Kolaborasi Tingkatkan SDM Desa, Bupati Tala Apresiasi STIE Pancasetia

0

 Pelaihari- Program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang ditawarkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pancasetia Banjarmasin disambut baik Bupati Tanah Laut, H.M Sukamta. Hal ini selaras dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 menjadi BERINTERAKSI dalam Membina Desa dan Menata Kota dalam rangka Rehabilitasi Sarana dan Prasarana Ekonomi dan Infrastruktur untuk Pemulihan Sosial Ekonomi Masyarakat.

Bupati Sukamta juga mengapresiasi kerjasama yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi seperti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pancasetia Banjarmasin dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya aparatur desa di Tala.

“Alhamdulillah kami mengapresiasi dan menyambut baik. Hal ini selaras dengan komitmen kami dalam memajukan kualitas pendidikan warga Tala, tak terkecuali para aparatur desa, baik melalui rekomendasi pendidikan lanjutan, riset daerah dan kerja sama pendidikan lainnya dengan perguruan tinggi,” ujar Bupati Tala, saat menerima kunjungan audiensi jajaran manajemen Kampus STIE Pancasetia, di kediaman Bupati, Rabu (5/1/2022).

 

Bagi Pemerintah Kabupaten Tanah Laut kerjasama ini tentunya sangat membantu dalam hal peningkatan kapasitas aparatur daerah, termasuk yang berada di garis depan dalam pembangunan desa. Karena itulah pihaknya membuka diri dan menyambut baik salah satu dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian Kepada Masyarakat, untuk masyarakat luas di Tanah Laut.

Dirinya juga meminta STIE Pancasetia Banjarmasin untuk terus menjalin komunikasi lebih jauh dengan sejumlah organisasi Perangkat Daerah, yang sesuai dengan program peningkatan SDM aparatur desa.

“Saya sangat mendukung usulan tersebut. Silahkan pihak STIE Pancasetia Banjarmasin nanti koordinasikan lagi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk teknis kerja samanya. Kalau perlu kita perkuat dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS)”, sambung Sukamta, yang memberikan Kopiah Tuntung Pandang (Kondang) khas Tala kepada Ketua rombongan STIE Pancasetia, Banjarmasin, Fredy Jayen,SE,MM.

 

Ketua STIE Pancasetia DR.Nurus Sjamsi melalui perwakilan khusus kampus , Fredy Jayen, menjelaskan dalam pertemuan ini pihaknya menawarkan program kerjasama peningkatan SDM, termasuk dalam pengembangan riset dalam mendukung program-program pembangunan di Kabupaten Tanah Laut.

“ Ini juga merupakan perwujudan datu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Banyak hal yang bisa dikembangkan dalam menjalankan tridarma. Salah satunya dengan penguatan saling menguntungkan dengan pemerintahan di lingkungan dengan bentuk kerjasama MoU (Memorandum of Understanding), yang merupakan pula manifestasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia,” jelas Fredy Jayen.

 

Dalam pertemuan khusus ini,  turut mendampingi Badan Pelaksana Harian (BPH) STIE Pancasetia Banjarmasin, Melania dan  Yudi Rahman, Kepala Jurusan Manajemen Rifqi Amrulloh  serta  Kepala Perpustakaan kampus STIE Pancasetia. Sedangkan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dihadiri langsung Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Hairul Rijal dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) H Tajuddin Noor Effendi. (Olpah Sari Risanta).

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version