Dukung Bangkitnya Pariwisata, Jurnalis Jelajahi Kalimantan Jawa

0

Start Dari Kotabaru Promosikan Pariwisata Kalsel Ke Pulau Jawa

Banjarmasin – Tak hanyak piawai mengolah kata dan kalimat hingga menjadi berita-berita kuat dan berkualitas, Jurnalis juga memiliki kepedulian yang cukup tinggi dengan hal apa pun. Runtuhnya sektor pariwisata pasca hantaman badai pandemi Covid-19, ternyata menggugah para Jurnalis untuk mengambil peran bersama pemerintah, masyarakat, swasta hingga para pelaku pariwisata di tanah air.

Kali ini  dilakukan sejumlah Jurnalis yang tergabung Dalam Forum Komunikasi Jurnalis Kalimantan Selatan (FKJK).Dikoordinir Jurnalis senior, Muhammad Risanta, FKJK didukung penuh media online nasional,Economic Travelling.Com, menggelar Press Touring Kalimantan-Jawa 2022.Press Touring start awalnya dimulai dari Kotabaru ini (5/07/2022) tadi, sebagai langkah awal mendukung program ekonomi nasional khususnya sektor ekonomi kreatif, terutama pariwisata Kalimantan Selatan.

“Kegiatan ini kami lakukan spontan namun terencana, dalam rangka mendukung penuh kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif secara umum dan Kalimantan Selatan pada khususnya.Inilah cara Jurnalis atau wartawan mengimplementasikan dukungan bagi parekraf. Kami tak sekedar touring namun juga ada misi khusus mengenalkan destinasi-destinasi wisata unggulan Kalsel, seperti halnya Kotabaru,Banjarmasin, Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Banjar, Banjarbaru maupun daerah lainnya,” jelas Muhammad Risanta, Koordinator Press Touring Kalimantan Jawa 2022, kepada tim Economic Travelling.Com, Minggu (10/07/2022).

 

 

Menurut Jurnalis Trasmedia Grup (Trans7,CNN Indonesia,Detik.Com), kegiatan sendiri terinspirasi para traveler maupun pengelana keliling Indonesia dan dunia. Namun hal ini dilakukan langsung para awak media dengan membawa mobil sendiri dari Banjarmasin ke Pulau Jawa. Touring ke Kalimantan-Jawa 2022 sendiri digeber sejak 5 Juli 2022, dengan terlebih dahulu mengelilingi 13 Kabupaten dan Kota di Kalimantan Selatan.Rencananya tanggal 21 Juli 2022 bertolak ke Surabaya, yang dilanjutkan ke Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Setiap yang kami singgahi di pulau Jawa, kami menyempatkan juga mengunjungi sejumlah destinasi wisata, sembari mempromosikan pariwisata Kalimantan Selatan.Harapannya sederhana saja,berperan aktif  juga untuk membangkitkan kembali pariwisata dan UKM yang ada di Indonesia khususnya di Kalimantan Selatan,” ujar Risanta, yang sehari-hari adalah Dosen STIE Pancasetia Banjarmasin.

Program Press Touring sendiri selain untuk mendukung dan mempromosikan pariwisata di Banua, kegiatan ini sebagai bagian relaksasi bagi pekerja media disela-sela kesibukan melakukan peliputan.Tentunya melalui perjalanan menyusuri daratan Kalimantan dan Jawa ini, menjadi pengalaman tersendiri bagi Jurnalis dalam menulis liputan kepariwisataan dan ekonomi kreatif.Untuk tahap awal ini mereka menerjunkan 6 (enam) orang jurnalis mengikuti kegiatan tersebut.

“Ini luar biasa  dan kami berterima kasih sekali inisiasi kawan-kawan Jurnalis yang begitu peduli akan pariwisata di Banua. Tentunya perjalanan mereka membawa misi khusus mendukung kebangkitan pariwisata Indonesia khususnya juga di Kalimantan Selatan, termasuk Kotabaru ini.Apa yang dilakukan ini kami sangat mengapresiasi sekali, karena mereka start awalnya justru dari Kotabaru,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Kotabaru, Khairian Anshari, saat dikunjungi Tim Press Touring Kalimantan-Jawa 2022, di Siring Laut Kotabaru, Jumat (08/07/2022).

 

Wisata terbarukan “Visit Bagang Nelayan ” Kotabaru, sensasi mendadak menjadi nelayan di perairan Kotabaru.

 

Koordinator Press Touring Kalimantan-Jawa 2022, Muhammad Risanta, saat beraudiensi dengan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kotabaru, Kharian Anshari.

 

Apresiasi sangat tinggi juga disampaikan Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalsel, Mutia Amana Nastiti.Karena perhatian para jurnalis terhadap sektor pariwisata terbilang tinggi, hingga mereka rela menyisihkan gaji sendiri untuk membiayai kegiatan Press Touring Kalimantan-Jawa 2022 dengan tagline  “Ekspedisi Traveling Jurnalis Pariwisata Indonesia”.

“ASPPI sangat mengapresiasi sekali apa yang dilakukan kawan-kawan Jurnalis, demi membangkitkan kembali pariwisata kita, mereka rela berkorban waktu dan tenaga untuk berangkat touring. Tentunya ini membutuhkan ketahanan dan kebugaran luar dari para jurnalis. Terima kasih kawan-kawan Jurnalis, sukses untuk misinya tahun ini,” ungkap Mutia Amana Nastiti.

Pemerhati Sosial Ekonomi dan Pariwisata, Kadarisman, menilai apa yang dilakukan para jurnalis mencerminkan semangat yang luar biasa.Karena tidak sembarangan orang mau begitu saja menyempatkan diri untuk mempromosikan pariwisata, di luar para travel agen maupun dinas pariwisata sekalipun. Justru disini menunjukkan jika jurnalis-jurnalis begitu peduli dan memberikan perhatian penuh untuk kemajuan dan pengembangan pariwisata di Kalimantan Selatan.

“Inilah cermin sikap para Jurnalis di Banua khusus yang tergabung dalam Forum Komunikasi Jurnalis Kalimantan (FKJK), memiliki kepekaan untuk mendorong percepatan pemulihan dan kebangkitan pariwisata.Meskipun perannya kecil namun memberikan semangat yang luar biasa “gotong royong” untuk kebangkitan pariwisata.Patut kita apresiasi dan kita dukung penuh semangat kawan-kawan ini,” tutur Kadarisman yang juga mantan Jurnalis ini. (Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!