupun Pemeriksa Keimigrasian yang selama ini sudah berjalan di masing-masing daerah, namun dinilai masih banyak kekurangan yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan tentang teknis penilaian.

Sementara itu, ratusan peserta pun mendapatkan info-info terbaru, yakni sosialisasi aturan terbaru tentang penilaian JFT yang akan diberlakukan sejak Juli 2022 dan akan menjadi pedoman penilaian DUPAK oleh Tim Penilai Angka Kredit di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM di seluruh Indonesia.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Muhammad Haris, menilai kegiatan tersebut memiliki makna penting dalam menunjang kapasitas dan kinerja aparatur negara khusus di keimigrasian.Terlebih saat ini masyarakat membutuhkan pelayanan publik yang maksimal, tentunya harus diperkuat dengan SDM yang berkualitas.

“Kegiatan ini sangat penting dan mampu menginspirasi dalam melaksanakan tugas sesuai SOP di lingkungan keimigrasian. Tentunya ada kesatuan persepsi  dari peserta terkait pengetahuan tentang teknis penilaian dalam Daftar Usulan Angka Kredit (DUPAK) bagi Pejabat Fungsional Keimigrasian baik Analis Keimigrasian maupun Pemeriksa Keimigrasian,” ujar Kasubag TU, Muhammad  Haris, yang ditugaskan menghadiri kegiatan Sosialisasi Jabatan Fungsional Keimigrasian di Hotel Four Point by Sheraton, Makassar, Sulawesi Selatan,

Sejumlah narasumber pun bergantian memberikan materi-materi khusus kepada para peserta.Diantaranya PERANIM (Perkumpulan Analisis Imigrasi Indonesia) Sulawesi Selatan, Kepegawaian Ditjen Imigrasi dan Direktur Jabatan ASN BKN  memberikan Paparan dgn Tema Eksistensi dan Program Kerja PERANIM. (Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!