Penumpang Bandara Syamsudin Noor Meningkat 80 Persen

0

GM Angkasa Pura I Ingatkan Penumpang Disiplin Prokes Sejak Bandara dan Terbang

Banjarbaru – Kebijakan pemerintah memberikan kelonggaran bagi masyarakat untuk mudik lebaran, berdampak positif bagi moda transportasi massal. Salah satunya transportasi udara. Dalam sepekan pemudik menggunakan moda transportasi udara semakin meningkat.

Salah satunya adalah di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru. Tercatat lalulintas penumpang di bandara ini mengalami kenaikan drastis. General Manager Angkasa Pura I, Dony Subardono mengungkapkan tren kenaikan lalulintas penerbangan hampir mencapai 80 persen.

“Alhamdulillah, hingga hari ini sudah terjadi pergerakan penumpang trennya naik.Dipastikan ini akan meningkat lagi pada puncak terutama antara tanggal 29-30 April 2022 nanti. Kebijakan pemerintah melonggarkan masyarakat bisa mudik lebaran memang salah satu indikator meningkatnya jumlah penumpang moda transportasi udara,” ungkap Dony Subardono, di sela-sela acara Pembukaan Posko Lebaran 2020, di Terminal Kedatangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, di Banjarbaru, Senin pagi (25/4/2022).

Mengacu data per 24 April 2022 sudah tercatat 3.500 dan hari ini mendekati 4.400 penumpang. Tingginya lalulintas penerbangan di bandara Syamsudin Noor juga dipicu kehadiran maskapai penerbangan baru, Air Super Jet, yang terbang perdana Jumat kemarin (22/4/2022). Dan akhir April ini jika tidak ada aral maskapai baru akan bertambah, menyusul bakal terbangnya Pelita Air.

 

Penumpang Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin,di Banjarbaru, melambaikan tangan kepada keluarganya sebelum terbang ke kota tujuan mereka.

Terkait dengan masa mudik lebaran yang longgar, General Manager Angkasa Pura I mengingatkan penumpang maupun pengantar di bandara untuk tetap disiplin menerapkan disiplin protokol kesehatan. Karena dengan disiplin yang baik, memberikan peluang hidup yang sehat dan bisa mencegah peredaran virus covid-19.

“Tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, ketika berangkat dari rumah ke bandara, terbang hingga sampai ke kota tujuan. Tetaplah memakai masker untuk kebaikan kita bersama,” pesanr Donny,  yang merupakan Magister of Business Administration, Universitas Gadjah Mada.

 

GM Angkasa Pura I, Dony Subardono

Kemudahan berpergian dengan moda transportasi udara ini disambut warga Kalsel dengan gembira. Apalagi demi memudahkan kelancaran mudik mereka, di bandara Syamsudin Noor, telah dibuka Posko Lebaran 2022.Mereka mengaresiasi keberadaan Posko Lebaran dalam upaya mendukung pelayanan prima kepada para pengguna jasa mulai dari penerapan protokol kesehatan, fasilitas kebandarudaraan, kesiapan personel operasional, hingga antisipasi keselamatan, keadaan darurat, accident, dan force majeur.

“Ini merupakan mudik yang mengesankan sekaligus bikin haru. Karena selama dua tahun kami sekeluarga tidak bisa mudik lebaran karena pandemi. Namun Alhamdulillah sejak tiba di Bandara ini dan chek in pelayanannya sangat prima sekali, kami dimudahkan sekali, apalagi petugas bandara sangat ramah,” tutur Achdiat Sugian, tokoh olahraga dayung Kalsel, bersama keluarganya mudik lebaran ke Jakarta.

 

 

Plt.Ketua ASITA Kalsel,H.Sumedi

Sementara itu Plt Ketua  Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia. (ASITA) Kalsel, H.Sumedi, menyambut baik kebijakan yang melonggarkan masyarakat bisa mudik lebaran. Sudah barang tentu hal ini menjadi pengobat rindu masyarakat yang sudah bertahun-tahun tidak bisa berlebaran ke kampung halaman mereka. Di sisi lain kebijakan ini juga berdampak baik bagi industri pariwisata di Banua.

“Karena warga Banua perantauan datang kembali ke Kalsel dan sudah pasti liburan lebaran ini mereka memanfaatkan pula dengan berwisata.Namun secara keseluruhan ini menjadi momen bagus untuk membangkitkan pariwisata Banua, termasuk membangkitkan kembali perekonomian,” ujar H.Sumedi. (Olpah Sari Risanta).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!