Indahnya Kemilau ”Fashion Show” Sasirangan di Bandara Syamsudin Noor

0

Keindahan seni budaya khas Banjar memang memukau.Keindahan fashion culture Banjar menjadi magnet tersendiri bagi siapa pun untuk mengagumi karya anak Banua.Salah satunya adalah hasil kreasi kain sasirangan.

Kreasi indah dan menarik pun ditampilkan secara apik oleh sejumlah desainer muda Banjarmasin yang berkolaborasi dengan desainer yang tergabung dalam APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia), dalam fashion bertajuk Dekrashow On The Airport, di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Sabtu siang (02/07/2022). Diantara para desainer terdapat desainer ternama,Fahmi Sasirangan, Aisyah Busana By Pipip hingga desainer muda lainnya seperti Suraida Mahda Yanti, Karina Amalia Putri.yang meramaikan catwalk di terminal keberangkatan Bandara Syamsudin Noor.

Fashion show ini pun mendapat respon luar biasa penumpang serta berbagai kalangan. Bahkan seorang Andi F Noya “ Kick Andy “ mengapresiasi event berskala nasional yang unik dan mengangkat kain sasirangan dan mendorong perajin dan UMKM naik kelas. Andy pun menyempatkan diri melihat langsung suasana fashion show dan bazaar sasirangan yang dibuka secara resmi Walikota Banjarmasin, H.Ibnu Sina. Kunjungan selintas salah satu host salah satu program acara di Metro, disambut hangat walikota Banjarmasin, yang menghadiahkan satu jaket sasirangan.

 

Andi F Noya “ Kick Andy “ bersama Walikota Banjarmasin H.Ibnu Sina. (Foto Dokumentasi – Habibie -Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemko Banjarmasin).

Fashion di Bandara memang spesial karena mampu menghadirkan produk-produk berkualitas dari para pengrajin dan dirancang indah serta menarik dari puluhan desainer. Ketua Dekranasda, Hj Siti Wasilah pun mengungkapkan jika event di momen liburan panjang sekolah ini juga salah satu sarana membantu promosi pengrajin dan UMKM binaan Dekranasda Kota Banjarmasin dengan bekerjasama PT. Angkasapura I.

“Dekrashow ini dalam rangka memberikan ruang untuk UMKM memasarkan produk-produk mereka dan kolaborasi indah dengan para desainer muda di Banjarmasin, harapannya kain sasirangan semakin dikenal dan menjadi sesuatu yang senantiasa dicari para wisatawan” ujar Hj Siti Wasilah.

Siti Wasilah sendiri pun tak lupa menghaturkan terima kasih terhadap semua pihak yang telah berpartisipasi hingga suksesnya sebuah event yang diharapkan dorong percepatan kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk kalangan desainer khususnya APPMI Kalsel.

 

 

(Foto Dokumentasi – Habibie -Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemko Banjarmasin).

Senada dengan itu, Walikota Banjarmasin,  H Ibnu Sina mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Angkasapura I yang telah memberikan ruang untuk acara tersebut, sehingga event yang direncanakan berkala ini berjalan dan mendapat respon positif. Harapan kedepan menurutnya Angkasa Pura dapat memberikan tempat promosi daerah dan kerajinan tangan serta produk-produk dari UMKM Kota Banjarmasin.

“Harapan kami, adalah kerja sama ini bisa dilanjutkan dalam berbagai kesempatan lain.Bandara ini pula diharapkan menjadi etalase Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, serta  Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Selatan ” harap Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Wakil Walikota Banjarmasin, M.Arifin.

General Manager Angkasa Pura I, Dony Subardono mengatakan sangat “concern” untuk mendukung para UKM ini, dengan mengalokasikan tempat untuk UMKM memasarkan produknya. Tentunya para UMKM tersebut telah memenuhi persyaratan sesuai dengan kurasi pihak mereka.Karena itu pula Angkasa Pura I sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Banjarmasin yang antusias memanfaatkan fasilitas sarana dan prasarana di bandara untuk pengembangan produk-produk UMKM, salah satunya adalah kain sasirangan.

“Inovasi dan tempat promosi menjadi hal penting untuk meningkatkan standar dan kualitas produk-produk UMKM Kami mendukung dan memfasilitasi kegiatan  ini, untuk kemajuan bersama” sebut Dony.

 

Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin,HJ.Siti Wasilah bersama istri Wakil Walikota Banjarmasin, Hj. Hardiyanti, M.Arifin saat mengunjungi outlet sasirangan di terminal keberangkatan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. (Foto Dokumentasi Kominfo Kota Banjarmasin).

Fashion Show di area Bandara menjadi gebrakan pertama di Kalsel, dan menjadi yang kedua di Indonesia, setelah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang. kegiatan  Diharapkan dengan kegiatan spektakuler ini, kain sasirangan dengan berbagai desainnya, akan semakin berkibar, dan dijadikan pilihan busana oleh masyarakat Indonesia. Diharapkan berdampak positif bagi para desainer dan pengrajin binaan Dekranasda Kota Banjarmasin.

Dekrashow ini dimeriahkan dengan berbagai tampilan budaya seperti tarian dan musik khas banjar, yang akan hadir selama masa pameran berlangsung dari tanggal 2 Juli hingga Juli 2022.

“Alhamdulillah event yang sangat bagus dan menjadi kebanggaan Banua.Sudahnya saatnya karya anak Banua, seperti sasirangan go internasional, kalau bukan sekarang kapan lagi,Jangan kalah kita dengan daerah lain,” ujar Aluh Kodak,komedian Banjar dan selegram Banua. (Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!