Kabar Baik, RSUD Ulin Berhasil Operasi Jantung Terbuka

0

Paman Birin Apresiasi  Tim Medis dan Melepas Kepulangan Pasien Jantung

Banjarmasin– Ini kabar baik untuk masyarakat di Banua. Rumah sakit terbesar di Kalimantan, RSUD Ulin Banjarmasin sudah resmi membuka layanan bagi pasien jantung terbuka. Hasilnya rumah sakit ini pun sukses menggelar operasi jantung terbuka bagi pasiennya.

Kabar paling gres, dua pasien jantung di RSUD Ulin Banjarmasin yaitu Fadlan Nursin dan H Abdul Mukti, direkomendasikan tim medis bisa pulang ke rumah. Tak pelak hal menggembirakan ini pun membuat Gubernur Kalimantan Selatan. H.Sahbirin Noor pun melepas secara resmi dalam seremonial di ruang Aster lantai 3 RSUD Ulin Banjarmasin, Rabu (5/1/2022).

Paman Birin  sapaan akrab Sahbirin Noor, mengaku gembira sekaligus mengapresiasi keberhasilan tim dokter melaksanakan operasi jantung terbuka ini, yang mengandeng spesialis Jantung  RSPJD Harapan Kita Jakarta. Hal ini pun  satu kebahagiaan tersendiri bagi pasien khususnya, dan masyarakat di Kalsel umumnya. karena saat ini sudah memiliki rumah sakit yang bisa melakukan operasi jantung terbuka secara mandiri.Sehingga warga Kalimantan Selatan, tak perlu lagi harus berobat jantung ke Jakarta maupun kota lainnya di Jawa.

“Karena selama ini, pasien jantung yang ingin menjalani operasi jantung harus  Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita Jakarta dengan masa tunggu bisa mencapai satu tahun. Kita kadang-kadang kalau sudah sakit, menungu satu jam saja susah, apalagi satu tahu. Inilah yang mendorong kita agar meningkatkan layanan RSUD Ulin, kendati masih ada kekurangan SDM dan sebagainya,” ujar Paman Birin.

Atas keberhasilan ini pun Gubernur Kalsel memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi jajaran RSUD Ulin Banjarmasin. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sendiri terus  mendorong Manajemen RSUD Ulin agar memberikan kesempatan belajar kepada para dokter setempat, untuk meningkatkan SDM mereka . Sehingga semakin menguatkan SDM rumah sakit bisa melakukan operasi jantung yang berkesinambungan.

 

Paman Birin melepas dua pasien pasca operasi jantung terbuka di RSUD Ulin Banjarmasin. (Foto-Biro Adpim Pemprov Kalsel).

 

Senada dengan itu Plt Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, dr Izaak Zoelkarnain menjelaskan, pihaknya akan. terus meningkat kinerja pelayanan kepada masyarakat, khususnya di Banua.

“Semangat untuk selalu bergerak memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagaimana diteladankan Gubernur Paman Birin menjadi ruh dan inspirasi kami untuk melahirkan karya karya inovasi terbaik,” jelas Izaak Zoelkarnain.

Izak juga menambahkan, dalam rangka pengembangan dalam pembangunan atau program untuk bisa mandiri, akan dilakukan tindakan operasi ini secara berkelanjutan dengan kerja sama tim dokter RSJP Harapan Kita hingga dinyatakan bisa dilepas sepenuhnya.

“Untuk SDM sampai saat ini memang belum punya tenaga  yang cukup, jadi tetap mengirim tim ke RSJPD untuk pelatihan dan pematangan keilmuannya secara periodik. Harapannya satu atau dua tahun kedepan,  tim kita sudah solid dan bisa melakukan operasi sendiri,” ucap Izaak.

Disebutkan Dokter Ahli Tulang ini, dua pasien yang pulang setelah menjalani pemulihan pasca operasi. Dua Pasien ini sudah menjalani proses operasi jantung terbuka pada tanggal 23 dan 24 Desember 2021  lalu, yang ditangani Tim Dokter RSPJD Harapan Kita Jakarta.

Setelah menjalani perawatan selama dua minggu dan melihat perkembangan medis mereka menunjukan kondisi membaik hingga diperbolehkan pulang oleh  dokter penanggungjawab, namun tetap dengan perawatan dan pengawasan.

Menurut Izaak, operasi memang ditangani tim bedah yang melibatkan dokter dari RSJPD Harapan Kita, namun pascaoperasi,   mulai dari ICU dan lainnya, merupakan 100 persen kerja para dokter RSUD Ulin Banjarmasin.

Sementara itu, pasien jantung H Abdul Mukti dengan diagnosis Coronary Artery Disease ini, mengaku bersyukur bisa menjalani operasi jantung dan menjalani perawatan pasca operasi dengan baik. Ia pun optimis dan percaya sejak awal ditangani tim dokter  RSUD Ulin, kendati yang pertama dilakukan pihak rumah sakit.

“Setelah dapat arahan dari tim dokter, akhirnya saya percaya dan selanjutnya menyerahkan diri kepada Allah” kata Abdul Mukti.

Hal yang sama disampaikan Fadlan Nursin. Pasca operasi dirinya  yang merasakan kondisi kesehatan jantungnya mulai membaik dan rasa nyeri yang sering derita sudah berkurang.  Fadlan Nursin juga diagnosis Coronary Artery Disease dan menerima tindakan.

“ Alhamdulillah kondisi sudah membaik selama berobat disini. Kami menyarankan masyarakat yang menderiat jantung di daerah ini, memanfaatkan layanan operasi  jantung di RSUD Ulin Banjarmasin dan biayanya pun bisa ditanggung BPJS Kesehatan,” tuturnya.

Sekedar diketahui RSUD Ulin Banjarmasin melaksanakan Operasi Bedah Jantung Terbuka perdana pada tanggal 23 Desember 2021 lalu. Operasi perdana yang menandai peresmian layanan ini juga  dihadiri Gubernur Kalsel. Pelaksanaan operasi jantung terbuka ini sendiri adalah salah satu langkah awal dalam mewujudkan pelayanan jantung terpadu di Banjarmasin.

Pelaksanaan operasi dibimbing tim dokter RSPJD Harapan Kita yang merupakan rumah sakit khusus yang menjadi Pusat Rujukan Nasional untuk penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). (Olpah Sari Risanta).

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!