Yok Saksikan Festival Budaya Kongres Borneo Raya

0

Digelar di Menara Pandang dan Bakal Dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno

 

Banjarmasin – Kota seribu sungai, Banjarmasin bakal menjadi pusat perhatian nasional dan internasional. Awal Juni 2022 sejumlah event besar menjadi agenda acara di Banjarmasin. Salah satunya adalah Kongres Borneo Raya, yang menampilkan sederet seni dan budaya dalam Festival Budaya.

Event sendiri merupakan salah satu rangkaian dalam Kongres Borneo Raya, yang digagas sejumlah tokoh muda Kalimantan Selatan. Tak hanya mendukung dan menyambut Ibu Kota Negara (IKN), di Penajam, Kalimantan Timur, kegiatan ini juga diwarnai dengan simposium NKRI, Ritual Adat dan Festival Budaya. Event Festival Budaya yang menampilkan kreasi seni dan budaya dari beragam etnis ini, dipusatkan di Menara Pandang Banjarmasin, sejak tanggal 2 Juni hingga 5 Juni 2022.

Ketua Kongres Borneo Raya, Bujino A Salan, SH,MH, kepada wartawan mengatakan Festival Budaya  Kongres Borneo Raya sendiri salah satu upaya mengenalkan kembali seni dan budaya dari berbagai suku bangsa. Dalam Festival ini akan ditampilkan sejumlah atraksi budaya dari beragam suku bangsa, yang merupakan warga dari berbagai suku bangsa bermukim di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan.

“Ini merupakan simbol persatuan dari beragam suku yang ada di Banjarmasin dan Kalsel. Sebagai anak bangsa yang mencintai persatuan dan kesatuan, Festival Budaya yang digelar adalah refleksi bahwa kita semua menjunjung tinggi harga mati bagi NKRI,” jelas Bujino, saat berbincang dengan sejumlah tokoh pers dan wartawan, di Sekretariat Kongres Borneo Raya,Jalan Jahri Saleh, Banjarmasin, akhir pekan tadi.

 

Foto Ilustrasi – Salah satu Peserta Karnaval Budaya

 

Bujino A Salan bersama Panitia Kongres Borneo Raya

Bujino sendiri sangat mengapresiasi dukungan semua pihak, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Walikota Banjarmasin, H.Ibnu Sina,serta Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia wilayah Kalsel, H.Dharmawan Jaya. Apalagi jika tidak aral Sandiaga Uno berhadir langsung melihat dari dekat pelaksanaan Festival Budaya sebagai rangkaian Kongres Borneo Raya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berkenan hadir bersama Bapak Walikota Banjarmasin, H.Ibnu Sina menghadiri Festival Budaya nanti di Menara Pandang Siring Tendean Banjarmasin,” ujar Bujiono.

Salah satu Panitia Pelaksana Gusti Aina menilai Kongres Borneo Raya yang menghadirkan Festival Budaya dan disambut baik Menparekraf Sandiaga Uno, salah satu upaya mendorong kebangkitan sektor pariwisata di Kalsel dan Indonesia. Membaiknya pandemi yang akan beralih ke endemi, memberikan gairah pelaku seni dan budaya di Kalsel yang berimbas pulihnya perekonomian.

“Kongres Borneo Raya melalui Festival Budaya adalah satu sarana kita mendorong kembali gairah pariwisata Kalimantan Selatan dan Indonesia. Kita berharap melalui festival budaya ini, angka kunjungan wisatawan ke Banjarmasin khususnya dan Kalsel pada umumnya akan meningkat. Ini adalah wujud dukungan kami bagi pemerintah dalam upaya membangkitkan selalu sektor pariwisata,” tutur Gusti Aina, yang merupakan cicit dari Pahlawan Nasional, Pangeran Antasari. (Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!