Kisah Guide Komedian “Herry Omek” Segarkan Perjalanan Wisatawan

0

Banjarbaru – “Ladies And Gentleman…welcome to South Kalimantan, Ada gadis cantik rupawan..semoga abang tampan bisa berkenalan”, begitulah kalimat segar terlontar dari seorang pria begitu bus membawa rombongan wisatawan memulai perjalanan keliling destinasi-destinasi wisata di Kalimantan Selatan. Sontak saja celutukan pria yang belakangan guide tour membuat penumpang bus wisata terpingkal-pingkal.

Kehadiran Pria bertubuh gempal yang akrab dipanggil Herry Hidayat ini pun menambah suasana segar perjalanan tour wisata, yang diisi wisatawan berbagai kota di Indonesia. Herry Omek begitu ia dipanggil, langsung membuat perjalanan panjang menempuh destinasi wisata Loksado, Kandangan, terasa nyaman. Beberapa kali ia melempar joke-joke segar yang membuat puluhan wisatawan asal Jakarta, Bandung, Semarang dan Medan, terpingkal-pingkal.Tak hanya itu rekannya sesama guide tour, Zaki Malik dan Edo serta Lisber tak kuasa menahan gelak tawa.

Sosok Herry Omek sendiri menjadi pembeda dari guide atau pemandu wisata kebanyakan. Karena ia membalut kisah seputaran destinasi wisata dengan diselingi humor-humor segar dan kekinian.Kehadirannya pun selalu ditunggu sejumlah agent travel wisata di Kalimantan Selatan maupun pulau Jawa, yang memberikan job ketika membawa rombongan tour wisata.

 

 

Perjuangan Herry Omek menjadi guide tour memang tidaklah mudah. Beberapa kali ia sempat ditolak oleh travel agent, karena performance tidak menyakinkan. Tak heran ia harus pontang-panting bekerja serabutan demi bertahan hidup di Banjarbaru, jauh dari kampung halamannya di Pantai Hambawang, Hulu Sungai Tengah.Ia pun pernah menjadi pegawai rendahan di sebuah hotel, petugas portir bandara hingga menjadi MC.

“Tak ada kepikiran memang jadi guide tour.waktu itu ingin bekerja saja di travel.Maklum saja orang kampung, mimpinya ini naik pesawat dan jalan-jalan. Gimana rasanya naik pesawat itu, itu saja ..waduh sedih pernah ditolak melamar di travel di masa-masa sulit,” tutur Herry Omek mengenang kisah perjalanan hidupnya, kepada tim Economic Travelling.Com, Kamis (16/6/2022), di kediamannya yang sederhana di Banjarbaru.

 

 

Herry Omek yang mengidolakan komedian Andre Taulany dan Rina Nose, mengaku bersyukur dirinya bisa naik pesawat terbang dan jalan-jalan ke berbagai kota di Indonesia serta negara-negara lainnya.Karena cita-citanya waktu kecil ingin naik pesawat kesampaian sudah.Karena untuk orang kampung seperti dirinya pada masa itu, naik pesawat terbilang super wah dan hanya bisa dilakukan orang-orang berkecukupan saja.

Karena itulah saat diberikan keberkahan mendapat pekerjaan sebagai guide tour dan jasa perjalanan wisata, Omek selalu menjaganya dengan baik. Apalagi sejumlah travel agent memberikan kepercayaan kepada dirinya bersama-teman lainnya menemani para wisatawan kelilingi destinasi-destinasi wisata yang ada di Kalsel. Karena itu pula ia banyak memperkaya pengetahuan terkait dunia kepariwisataan maupun destinasi wisata, melalui membaca buku dan browsing internet.

“Tantangan ke depan itu, wisatawan menuntut kita tahu segala hal dan kita bisa menceritakan dengan baik, menarik terkadang diselingi humor-humor.Karena itulah story telling sangat penting bagi siapa pun menjadi pemandu wisata maupun yang mencurahkan hidupnya untuk pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkap alumni SMK Negeri 3 Banjarbaru berfilosofi.

 

 

Perjalanan tour wisata akan terasa hambar jika tidak ditemani para guide atau pemandu wisata. Terlebih jika guidenya humoris maka perjalanan panjang menuju lokasi terasa pendek rasanya. Karena sepanjang perjalanan banyak cerita-cerita lucu yang disampaikan para guide, disela-sela menerangkan suasana perjalanan dan destinasi sepanjang perjalanan wisata.

“Inilah kelebihan yang dimiliki rekan kita Herry Omek, mampu menghidupkan suasana perjalanan. Alhamdulillah selama beliau memandu perjalanan, tamu-tamu mengaku senang dan terhibur, karenanya kami memberikan job-job itu kepada beliau dkk,” ujar Rohidin Eka Mukmin ( H.Yudi) owner Travel PT.Insan Jaya Abadi.

Sosok Herry Omek sendiri memang familiar di kalangan penggiat pariwisata. Apalagi belakangan juga ia jua mulai berani menerjunkan diri ke dunia entertainment dengan menjadi Komika. Beberapa kali ia tampil menghibur “stand up comedy” di kalangan kepariwisataan dan sejumlah event.Hobbi barunya membuat ia memilih bergabung dengan PASKI (Persatuan Seniman Komedi Indonesia) Kalsel, untuk mengembangkan karirnya di dunia komedi tanah air.(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!