Kebersamaan Dalam Warna-Warni Anniversary ASPPI Ke-14

0

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Kinerja ASPPI

 Selasa 5 April 2022, suasana kesibukan terlihat hampir di DPD ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) di berbagai kota di Indonesia. Marhfum saja, 5 April menjadi momen istimewa bagi keluarga besar praktisi pariwisata nasional yang tergabung dalam organisasi ASPPI ini.

Sama seperti halnya DPD ASPPI lainnya, kesibukan juga terlihat di sekretariat DPP ASPPI di Jakarta. Beberapa pengurus terlihat tak pernah lepas dari laptop dan handphone. Layaknya sebuah stasiun televisi swasta nasional yang ingin menayangkan program live, tim DPP ASPPI pun serius sekali mempersiapkan acara Anniversary ke-14 organisasi mereka.

“Kita ingin memastikan pelaksanaan sore ini berjalan sesuai rencana, kita menyiapkan plan dan plan b, karena perayaan HUT ASPPI dilakukan live melalui zoom meeting dan bisa terkoneksi dengan kawan-kawan di daerah. Sekilas mirip persiapan acara live pada stasiun televisi swasta nasional, hehehe…karena acara HUT ASPPI tahun ini kita lakukan secara serentak,” ujar Rudy Indriawan, Sekretaris Umum DPP ASPPI, disela-sela kegiatan HUT ASPPI Ke-14, kepada Economic Travelling.Com, Selasa (5/4/2022).

 

 

 

Hal serupa juga dilakukan Ketua Umum DPP ASPPI, Agus Pahlevi, yang terus memonitor pergerakan panitia dan peserta lainnya. Agus sendiri ingin memastikan pahelatan akbar dalam nuansa Ramadhan, berjalan dengan baik. Apalagi antusias keluarga besar ASPPI mendukung penuh kegiatan tahun dalam kebersamaan dan penuh warna-warni cukup tinggi sekali.

“Alhamdulillah pelaksanaan HUT ASPPI disertai berapa agenda DPD lainnya, berjalan lancar dan luar biasa antusiasme teman-teman di seluruh tanah air. Atas nama pribadi dan pengurus DPP ASPPI, saya sangat mengapresiasi sekali dan berterima kasih kepada berbagai kalangan termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Uno, yang memberikan semangat kepada ASPPI untuk berkomitmen mendukung pemulihan dan kebangkitan ekonomi terutama di sektor pariwisata,” kata Agus Pahlevi.

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, sendiri sangat mengapresiasi peran Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) dalam mendukung penuh pengembangan pariwisata di tanah air. Tak hanya itu Sandiaga Uno juga sangat berterima kasih dengan komitmen ASPPI mendukung pemulihan dan kebangkitan ekonomi khususnya untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini sampaikan Menparekraf Sandiaga Uno dalam video ucapan selamatnya pada Anniversary  ASPPI ke-14, yang ditayangkan serentak , Selasa (5/4/2022).

“Saat ini Digitalisasi menjadi kunci utama  dalam menghadapi era globalisasi, oleh karena itu ASPPI sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonominya Indonesia, harus mampu tumbuh dan berkembang dengan terus melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi.Saya mengapresiasi kinerja ASPPI yang Gercep dalam menindaklanjuti kebijakan pemerintah dalam penghapusan karantina bagi PPLN dengan penandatanganan ASPPI dengan Johor Tourism Malaysia pada tanggal 25 Maret 2022 , sebagai mendorong kembali upaya kepariwisataan dua negara.,” pesan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno berharap dengan usia yang beranjak dewasa ini, ASPPI terus dapat memberikan kontribusi positif untuk kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salam Tourism Soldier ini menurutnya, peran ASPPI dapat turut serta membangkitkan ekonomi melalui membuka usaha dan buka lapangan kerja.

 

 

 

Selain mendapat surprise luar biasa dari spirit Menteri Sandiaga Uno sendiri, pelaksanaan HUT ASPPI ini diwarnai dengan pemotongan tumpeng serentak dari berbagai DPD di sejumlah kota. Antusiasi terlihat dari Aceh, Medan, Lombok, Jakarta,Semarang, Surabaya, Banjarmasin,Bali, Bengkulu,Banten hingga Kepulauan Riau. Acara pemotongan tumpeng sendiri juga dibarengi dengan buka puasa bersama, yang dimulai dari Banda Aceh, Medan, hingga kawasan Indonesia Timur.

Tak hanya seru dan membuat derai tawa, saat sejumlah klip video lomba menyanyi jingle diperlihatkan. Masing-masing peserta pun tak mampu menahan tawa saat menyaksikan penampilan timnya yang ikut berlaga dalam perlombaan level nasional ini. Karena sebagian peserta tampil all out dan mampu menghibur.

Sementara disisi lain DPD ASPPI Kalimantan Selatan, menggelar Rakerda II di Royal Jelita Hotel, Banjarmasin. Rakerda sendiri dibuka langsung Wakil Ketua Gatot Harjoso. Beberapa pengurus mengalami perubahan dan pergantian antar waktu, seperti Sekretaris Umum dari Rezado Anandya Putera kepada Teguh Winarto, Bendahara diisi Olpah Sari, serta Wakil Ketua ditempati Fahruzzaini.Sedangkan posisi Ketua masih dipegang Mutia Amana Nastiti.

 

Meskipun demikian suasana haru sempat mewarnai perayaan HUT, saat salah satu pendiri  ASPPI, Bahriyansah “Momod” mengisahkan perjalanan ASPPPI.Apalagi sejumlah tokoh ASPPI banyak yang sudah tiada. Meskipun begita Pak Momod,begitu pria ini disapa akrab, tetap menebarkan semangat dan optimisme bagi keluarga besar ASPPI dalam menjalankan program dan membawa ASPPI yang semakin baik,meskipun dunia pariwisata sedang “tidak baik” selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Seperti halnya semangat yang ditebarkan sang Ketua Umum ASPPI, Agus Pahlevi. bahwa Profesionalisme adalah salah satu Tonggak utama dalam mengembangkan Pariwisata Indonesia dalam persaingan global Pariwisata yang demikian pesatnya.
ASPPI atau Asosiasi Profesional Pariwisata Indonesia Hadir sejak tahun 2008 , dimana ASPPI berusaha mengakomodir para professional Pariwisata di Indonesia untuk bersama – sama mengembangkan Pariwisata terutama di Bidang Sumber Daya Manusia yang lebih mumpuni di Bidangnya masing-masing.

“Oleh karenanya ASPPI berusaha terus menerus untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para anggotanya dengan meningkatkan Kompetensi dan kualitas di bidang apapun di Kepariwisataan,” kata Agus saat memberikan sambutan perdana,beberapa waktu lalu dalam web milik ASPPI.

ASPPI adalah sebuah organisasi yang mengedepankan persahabatan dan persaudaraan dan bukan organisasi bisnis dan persaingan. Sesama anggota ASPPI memiliki ikatan rasa senasib dan sepenanggungan, saling asah asih dan asuh. Mereka selalu menyebutnya “Tourism Soldier”. (Olpah Sari Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!