“Keluarga Lengkap Imunisasi” Antar Junaidi Raih Terbaik Lomba Karya Jurnalistik 2022

0

Banjarmasin – Wartawan RRI Banjarmasin, Junaidi, kembali menuai prestasi. Salah satu wartawan senior ini berhasil merebut predikat terbaik satu Lomba Karya Jurnalistik 2022 yang diselenggarakan Unicef Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan. Pria yang akrab disapa Om Jun, berhasil menggungguli puluhan wartawan lainnya yang berkompetisi merebut award khusus Unicef Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam lomba yang bertepatan dengan Workshop Jurnalistik “Desiminasi Pesan Kunci Kepada Jurnalis”, di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Senin (18/4/2022), nama Junaidi langsung bergema saat salah satu juri nasional, Jumarto (wartawan Kompas), mengumumkan nama-nama pemenang lomba karya jurnalistik. Selain Junadi, predikat dua disabet wartawan Kalsel Post, Aliando Anas, sedangkan terbaik tiga diraih wartawati, Olpah Sari dari media online nasional, Economic Travelling.Com.

“Alhamdulillah ulun tidak mengira sama sekali bisa memenangkan lomba, karena melihat karya-karya teman-teman yang lain sangat berkualitas dan berkelas semua. Sempat keder jua, apalagi wartawan yang muda-muda tulisannya sangat bagus,” terang Junaidi tak mampu menahan haru, saat menerima hadiah utama uang tunai jutaan Rupiah, yang diserahkan langsung Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Dr.Diaduddin.

 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Dr.Diaduddin, memaparkan kondisi terbaru program imunisasi nasional, yang berharap disambut gembira masyarakat Kalsel.

Karya Junaidi sendiri dinilai termasuk komprehensif oleh tim juri, karena mampu mendeskripsikan sesuai kriteria-kreteria penilaian dan kaidah jurnalistik, serta masuk dalam katagori tema. Dengan judul menggoda dan inspiratif, Keluarga sehat Keluarga Lengkap Imunisasi, mengantar pria yang dikenal pencetus rubrik spontan “Jepret Sana Jepret Sini” di media sosial, menjadikan Junaidi wartawan terbaik versi Unicef Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.

Senada dengan itu Aliando Anas, mengaku bersyukur bisa memenangkan predikat kedua terbaik. Karena pada awalnya ikut lomba menulis ini sekedar berpartisipasi semata, namun tidak disangka karya tulisnya memenangkan lomba. Ia tersentuh kondisi masyarakat di Pahuluan khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, karena faktor geografis dan blankspot, sering tidak optimal mendapatkan imunisasi untuk anak-anak mereka.

“Ini memang fakta yang harus disampaikan kepada pemerintah, bahwa geogerafis dan blankspot sangat berpengaruh bagi optimalisasi program imunisasi terlebih pada masa pandemi. Melalui pesan indah ini bisa tersampaikan secara jelas dan solusi terbaik harus diberikan agar ke depan cakupan imunisasi sesuai harapan,” ungkap Aliando, yang juga Ketua Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kalsel.

 

Wartawan Media Online Nasional,Economic Travelling.Com, Olpah Sari, salah satu yang berhasil menyabet predikat terbaik III Lomba Karya Jurnalistik 2022.

Sementara itu Olpah Sari, wartawati sekaligus Pemimpin Umum, Economic Travelling.Com, mengungkapkan keikutsertaan pada lomba karya jurnalistik, esensi bukan mengejar sebuah kemenangan namun semata-mata ingin berkontribusi kepada masyarakat lewat sebuah tulisan dan menyampaikan pesan inspiring bagi masyarakat. Karena pada pasca pandemi ini, semangat harus dikobarkan kepada masyarakat secara masif , mulai dari penerapan protokol kesehatan yang harus disiplin hingga memberikan pemahaman yang benar tentang program imunisasi.

“Situasi saat ini yang dibutuhkan masyarakat adalah informasi-informasi sejuk dan inspiring. Melalui pesan indah lewat media harapan mereka bisa diwujudkan melalui literasi-literasi termasuk ajakan untuk membawa anak-anak mereka ke Posyandu dan Puskesmas untuk imunisasi,” ujar Olpah Sari, yang dikenal pula sebagai wartawan spesialis pariwisata.

 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Dr.Diaduddin,sangat mengapresiasi peran serta para wartawan di Kalsel yang mengikuti lomba karya jurnalistik dan Lomba Jurnalistik “Desiminasi Pesan Kunci Kepada Jurnalis”.

“Peran media dan wartawan sangat penting sekali dalam rangka mensukses Pekan Imunisasi Dunia dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022, yang Insya Allah diselenggarakan bulan Mei 2022.Pesan ini memang harus disampaikan secara masif agar cakupan imunisasi lengkap bisa tercapai juga harapan anak Indonesia dan Banua sehat selalu bisa kita gapai. Sekali lagi terima kasih partisipasi kawan-kawan wartawan dan media di Kalsel,” imbuh Diaduddin. (Ridzky Husna).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version