Giliran Jateng Dukung Borneo Camping Festival dan Arak Budaya

0

Semarang – Meskipun pahelatan Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022, bakal digelar Juni mendatang. Namun dukungan terhadap event besar dan nasional ini pun terus mengalir di sejumlah daerah di Indonesia. Selain Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Pariwisatanya, maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Kabupaten Bandung, dukungan juga datang dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Sebagai Provinsi yang kaya dengan sumber daya alam dan seni budaya, Jawa Tengah termasuk daerah yang membuka diri berkolaborasi dengan siapa pun untuk menggelorakan pariwisata, termasuk mendorong kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi Covid-19. Setidaknya hal ini dibuktikan dengan dukungan terbuka bagi kegiatan  Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022, yang dipusatkan di Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, menyambut baik kegiatan yang digagas trio penggiat pariwisata nasional , Abby (Sahabat Elang), Ashadi (Uncle Hard Enduro) dan Yulianjar Wati (Amanah Borneo Park).Karenanya mereka mendukung kegiatan tersebut melalui kerjasama seperti halnya Road Show To Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022, di kawasan Segorogunung, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada bulan Mei 2022 nanti.

“Alhamdulillah ini keren sekali dan kegiatan ini juga selaras dengan program pariwisata Jawa Tengah, salah satunya kolaborasi untuk 11 event pariwisata unggulan. Yang tak kalah penting ini juga mendorong bagi ekonomi lokal secara maksimal, melalui wisata berbasis alam,” kata Ir.Siti Moelyatmi Bernadeta ,MSi  Kabid Kepemudaan Disporapar Jawa Tengah, saat menerima kunjungan Panitia Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022, di kantornya, Kamis (10/02/2022).

 

Ir.Siti Moelyatmi Bernadeta ,MSi Kabid Kepemudaan Disporapar Jawa Tengah,saat menerima kunjungan khusus Ketua Panitia Borneo Camping Festival dan Arak Budaya, Abby.

Didampingi  Haribowo, SH, MM, Kasi Penyadaran Dan Pemberdayaan Pemuda Disporapar Jateng, Yatmi sapaan akrab Siti Moelyatmi Bernadeta, mengaku surprise sekali dengan kedatangan tim panitia event nasional dan internasional, Panitia Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022, ke Semarang. Karena membawa kabar baik dengan program yang dianggap selaras dan sejalan dengan visi misi pariwisata Jawa Tengah dan “Jateng Gayeng”.

Apalagi event ini nanti dikemas dengan mengusung kearifan lokal dan mengenalkan destinasi-destinasi alam tanah Kalimantan, sudah barang tentu sebelumnya ada road to Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022, yang menjadi tren pelesiran generasi milenial Indonesia,  untuk sektor wisata alam seperti pendakian gunung, pantai dan kawasan konservasi.Hal ini juga dinilai pas dengan ritme Jateng Gayeng, yang dikenal sebagai provinsi terbaik untuk destinasi-destinasi alam dan budayanya. Di bawah Pemerintahan Gubernur Ganjar Pranowo, Jateng sendiri sudah menggunakan pariwisata berbasis digital, mulai E-book, aplikasi mobile, termasuk website pariwisatanya.

 

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Kabupaten Karanganyar, Jateng, Rusmanto SH,MM, sangat mengapresiasi adanya penyelenggaraan event nasional bertajuk “ Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022

Senada dengan Itu Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Kabupaten Karanganyar, Jateng, Rusmanto SH,MM, sangat mengapresiasi adanya penyelenggaraan event nasional bertajuk “ Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022”. Apalagi sebelum event digelar panitia menggelar Road Show ke Karanganyar, salah satunya dengan gelaran Road To Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022, di kawasan Segorogunung.

Sekedar diketahui Segorogunung merupakan salah satu desa di Kecamatan Ngargoyoso yang memiliki potensi pertanian dan wisata alam. Kawasan ini dikenal pula sebagai sentra pertanian di Karanganyar, Jateng. Berdasarkan berbagai literatur Segorogunung juga memiliki potensi wisata yang cukup menarik. Salah satunyanya terdapat lokasi paralayang yang sering dikunjungi penggemar paralayang dari berbagai daerah.

“Terima kasih untuk kepercayaannya bagi daerah kami  menjadi salah satu titik road show penyelenggaraan To Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022. Tentunya ini akan menghidupkan kembali pariwisata daerah kami dan Indonesia.Karena Indonesia itu sebenarnya indah dengan wisata-wisata alamnya,” sebut Rusmanto SH,MM, saat berbincang santai dengan Abby dkk, di kantornya, Jumat (11/02/2022).

 

Menjelajah kawasan Segorogunung yang menjadi lokasi Road To Borneo Camping Festival dan Arak Budaya, bersama Aan Shopuanudin, Ketua HIPMI Kabupaten Karangan Anyar, Jawa Tengah.

Catatan bagus jelang penyelenggaraan Event Borneo Camping Festival dan Arak Budaya, ternyata membuat seorang Aan Shopuanudin, Ketua HIPMI Kabupaten Karanganyar terkesan. Karena event ini dinilai sangat bagus dan memberi kabar bagusnya destinasi-destinasi wisata alam Indonesia yang didukung kuat dengan seni budayanya. Apalagi Kabupaten Karanganyar menjadi salah satu daerah yang disinggahi untuk Road Show.

“Kebanggaan bagi Karanganyar, terutama kawasan Segorogunung. Seperti juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, perkenankan juga saya berharap Borneo Camping Festival dan Arak Budaya,dibingkai dengan bagus memadukan keindahan alam Indonesia dan seni budayanya, sama-sama membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya di tengah pandemi,” kata Aan Shopuanudin, yang juga Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Karanganyar.

 

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022,Abby, kepada sejumlah wartawan, menjelaskan mengaku surprise juga ternyata program-program pengembangan wisata dalam kemasan acara berbasis alam mendapat sambutan positif. Dan ternyata tiap-tiap daerah menyambut baik dengan menjadikan daerah mereka sebagai salah satu kota yang disinggahi Road Show Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022.

“Alhamdulillah, tentu ini menambah spirit panitia dengan dukungan luar biasa ini, termasuk  juga support luar biasa kawan-kawan penggiat pariwisata di sejumlah kota di Indonesia dan media massa. Kami hanya menegaskan kembali bahwa . Indonesia itu indah destinasi-destinasi wisatanya. Ngga perlu kita spend uang ke luar negeri, maka berliburlah di Indonesia saja.,” kata Abby, yang belakangan wara-wiri mempromosikan Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022, ke sejumlah kota di Indonesia dan luar negeri. (Olpah Sari Risanta).

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version